Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Directx di Windows 10


 Directx pada windows merupakan kumpulan API (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) yang bisa meningkatkan pemrograman multimedia dan game agar bisa digunakan bersamaan dengan perangkat keras dan audio pada laptop. Jika Anda menyukai bermain game dan mengedit video maka diwajibkan untuk menginstal Directx agar bisa mendapatkan kinerja yang lebih baik.

Saat ini Directx sudah ada versi ke-12 yang sebelumnya sudah ada Directx 9, 10 dan 11.  Pada saat kita bermain game dan sudah menginstal Directx maka nanti kita bisa memakai fitur akselerator multimedia pada perangkat keras sehingga mendapatkan hasil lebih baik dari sebelumnya.


Sudah banyak game baru saat ini sangat membutuhkan Directx karena ada sebagian game tidak akan bisa dijalankan jika tidak menginstal program ini. Jadi Anda harus tahu apakah laptop sudah ada Directx atau belum.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar kita bisa mengecek Directx pada sistem operasi Windows 10. Jadi jika memakai versi Windows ini sebaiknya simak baik-baik tutorial ini agar Anda bisa mengetahui caranya.

Versi Directx Pada Laptop & PC


Sebelum masuk ke pembahasan cara cek Directx, sebaiknya ketahui versi yang sudah ada agar Anda dapat menginstal Directx sesuai kebutuhan.

1. Directx 9

Directx 9 merupakan versi pertama dan dirilis pada tahun 2002 untuk Windows 98 sampai dengan XP. Setelah itu pihak Microsoft membuat versi baru yang diberi nama Directx 9c. Meskipun merupakan versi lama namun saat ini masih ada pengguna laptop yang menginstal versi ini karena dirasa masih bisa membantu dalam melakukan konfigurasi dengan perangkat keras komputer.

2. Directx 10

Berbeda dengan versi 9, Directx 10 dikhususkan untuk Windows Vista keatas sehingga pengguna yang masih memakai Windows XP tidak dapat memakainya. Directx 10 ini merupakan program yang bisa membantu pada pengembang agar bisa membuat games yang bisa dioperasikan pada semua jenis perangkat laptop.

3. Directx 11

Selanjutnya adalah Directx 11 yang merupakan penerus dari Directx 10. Dengan memakai versi ini maka nanti gambar akan menampilkan objek yang realistis dengan pengalaman 3D mulai dari game dan film sehingga dapat memanjakan mata. Lebih bagusnya lagi Directx 11 bisa dipakai pada Windows 7, 8 dan 10 dan dapat diinstal pada game dengan kualitas high seperti game Stalker Call of Pripyat, GTA 5 dan Battleforge.

4. Directx 12

Directx 12 diluncurkan pada tahun 2015 bersamaan dengan Windows 10. Fitur yang diperkenalkan pada versi ini yaitu low-level programming yang kini didukung kartu grafis NVIDIA sehingga menampilkan gambar yang lebih realistis.

Baca juga:

Cara Mengecek Directx di Windows 10

Setelah mengetahui versi Directx, kini sobat-tutorial akan membantu Anda untuk mengecek versi Directx yang terinstal pada laptop atau PC yang sedang dipakai. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama nyalakan laptop Anda.
  • Jika sudah, klik tombol ikon Windows + R pada keyboard untuk menampilkan jendela Run.
  • Kemudian ketikkan dxdiag dan klik OK.
Cara Mengecek Directx di Windows 10
  • Jika muncul petunjuk Directx Diagnostic Tool, silahkan klik tombol Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai jendela Directx Diagnostic Tool muncul.
  • Pada tab System, Anda bisa melihat versi Directx yang terinstal di laptop.
Cara Mengecek Directx di Windows 10
  • Tersedia juga tab System, Display, Sound dan Input yang menampilkan informasi mengenai spesifikasi laptop Anda mulai dari kartu grafis, VGA, Ram dan sebagainya.
  • Jika sudah selesai mengecek Directx, klik tombol Exit untuk menutup jendela Directx.
  • Selesai.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan cara mengecek Directx pada Windows 10. Cara ini juga bisa dipakai pada sistem operasi Windows 7 dan 8, jadi tidak perlu khawatir jika memakai versi Windows yang berbeda. Jika menyukai artikel dari blog sobat-tutorial.com, silahkan rajin berkunjung untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengecek Directx di Windows 10"

close