Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi CPU Nyala Tapi Monitor Keyboard dan Mouse Mati


 Pada saat menyalakan komputer tiba-tiba monitor Keyboard dan Mouse mati. Meskipun CPU masih bisa menyala. Biasanya ini terjadi akibat adanya kerusakan pada Motherboard atau chipset controller sudah mulai rusak. Namun Anda tidak usah khawatir karena kerusakan seperti ini masih bisa diperbaiki.

Cara Mengatasi CPU Nyala Tapi Monitor Keyboard dan Mouse Mati

Meskipun keyboard dan Mouse tidak dapat dipakai bukan berarti sudah rusak, Anda masih harus mengeceknya terlebih dahulu. Bisa jadi ada gangguan pada perangkat keras atau perangkat lunak yang tiba-tiba error.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar bisa mengatasi monitor keyboard dan mouse bisa dihidupkan lagi karena CPU masih tetap nyala. Jika ingin mengetahui caranya maka simak artikel ini sampai selesai.

3 Cara Mengatasi CPU Nyala Tapi Monitor Keyboard dan Mouse Mati

Ada 3 cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi CPU nyala namun monitor keyboard dan Mouse mati. Adapun caranya yaitu memeriksa perangkat kerasnya, mengatur menu Bios, membawa ke service komputer kemungkinan ada kerusakan pada Chipset sehingga harus diganti.

1. Memeriksa Perangkat Keras CPU, Keyboard dan Mouse

Cara pertama yang bisa dicoba adalah melakukan pemeriksaan pada keyboard dan Mouse misalnya colokan sudah tersambung dengan baik dan tidak longgar. Jika sudah yakin tidak ada kerusakan maka silahkan Anda cek CPU komputer. Gunakan obeng untuk membuka pembungkus CPU dan lihat keadaannya.

Periksa koneksi USB yang ada dibagian dalam Motherboard. Silahkan cari koneksi jumper USB dan periksa apakah longgar atau ada kerusakan misalnya goresan yang cukup parah. Jika tidak ada silahkan cabut dan coba pasang lagi.

Sekalian bersihkan papan MB (Motherboard) jika banyak debu yang menempel. Jangan lupa bersihkan juga socket dibagian belakang panel CPU dengan memakai vacum dan kuas kecil. Kalo masih belum bagus maka kemungkinan masalah ada pada perangkat lunak komputer.

2. Memeriksa dan Mengatur Menu Bios

Cara kedua yaitu melakukan pemeriksaan pada menu Bios yang merupakan program bawaan komputer yang fungsinya untuk booting System sehingga bisa dipakai untuk mengatur fungsi dasar dari Hardware.

Untuk masuk ke menu bios silahkan Restart komputer dan pada saat layar monitor hidup silahkan tekan F2 atau tombol DEL pada keyboard.  Pada tampilan Bios silahkan masuk ke menu Integral Pheripherals, kemudian pada pilihan USB Keyboard dan Mouse ubah jadi Enable.

Baca juga:

3. Membawa ke Service Komputer

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah membawa Motherboard ke service komputer untuk melakukan pemeriksaan. Jangan sampai ada kerusakan pada Chipset sehingga harus diperbaiki atau diganti bila perlu. Jangan mencoba memperbaikinya jika masih belum paham mengenai cara kerja MB (Motherboard).

Jika masih ragu maka solusinya lakukan uninstal driver Keyboard dan Mouse yang ada pada Device Manager, setelah itu instal ulang memakai Driver Pack atau driver yang sesuai dengan seri komputer Anda.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi CPU menyala namun monitor Keyboard dan Mouse mati. Jika kerusakan semakin parah maka sebaiknya berikan ke service komputer yang sudah ahli dalam mengatasi masalah tersebut. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi CPU Nyala Tapi Monitor Keyboard dan Mouse Mati"

close