Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyalin Teks di Whattpad Tanpa Aplikasi


 Whattpad adalah aplikasi yang sering dipakai untuk menulis sekaligus membaca cerita yang dibuat oleh pengguna lainnya. Ada sebagian orang ingin menyalin tulisan pada kisa cerita yang sudah terpublish di Whattpad untuk bisa dikoleksi atau kebutuhan penulisan lainnya. Namun tidak mudah untuk menyalin teks karena fitur di aplikasinya tidak tersedia.

Cara Menyalin Teks di Whattpad Tanpa Aplikasi

Cara menyalin teks di Whattpad sebenarnya mudah dilakukan dan bisa tanpa aplikasi. Namun ada sebagian pengguna yang masih belum tahu caranya. Perlu kita tahu aplikasi Whattpad merupakan tempat untuk membagikan karya tulisan dalam bentuk cerita yang dilindungi oleh hak cipta agar bisa dibaca oleh banyak orang. Jadi kita tidak boleh sembarangan menyalin tulisan di Whattpad.


Dengan demikian ada baiknya jika meminta izin kepada penulis untuk menyalin cerita yang dia buat. Setelah mendapatkan izin maka Anda bisa menyalinnya dengan memakai trik yang tidak semua orang tahu. Selain itu, kita tidak perlu aplikasi tambahan sehingga lebih memudahkan kita.

Lalu bagaimana dengan triknnya? Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial agar kita bisa menyalin teks di aplikasi Whattpad yang bisa dipelajari pada artikel ini. Jadi sediakan waktu Anda untuk mengikuti dan mempraktekan langkah-langkah yang diberikan.

Sekilas Mengenai Whattpad

Whattpad sudah menjadi salah satu aplikasi berbagi cerita yang populer dan bisa dipakai melalui Smartphone. Pengguna bisa membaca kisah-kisah dari penulis yang dibuat melalui alur cerita sehingga memiliki daya tarik bagi pembaca.


Lebih bagusnya lagi aplikasi cerita ini bisa diunduh secara gratis dan bisa mempublikasikan cerpen dengan mudah dan tanpa biaya. Bahkan kita bisa menjadi terkenal dari karya tulisan yang dibuat sehingga memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan tersendiri misalnya membuat buku dan mempromosikannya ke Whattpad.

Saat ini aplikasi Whattpad sudah menjadi komunitas online khusus pembuat cerita dan pembaca agar bisa saling berbagi topik dan ide dalam membuat karyat tulisan yang bisa dibaca oleh banyak orang.

Kelebihan dan Kekurangan Whattpad

Adapun kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini bisa dilihat berikut ini.

Kelebihan:

  1. Memungkinkan pengguna berkarya dalam menulis cerita agar dibaca banyak orang.
  2. Para pengguna bisa membaca cerita dengan puas secara online maupun offline.
  3. Bisa mencari inspirasi untuk pembuatan cerita.
  4. Tampilan interface yang mudah dimengerti.
  5. Penggunaan aplikasi Whattad gratis.

Kekurangan:

  1. Tidak ada fitur untuk menyalin teks.
  2. Menampilkan iklan sehingga mengganggu para pembaca.
  3. Ada sebagian tulisan dari hasil copas.
  4. Untuk menambah bacaan kita diwajibkan online sehingga menguras paket data.
  5. Sering terjadi kasus bully karya orang lain jika ada pembaca yang tidak menyukai hasil cerita tersebut.

Cara Menyalin Teks di Whattpad Tanpa Aplikasi

Sebelum mengikuti tutorialnya, silahkan cari terlebih dahulu cerita di Whattpad yang mau disalin. Jika sudah, berikut langkah-langkah dalam melakukan copy paste tulisan di Whattpad:

  • Langkah pertama buka Whattpad melalui browser Safari, jangan browser lainnya.
  • Kemudian pilih cerita yang mau disalin teksnya.
  • Setelah itu, seleksi pada bagian link Whattpad.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan “Reader View Available”. Biasa juga muncul dengan tanda garis di bagian kiri atas.
  • Silahkan Anda klik garis tersebut supaya bisa masuk ke mode Reader View.
  • Jika sudah masuk, silahkan seleksi semua teks yang ingin disalin.
  • Terakhir paste tulisan ke aplikasi pengolah kata seperti MS Word dan WPS Office.
  • Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah tutorial dalam menyalin teks di Whattpad. Jangan mengambil tulisan orang lain untuk disalahgunakan, ada baiknya meminta izin dahulu kepada pemilik hak cipta. Sama halnya dengan artikel ini yang dibuat oleh situs sobat-tutorial.com yang tidak boleh dipublish oleh situs lainnya tanpa ada persetujuan dari pemilik situs sobat-tutorial. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menyalin Teks di Whattpad Tanpa Aplikasi"

close