Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan dan Pengertian Shared Hosting


 Shared Hosting adalah jenis layanan hosting yang servernya digunakan bersama-sama dengan pemilik website lain. Dengan memakai layanan ini maka kita bisa memiliki server yang nanti dipakai untuk menyimpan database dari web yang sudah didaftarkan pada perusahaan web hosting yang bisa dipercaya.

Penjelasan dan Pengertian Shared Hosting

Bagi Anda yang sudah memiliki bisnis dan ingin meningkatkan performa bisnisnya atau orang yang tertarik membuat website agar bisa mendapatkan penghasilan dari layanan periklanan maka sebaiknya gunakan layanan Shared Hosting yang harganya tidak menguras kantong.


Dengan menggunakan Shared Hosting maka pemilik website bebas mengelola dan mengoperasikan halaman websitenya secara mandiri. Sedangkan layanan penyedia hosting yang Anda percaya diberikan amanah untuk menjaga keamanan server agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika Anda masih belum paham mengenai seperti apa Shared Hosting maka kali ini sobat-tutorial.com akan membahasnya mulai dari pengertian Shared Hosting, kelebihan dan kekurangan dari Shared Hosting agar Anda yang ingin memakai layanan perhostingan tidak ragu lagi.

Pengertian Shared Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pertama bahwa Shared Hosting merupakan sebuah layanan hosting yang disediakan oleh pemilik web hosting. Fungsi Shared Hosting sendiri yaitu sebagai sumber daya server yang dipakai lebih dari satu situs website supaya orang bisa masuk dan mengakses web yang dikeloa. Selain itu juga dipakai dalam kebutuhan Storage dan Database.


Untuk cara kerja dari Shared Hosting yaitu menyediakan server yang nanti dipakai untuk menampung data dari web dan juga sebagai bandwidth. Nah, jika tertarik memakai layanan hosting, Anda bisa mencoba penyedia layanan web hosting seperti Niagahoster yang merupakan layanan Hosting terbaik di Indonesia.

Niagahoster sudah memberikan pelayanan lebih dari 50.000 situs online dan sudah dipercaya dalam menjaga keamanan dan perawatan hosting sehingga tidak diragukan lagi.

Lebih bagusnya lagi layanan web hosting ini menyediakan Cloud Hosting dan vps hosting dengan harga sesuai kantong Anda sehingga menjadi hosting vps Indonesia murah terbaik. Jika ingin mencoba layanan yang diberikan, Anda harus memesan minimal 1 tahun agar bisa menikmati performa yang kuat dan baik dari Niagahoster.

Kelebihan Shared Hosting 

Sebelum memakai layanan hosting seperti Niagahoster, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dari Shared Hosting seperti di bawah ini.

1. Biaya yang Terjangkau

Seperti yang sudah dibahas, Shared Hosting memberikan harga yang bisa dijangkau karena penggunaannya tidak dilakukan sendiri melainkan secara bersama-sama dengan pemilik situs lainnya. Meskipun begitu kita masih bisa menggunakan server dengan baik dan lancar maka tidak heran jika Shared Hosting bisa menjadi rekomendasi bagi Anda dan para web developer.

2. Ramah Pengguna

Kelebihan Shared Hosting selanjutnya adalah mudah digunakan. Dengan kemudahan dalam mengelola server karena sudah diatur oleh penyedia layanan, membuat para pemilik web tidak perlu khawatir memikirkan masalah server yang cukup rumit. Meningkatkan kualitas hosting juga dapat Anda lakukan dengan mudah misalnya ingin melakukan upgrade dari awalnya Shared Hosting menjadi Dedicated Hosting yang servernya dapat dipakai oleh satu pengguna.

3. Memiliki Akses ke Control Panel

Control Panel pada layanan Shared Hosting cukup penting karena pengguna bisa melakukan berbagai macam pengembangan dan pengelolaan konten. Dengan adanya akses yang diberikan maka kita bisa mengembangkan web menjadi lebih baik.

4. Cocok Dipakai Untuk Pemula

Shared Hosting bisa digunakan untuk pemula yang mau belajar mengenai blog dan website. Selain harga yang murah, layanan hosting ini sangatlah cocok bagi Ada yang mau memulai membuat blog maupun website karena penggunaannya mudah dimengerti dan juga setiap pemilik web hosting sudah membuatkan tutorial yang bisa dipelajari.

5. Maintenance Mudah Diatasi

Jika sewaktu-waktu memakai layanan hosting dan ada gangguan Maintenance, Anda tidak perlu pusing karena penyedia jasa web hosting seperti Niagahoster akan mengatasinya. Anda hanya perlu fokus mengembangakn website menjadi lebih berkualitas dan mampu bersaing di mesin pencarian Google.

Kekurangan Shared Hosting

Setelah tahu kelebihan dari Shared Hosting, maka Anda juga harus tahu kekurangan dari layanan Shared Hosting seperti berikut ini.

1. Terjadinya Crash Pada Server

Meskipun server sudah dirawat dengan baik oleh pemilik hosting namun kadang juga kita menemukan masalah yang tiba-tiba muncul seperti adanya Crash pada server yang dipakai. Biasanya ini terjadi akibat terlalu banyak pengguna dalam satu server dengan kata lain banyak web yang memakai server yang Anda gunakan.

2. Kontrol Server yang Dibatasi

Perlu Anda tahu bahwa penyedia layanan hosting tidak sepenuhnya memberikan akses ke server. Sehingga kita sebagai pemilik web akan sedikit dibatasi dalam mengakses server. Alasannya karena Shared Hosting diakses secara penuh oleh penyedia layanan hosting.

Selain itu karena dipakai oleh banyak web di satu server maka ketika ada 1 pengguna yang sudah mendapatkan traffic overload maka pengguna lain bisa kena dampaknya.

3. Response Live Chat yang Lama

Hampir semua layanan Shared Hosting di Indonesia seperi ID Webhost dan Niagahoster sudah menerapkan fitur Live Chat untuk dipakai dalam menghubungi pihak layanan hosting jika ada komplain, bantuan teknis dan pertanyaan lainnya yang harus segera dijawab. Kadang fitur ini menjadi permasalahan klien karena lambatnya respon atau jawaban yang diberikan oleh penyedia hosting.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai Shared Hosting. Jika Anda sedang mencari layanan hosting dan vps terbaik di Indonesia, Anda bisa berlangganan di Niagahoster yang sudah berdiri sejak tahun 2013 yang memberikan layanan customer service 24 jam dan termasuk salah satu hosting murah di Indonesia. 

Post a Comment for "Penjelasan dan Pengertian Shared Hosting"

close