Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan


 Pada saat kita sedang sibuk mengerjakan tugas di PowerPoint misalnya membuat slide untuk presentasi, terkadang ada saja masalah yang tiba-tiba muncul seperti laptop atau PC tiba-tiba mati atau program PowerPoint yang Not Responding sehingga file yang kita kerjakan tidak tersimpan.

Jika mengalami masalah seperti ini, ada baiknya mencari file PPT yang belum sempat disimpan melalui fitur Recovery di Microsoft PowerPoint. Namun bagi orang yang masih belum tahu fitur tersebut biasanya akan bingung mengaksesnya.


Perlu Anda tahu fitur Recovery pada PowerPoint berfungsi untuk mengembalikan file yang tidak sempat tersimpan dikarenakan ada gangguan saat mengerjakan file tersebut. Baik program Office lainnya seperti Word dan Excel sudah memiliki fitur ini sehingga kita tidak perlu khawatir jika belum sempat menyimpan file.


Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com menjelaskan cara agar kita bisa menemukan file PowerPoint yang belum tersimpan. Jika ingin mempelajarinya maka simak baik-baik langkah-langkah yang diberikan agar bisa mempelajarinya.

3 Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan

Ada 3 cara dalam mencari dan menemukan file ppt yang tidak ter save yaitu melalui Folder Recovery, mengaktifkan fitur Auto Recovery dan mengembalikan file dari Recycle Bin. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

1. Mengaktifkan Fitur Auto Recovery


Cara pertama adalah memulihkan file yang hilang atau tidak sengaja terhapus. Untuk bisa memakai cara ini, Anda dari awal sudah mengaktifkan Auto Recovery. Jika belum maka pekerjaan harus dimulai dari awal. Nah, jika sudah mengaktifkan fitur ini maka pengguna bisa menemukan file ppt yang hilang.

  • Buka program PowerPoint dan masuk ke halaman kerja.
  • Kemudian klik tab File > Options yang berada dibagian bawah.
  • Lalu jendela Options akan tampil, disini pilih menu Save.
Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan
  • Nanti muncul pengaturan save file di ppt. Pada bagian Save Presentation tepatnya di AutoRecover file locations, Anda akan melihat alamat lokasi semua file yang belum disimpan.
Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan
  • Silahkan cek alamat lokasi tersebut dan buka Windows Explorer, silahkan menuju lokasi yang dituju untuk menemukan file ppt.
  • Jika sudah menemukan filenya, klik kanan file dan pilih Open With > PowerPoint.
  • Terakhir klik tombol OK dan Anda akan membuka file yang tidak sempat disimpan.
  • Selesai.

Anda juga bisa mengatur program ppt agar menyimpan file setiap durasi yang ditentukan misalnya 2 menit melalui pengaturan Options > Save > Save AutoRecover Information Eevery.

Baca juga:

2. Memulihkan File PPT yang tidak disimpan melalui folder Recovery

Jika mengalami program ppt Not Responding atau tiba-tiba keluar sendiri sebelum melakukan save maka silahkan cari file melalui folder Recovery. Untuk tutorialnya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Buka program PowerPoint di laptop atau PC.
  • Kemudian Masuk ke menu File > Open.
  • Pada panel yang tampil, klik tombol Recover Unsaved Presentations di sudut kiri bawah (ikon folder).
Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan
  • Nanti Anda melihat dialog box yang menampilkan semua salinan dari file presentasi yang belum di save.
  • Silahkan pilih salah satu file yang ingin dipulihkan.
  • Lalu klik Open dan jika sudah terbuka maka simpan ulang file tersebut agar tidak hilang.
  • Selesai.

3. Mencari dan mengembalikan file dari Recycle Bin

Cara terakhir adalah melalui folder Recycle Bin, jika tidak sengaja menghapus file ppt dan ingin mengambilnya lagi maka gunakan cara ini yaitu masuk ke tampilan Desktop, cari ikon Recycle Bin dan klik. Nanti muncul semua file atau folder yang pernah dihapus. Cari file ppt dan klik kanan dan pilih Restore.

Akhir Kata

Itulah tutorial dalam mencari file ppt agar bisa dibuka kembali. Baik yang belum disimpan atau sudah lama terhapus masih bisa kita selamatkan. Demikianlah tutorial ini semoga bisa bermanfaat, artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan"

close