Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Halaman Kosong Terakhir di Word


 Halaman kosong yang terdapat dibagian akhir biasa ditemukan pada saat kita melakukan scroll ke lembar kerja terakhir di dokumen yang sedang dikerjakan. Nah, biasanya kita tidak sengaja menambahkan halaman baru. Selain itu, ada juga yang kesulitan menghilangkan halaman yang tidak menampilkan konten sehingga pada saat ingin dikonversi ke pdf maka lembar kerja yang tidak menampilan apapun akan ikut.

Cara Hapus Halaman Kosong Terakhir di Word

Menghapus halaman kosong terakhir di Word sangat mudah dilakukan, karena aplikasi pengolah kata buatan Microsoft ini sudah dilengkapi fitur penghapusan halaman sehingga kita tidak perlu khawatir. Namun meskipun sudah dilengkapi fitur atau tools, ada saja sebagian pengguna MS Word masih kesulitan untuk menghilangkan lembar kerja kosong.


Munculnya halaman kosong di dokumen sebenarnya tidak akan berdampak besar pada saat dicetak. Namun akan sangat mengganggu jika dokumen yang dibuat berisi data atau laporan yang penting misalnya proposal, skripsi dan sebagainya yang tentu akan diperiksa oleh dosen atau tim penguji. Jika menemukan halaman tanpa konten maka bisa jadi akan menjadi revisi Anda nantinya.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorial untuk menghapus halaman kosong di akhir lembar kerja Word. Jika ingin mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan agar bisa mempraktekannya.

3 Cara Menghapus Halaman Kosong Terakhir di Word


Ada tiga cara yang bisa dipakai dalam menghilangkan halaman kosong yang terdapat di halaman terakhir Microsoft Word. Adapun caranya menggunakan fitur Show/Hide, menghapus halaman sesuai nomor halaman dan memakai fitur Page Break. Ketiga cara yang disebutkan dapat Anda pelajari di bawah ini.

1. Menggunakan Fitur Show/Hide

Fitur Show/Hide memiliki fungsi untuk menandai halaman kosong agar mudah ditemukan, dengan begitu kita bisa menemukan lembar kerja yang ingin dihapus. Berikut tutorialnya.

  • Pertama buka file Word yang memiliki halaman kosong terakhir yang ingin dihapus.
  • Kemudian pada tampilan lembar kerja, pilih Tab Home dan pada bagian Grup Paragraph. Klik tools Show/Hide.
  • Nanti Anda akan melihat ikon penanda dari semua halaman kosong yang ada di dokumen.
  • Selanjutnya klik tombol CTRL + SHIFT + 8 untuk menghilangkan tanda.
  • Untuk menuju halaman kosong yang letaknya di akhir dokumen. Silahkan klik CTRL + END pada keyboard.
  • Jika sudah berada di halaman yang mau dihapus, silahkan Anda tekan tombol Backspace
  • Selesai.

Baca juga:

2. Menggunakan Page Break

Page Break ialah fitur yang mengizinkan kita untuk mengerjakan tugas di halaman baru. Fungsi lainnya Page Break bisa digunakan untuk memunculkan karakter tersembunyi yang tidak tercetak. Untuk menampilkan Page Break masuk ke tab Home dan pada grup Paragraph klik ikon Paragraph Mark.

Kemudian untuk menghapus halaman yang sulit dihapus karena penggunaan Page Break maka caranya klik halaman tersebut dan tekan tombol Delete atau Backspace. Jika sudah, simpan filenya agar bisa Anda cetak tanpa ada lembar kerja kosong.

3. Menghapus Halaman Kosong Terakhir Sesuai Nomor Halaman

Cara terakhir adalah hapus halaman sesuai nomor halaman dengan memakai fitur Page Number. Untuk langkah-langkahnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama, arahkan kursor pada halaman yang mau dihapus.
  • Lalu tekan CTRL + G di keyboard.
  • Nanti muncul jendela Find and Replace, disini masukkan nomor halaman yang mau Anda hilangkan.
  • Kemudian klik opsi Go To atau tekan Enter.
  • Nanti Anda akan diarahkan langsung ke halaman kosong, silahkan dihapus.
  • Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial ini. Semoga bisa dimengerti dan bermanfaat dalam memudahkan pekerjaan Anda di Microsoft Word. Halaman kosong bisa berada dimana saja misalnya di tengah dan akhir halaman. Silahkan dihapus jika merasa tidak dipakai. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Hapus Halaman Kosong Terakhir di Word"

close