Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Formulir Titik Titik di Word

Cara Mengisi Formulir Titik Titik di Word

 Formulir ialah dokumen dalam bentuk kertas atau elektronik yang berisikan informasi berupa pertanyaan tertentu yang nanti diisi atau dijawab oleh seseorang. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi secara terstruktur dan mudah dipahami. Dengan berkembangnya teknologi membuat pengisian formulir bisa dilakukan dalam bentuk file sehingga tidak perlu dicetak untuk mengisinya.


Terkadang ada perusahaan atau instansi yang membuat formulir di Microsoft Word yang menampilkan halaman area kosong dengan disisipkan titik-titik. Pada bagian tersebut kita bisa mengisi data yang diharuskan untuk dilengkapi misalnya formulir pendaftaran sekolah, formulir pajak, formulir komunitas dan formulir pekerjaan.


Jika Anda masih belum tahu cara mengisi formulir titik-titik maka sebaiknya simak tutorial ini karena situs sobat-tutorial.com sudah membuatkan langkah-langkahnya yang bisa dipelajari dengan mudah dan cepat.

Hal yang perlu diperhatikan pada pengisian formulir

Pengisian formulir merupakan proses yang penting. Sebelum memulai pengisian formulir, ketahui beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Pastikan untuk membaca petunjuk pengisian formulir 
  • Perhatikan format dan tata letak
  • Jangan mengubah informasi setelah dikirim
  • Gunakan informasi yang akurat
  • Sebelum mengirimkan formulir, simpan salinan untuk referensi anda sendiri.
  • Jangan mengubah informasi setelah dikirim

Cara Mengisi Formulir Titik Titik di Word

Untuk menulis di atas garis titik titik di Word, kita harus menghilangkan terlebih dahulu garis titik tersebut dan menggantinya dengan informasi yang diminta. Jadi funsi dari titik – titik pada formulir adalah sebagai penanda di mana kita mengisi formulir.


Selanjutnya siapkan file Word yang sudah berisikan formulir yang mau diisi. Sebagai contoh disini saya memakai versi MS Word 2013. Anda bisa menggunakan versi Word 2010, 2013, 2016, 2019 dan sebagainya. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

  • Buka dokumen Word yang berisi formulir yang ingin Anda isi.
  • Lalu cari ruang kosong pada formulir yang ingin diisi. Biasanya, terdapat area yang memiliki titik-titik kosong atau garis-garis di mana kita bisa menulis atau mengetik.
  • Klik pada bagian formulir yang ingin Anda isi. Silahkan ketik informasi sesuai data yang diminta.
  • Jika formulir memiliki opsi yang bisa Anda centang, maka masuk ke tab Insert > Equation. Nanti akan muncul ikon atau symbol yang bisa dimasukkan ke dalam formulir. Silahkan cari simbol centang.
  • Selanjutnya, mengubah tulisan dan warna sesuai format instansi yang dituju.
  • Terakhir klik tombol Save untuk menyimpan hasil pengisian formulir Anda.
  • Selesai.

Catatan -  Itulah langkah-langkah dalam mengisi formulir di Microsoft Word. Jika mengalami kesulitan dalam mengisi formulir, sebaiknya perhatikan petunjuk atau panduan yang disertakan dengan formulir tersebut. Pada bagian titik-titik, kita diharuskan mengisi informasi yang diminta dengan mengganti teks titik menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutoial ini. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka kita dapat dengan mudah mengetik formulir di Microsoft Word. Jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya agar bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengisi Formulir Titik Titik di Word"

close