Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memunculkan Contour di CorelDraw


 Contour pada CorelDraw merupakan tools untuk untuk membuat garis tepi pada huruf. Sehingga menampilkan tulisan yang menarik dilihat dan juga sekaligus mempertegas sebuat teks yang dimasukkan pada desain. Sering kita lihat pada media promosi cetak seperti spanduk, poster dan pamflet yang menggunakan garis tepi pada salah satu tulisan agar pembaca bisa fokus membacanya.

Memunculkan Contour di CorelDraw bisa dilakukan dengan memasukkan terlebih dahulu tulisan ke lembar kerja, kemudian menggunakan Contour yang berada di Toolbox. Jika Anda masih belum bisa menampilkannya, maka simak baik-baik artikel ini karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan langkah-langkahnya.


Tentu kita ingin mengedit tulisan menjadi menarik dengan memberikan efek garis tepi. Nah, disinilah penggunakan Contour pada CorelDraw. Kita bisa memasukkan dan menambah garis tepi sesuai kebutuhan, lebih bagusnya lagi garis pada tulisan bisa diberikan warna.

Kegunaan Contour Pada CorelDraw

Contour tool digunakan untuk membuat efek garis tepi pada tulisan sehingga membentuk efek 3d. Untuk outline yang tampil bisa kita berikan warna dan bisa di atur apakah ingin ditampilkan diluar atau dalam teks. Jika Anda mahir memakai tools ini maka bisa menampilkan contour pada desain vektor dan sebagainya agar terlihat menarik.

Cara Memunculkan Contour di CorelDraw


Pada tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X7. Jika memakai versi berbeda misalnya X4, X5, X6 dan lainnya maka caranya sama saja. Adapun tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama, buka aplikasi CorelDraw dan masuk ke halaman kerja.
  • Kemudian masukkan teks dengan memilih Text Tool pada toolbox.
  • Jika tulisan sudah dimasukkan, silahkan atur ukuran teks sesuai kemauan.
  • Lalu pilih jenis font yang ada di property bar.
  • Selanjutnya kita memulai memberikan garis tepi dengan memakai Contour. Untuk menampilkannya pilih Contour di toolbox disamping kiri. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Memunculkan Contour di CorelDraw

  • Nanti kita bisa melihat pengaturan Contour pada tampilan property bar. Atur posisi garis tepi menjadi To Center.
  • Pada bagian Contour Steps, masukkan jumlah garis tepi.
Cara Memunculkan Contour di CorelDraw
  • Jika mau mengatur ketebalan garis, maka masukkan ukurannya di kolom Contour Offset.
  • Anda dapat mengatur Outline dan Fill Color disebelah kanan Contour Offset pada property bar dibagian atas.
  • Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Dengan memunculkan Contour di CorelDraw maka kita bisa memberikan efek garis tepi pada tulisan. Selain itu juga bisa membuat outline pada vektor wajah dan sebagainya. Ada banyak kegunaan dari tools ini, jadi gunakan sesuai kebutuhan. Demikianlah tutorial ini, semoga bisa dimengerti. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memunculkan Contour di CorelDraw"

close