Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Keyboard HP Mengetik Sendiri


 Bagi pengguna ponsel, keyboard merupakan salah satu fitur yang sering digunakan mulai dari membalas pesan, menginput data, membuat status di media sosial dan sebagainya. Sehingga jika keyboard mengalami kerusakan misalnya mengetik sendiri saat digunakan maka akan mengganggu pekerjaan dan aktivitas kita melalui Smartphone.

Cara Mengatasi Keyboard HP Mengetik Sendiri

Cara mengatasi keyboard hp mengetik sendiri akan menjadi pembahasan utama dalam tutorial ini, jadi Anda sebaiknya simak pembahasan yang diberikan oleh sobat-tutorial.com. Tentu akan merepotkan jika pada saat mau membalas pesan kepada teman atau kerabat namun keyboard tiba-tiba mengetik dengan sendirinya sehingga pesan yang mau dikirim berbeda dengan yang mau diketik.


Hampir sama dengan aplikasi lainnya, keyboard pada ponsel Android maupun iPhone juga bisa mengalami gangguan yang sulit diprediksi kerusakannya sehingga kita sebagai pengguna ponsel harus siap jika mengalami masalah pada keyboard.


Nah pada artikel ini sudah ada tutorial dalam memperbaiki keyboard ponsel yang mengetik sendiri, Anda bisa mempelajarinya baik memakai Smartphone Android maupun iPhone karena cara kerja keyboard pada setiap jenis hp hampir sama.

5 Cara Mengatasi Keyboard HP Mengetik Sendiri

Saat ini hp jaman sekarang sudah memakai keyboard touchscreen pada ponsel layar sentuh, sehingga kita bisa memperbaikinya dengan mudah karena jika masih memakai keyboard jenis fisik akan sulit diperbaiki dikarenakan harus dibawa ke tukang service.


Dengan adanya Smartphone Android kita sudah bisa memakai layar sentuh untuk membalas pesan dengan mudah dan nyaman. Nah jika keyboard hp Anda bermasalah maka berikut cara mengatasinya.

1. Restart Ponsel

Cara pertama yang bisa dicoba adalah melakukan restart pada hp agar program yang error atau bermasalah bisa kembali normal. Cara ini bisa dicoba karena saya pernah mengalami keyboard hp mengetik dengan sendirinya, namun pada saat melakukan restart, keyboard sudah kembali normal. Biasanya ini terjadi karena kesalahan program keyboard sehingga Smartphone perlu di refresh ulang.

2. Membershikan Cache Aplikasi Keyboard

Jika Anda memakai aplikasi keyboard maka sebaiknya bersihkan Cache agar keyboard tidak mengalami gangguan. Cache merupakan file sampah yang tidak diperlukan lagi oleh perangkat Smartphone, jadi kita bisa membersihkannya supaya tidak mengganggu kinerja ponsel.

Nah untuk menghapusnya cukup mudah silahkan masuk ke menu pengaturan (Settings) dan pilih opsi Applications atau aplikasi.

Selanjutnya cari nama aplikasi keyboard yang Anda pakai misalnya Gboard dan sejenisnya. Jika sudah ketemu silahkan Anda klik. Pilih opsi Clear Cache untuk memulai proses pembersihan file sampah. Jika sudah selesai silahkan Anda coba pakai keyboard untuk melihat perubahannya.

3. Nonaktifkan Keyboard Sementara

Cara ketiga yang bisa dicoba dalam mengatasi keyboard hp mengetik sendiri yaitu mematikan keyboard sementara. Adapun caranya yaitu masuk ke menu Settings atau Pengaturan, kemudian klik pilihan Aplikasi dan cari aplikasi keyboard pada hp Anda. Jika sudah ketemu klik opsi Paksa Berhenti agar keyboard bisa dihentikan penggunaannya sementara. Setelah itu tunggu beberapa menit lalu nyalakan lagi.

4. Mengubah HP ke Setelan Pabrik

Cara selanjutnya adalah mengubah ponsel Anda menjadi setelan pabrik atau kembali ke pengaturan saat baru membeli hp. Dengan melakukan hal tersebut maka segala masalah pada program ponsel bisa diatasi termasuk keyboard yang mengetik sendiri, namun perlu Anda ingat sebelum memulai cara ini sebaiknya backup data terlebih dahulu agar tidak terhapus.

5. Mengubah Pengaturan Keyboard Jadi Enable

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah mengubah pengaturan pada keyboard, terjadinya error pada keyboard hp seperti Typing sendiri biasanya akibat pengaturan aplikasi keyboard menjadi disable. Untuk memperbaikinya silahkan masuk ke pengaturan > aplikasi keyboard dan cari pilihan Download Manager, silahkan ubah jadi Enable.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial kali ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Keyboard pada hp saat ini sudah dibuat menjadi touchscreen sehingga kita tidak perlu membawanya ke service hp, cukup mempelajari tutorial di atas maka kita bisa mengatasi gangguan yang ada. Silahkan bagikan artikel ini yang dibuat oleh blog sobat-tutorial.com agar orang lain dapat mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Keyboard HP Mengetik Sendiri"

close