Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel


 Bagi kita yang sudah terjun ke dunia kerja biasanya akan disuruh untuk melakukan absensi dengan menandatangani kolom absensi. Selain itu, mereka yang masih menempuh pendidikan juga diwajibkan mengisi daftar hadir setiap hari. Nah, pada daftar hadir terdapat kolom tanda tangan yang dibuat sesuai urutan nama dari atas ke bawah.

Cara membuat kolom tanda tangan di Excel bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Adapun caranya memakai rumus Excel yang penggunaannya mudah sekali. Apalagi tampilan lembar kerja Excel berbentuk tabel sehingga data yang dimasukkan lebih mudah, jika Anda ingin memasukkan nomor urut untuk tanda tangan maka ada cara yang bisa dilakukan.


Adapun caranya sudah dibuat oleh sobat-tutorial.com yang bisa dipelajari pada tutorial yang sedang Anda baca ini. Microsoft Excel merupakan aplikasi yang memiliki fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengolah kata dan data seperti daftar hadir yang menampilkan kolom tanda tangan yang bisa dibuat secara otomatis.

Membuat Kolom di Excel


Kita terlebih dahulu membuat kolom baru di tabel Excel yang nantinya dipakai untuk mengisi tanda tangan. Jika belum tahu cara memasukkan kolom baru, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama seleksi cell yang mau dibuatkan kolom.
  • Kemudian tab menu Home.
  • Pada bagian grup Font. Klik ikon border.
  • Lalu pilih opsi All Borders agar cell yang sudah diblok membentuk sebuah kolom baru.
  • Untuk memilih satu kolom, caranya klik Ctrl + Space agar nanti bisa dilakukan pengeditan.

Baca juga: Cara Menambah Kolom dan Baris Pada Microsoft Excel

Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel

Untuk membuat kolom tanda tangan di Microsoft Excel, Anda harus membuat tabel daftar hadir lengkap dengan kolom tanda tangan yang nanti diisikan nomor urut. Jika sudah Anda buat, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama buka file Excel yang ingin dibuatkan kolom tanda tangan.
  • Kemudian pada tampilan lembar kerja, klik cell pertama pada kolom tanda tangan. Sebagai contoh disini saya klik baris ke 4 kolom E.
  • Lalu masukkan rumus sesuai cell misalnya disini =A4 kemudian tekan enter. Seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel
  • Nanti akan tampil angka 1 sesuai nomor absen.
  • Selanjutnya lakukan cara yang sama pada baris ke dua. Ketikkan rumus sesuai cell di tabel Anda misalnya disini baris kedua kolom ttd =A5 dan tekan Enter pada keyboard.
  • Setelah itu seleksi atau blok cell baris ke 1 dan ke 2 sebagai contoh saya blok cell D4 sampai E5.
Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel
  • Jika sudah terseleksi, silahkan Anda tarik ke bawah sampai baris akhir.
Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel
  • Nanti nomor tanda tangan akan muncul pada kolom ttd dengan posisi Zig Zag sesuai nomor urut.
  • Selesai. Silahkan dicetak dan diberikan kepada mereka yang ingin melakukan tanda tangan.

Baca juga:

Menyisipkan Tanda Tangan Pada Kolom Excel

Jika ingin memasukkan tanda tangan pada kolom ttd yang sudah dibuat tanpa perlu mencetaknya. Maka caranya yaitu ubah terlebih dahulu tanda tangan menjadi gambar misalnya membuat ttd di kertas lalu Anda foto agar jadi format gambar. Setelah itu masukkan gambar ttd ke tabel Excel dengan memilih tab Insert > Pictures. Cari gambar ttd dan masukkan ke tabel tepatnya di kolom tanda tangan. Terakhir atur ukuran gambar sesuai kemauan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial membuat kolom tanda tangan di Excel. Semoga bisa dimengerti, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar supaya bisa dibantu. Tutorial ini sudah dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel"

close