Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memunculkan Garis Ukuran di Word

 Pada program Microsoft Word, Anda bisa menemukan alat pengukur yang biasa disebut Ruler yang digunakan untuk mengukur dan mengatur tata letak dan tampilan teks dan objek lainnya yang ada di halaman kerja Anda.

Meskipun fitur ruler ada di Word, namun ada sebagian pengguna masih belum tahu cara memunculkannya sehingga mereka belum bisa menggunakan alat pengukur ini. Tentu akan merepotkan jika kita ingin mengatur tata letak suatu objek di lembar kerja tanpa menggunakan alat pengukur.


Terkadang juga fitur ruler di MS Word tiba-tiba hilang entah kita yang tidak sengaja menonaktifkannya atau telah tersembunyi karena berbagai alasan yang tidak kita tahu. Nah agar masalah tersebut bisa di atasi, pada artikel ini situs sobat-tutorial.com sudah membuatkan langkah-langkah dalam menampilkan kembali garis ukuran di Word.

Cara Memunculkan Garis Ukuran di Word


 Anda tidak perlu khawatir bila menggunakan versi word 2010, 2013, 2016 dan sebagainya karena penempatan ruler selalu berada di tempat yang sama. Berikut cara memunculkan pengaturan garis di Word.

  • Silahkan buka terlebih dahulu program Microsoft Word di laptop atau PC yang Anda pakai.
  • Setelah itu masuk ke halaman kerja dimana kita bisa mengetik teks.
  • Lalu pada menu bar, klik tab View dan pada bagian grup Show berikan centang pada kotak Ruler agar fitur garis atas dan samping bisa muncul.
Cara Memunculkan Garis Ukuran di Word
  • Jika sudah tampil, silahkan gunakan ruler dengan meng klik area garis sesuai kebutuhan penempatan yang Anda inginkan.
  • Selesai.

Baca juga:

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, ruler akan muncul di bagian atas dan samping halaman kerja Anda. Sehingga sekarang bisa menggunakannya untuk mengatur tata letak teks dan elemen-elemen lain dalam dokumen sesuai dengan kebutuhan Anda.


Jika Anda tidak melihat tab "View" atau opsi "Ruler" di dalamnya, mungkin Anda menggunakan versi Word yang berbeda. Pastikan Anda menggunakan Microsoft Word versi standar seperti Word 2010, 2013, 2016 dan 2019. Beberapa versi Word mungkin memiliki tata letak yang sedikit berbeda, tetapi opsi untuk mengaktifkan ruler biasanya tersedia.

Penyebab dan Cara Mengatasi Ruler Tidak Muncul di Word

Ada beberapa penyebab umum mengapa ruler dalam Microsoft Word mungkin tidak tampil. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya yang sudah sobat-tutoria.com rangkum:

  1. Tidak sengaja menggunakan mode tampilan yang tidak mendukung Ruler, adapun mode yang dimaksud yaitu Read Mode atau Web Layout, pastikan masuk ke mode yang bisa menampilkan ruler yaitu Print Layout.
  2. Masalah Konfigurasi Program, biasanya masalah dalam konfigurasi atau pengaturan Word dapat menyebabkan ruler tidak tampil. Silahkan close program MS Word dan lakukan restart pada laptop.
  3. Ruler Tidak Diaktifkan, Penyebab paling umum adalah bahwa ruler memang telah dinonaktifkan. Untuk mengatasinya silahkan ikuti tutorial yang sudah dibuat di atas.

Jika Anda masih menemukan masalah dengan ruler yang tidak tampil setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda mungkin perlu menghubungi dukungan teknis Microsoft atau mencari bantuan lebih melalui video tutorial di youtube atau artikel yang membahas permasalahan tersebut. Ada banyak tutorial Word yang bisa dipelajari di internet.

Akhir Kata

Demikianlah pembahan mengenai cara memunculkan garis ukuran atau ruler di Microsoft Word. Semoga tutorial ini bisa membantu Anda dalam menampilkan garis ukuran yang bisa mempermudah pekerjaan kita. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memunculkan Garis Ukuran di Word"

close