Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Tulisan di Excel Sangat Cepat

Cara Menghapus Tulisan di Excel Sangat Cepat

 Menghapus tulisan yang tidak diperlukan dapat  menghemat ruang penyimpanan dalam file Excel. Apalagi Jika terdapat data yang tidak diperlukan, maka menghapusnya akan memperkecil ukuran file dan meningkatkan efisiensi dalam penyimpanan data. Nah, jika Anda sering menggunakan Excel untuk menginput laporan maka sebaiknya hapus tulisan yang tidak diperlukan.


Sudah menjadi kebiasaan bagi pemilik file untuk menghapus tulisan di Excel yang sudah tidak perlu ditampilkan, jika ada data yang tidak seharusnya dilihat oleh orang lain, maka menghapusnya bisa membantu melindungi informasi tersebut dari akses yang tidak diinginkan.


Perlu Anda tahu menghapus tulisan di Excel merupakan langkah yang tepat untuk menjaga keakuratan, kebersihan, dan keamanan data. Nah kali ini situs sobat-tutorial.com memberikan langkah – langkah dalam melakukan penghapusan kalimat yang ada di dokumen Excel dengan cepat. Anda yang ingin mempelajarinya sebaiknya simak sampai selesai tutorial ini.

Menghapus Tulisan di Excel Sekaligus Dengan Cepat

  • Buka file Excel yang ingin dihapus datanya. Sebagai contoh saya menggunakan Excel 2013, Anda bisa memakai versi lain karena fiturnya sama saja.
  • Pada tampilan halaman kerja Excel. Klik ikon segitiga di pojok kiri atas seperti pada contoh gambar di bawah ini. Fungsi ikon tersebut untuk menyeleksi semua data pada lembar kerja di Sheet yang Anda buka. Cara lainnya bisa menekan Ctrl + A pada keyboard untuk menyeleksi semua data.
Cara Menghapus Tulisan di Excel Sangat Cepat
  • Jika sudah terseleksi semua maka tahap berikutnya adalah menekan tombol Delete pada Keyboard agar semua data yang diseleksi terhapus dengan cepat.
  • Jika sudah terhapus semua maka nanti area setiap Cell akan kosong tanpa ada tulisan sedikitpun.
  • Jika terdapat tabel yang belum hilang maka cara menghapusnya adalah menyeleksi semua tabel dan klik tools Border di menu Home, lalu pilih No Borders.
  • Selesai.

Jangan lupa klik tombol save di Excel untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan. Silahkan input laporan baru setelah data sudah dihapus.

Baca juga:

Menghapus Tulisan di Excel Pada Bagian Tertentu Dengan Cepat


Jika ingin menghilangkan tulisan pada area tertentu misalnya di bagian baris dan kolom yang sudah dipilih maka simak tutorial di bawah ini.

  • Silahkan buka file Excel Anda.
  • Klik nomor baris yang mau dihapus. Misalnya berada di nomor 200 maka klik kanan dan pilih Delete atau bisa menekan tombol Delete di Keyboard.
  • Sama halnya dengan memilih kolom tertentu yaitu klik Huruf kolom misalnya Huruf B dan klik tombol Delete.
  • Dengan begitu kita bisa hapus dengan cepat area kerja yang sudah tidak diperlukan.
  • Selesai.

Alasan Tulisan di Dokumen Microsoft Excel Perlu Dihapus

  1. Tulisan biasanya dihapus untuk mengecek koreksi atau perubahan dalam data atau informasi yang disimpan di lembar kerja Excel.
  2. Jika terdapat data yang tidak seharusnya dilihat oleh orang lain, maka menghapusnya bisa menjadi opsi untuk membantu melindungi informasi tersebut dari akses yang tidak sah.
  3. Menghapus tulisan yang tidak diperlukan membantu menghemat ruang penyimpanan dalam file Excel.
  4. Membantu pemilik file dalam menjaga organisasi dan manajemen data yang efisien.
  5. Dengan memfokuskan data pada informasi mka proses analisis bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.
  6. Dengan menghapus tulisan tersebut, Anda mengurangi risiko kesalahan dan kebingungan dalam penggunaan dan interpretasi data.

Akhir Kata

Dengan menghapus tulisan di Microsoft Excel bisa menjadi langkah yang penting untuk meningkatkan efisiensi, kebersihan dan menjaga keamanan informasi. Demikianlah tutorial ini semoga bisa membantu Anda. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghapus Tulisan di Excel Sangat Cepat"

close