Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Contoh Pamflet PSB Pondok Pesantren Free Psd

 2 Contoh Pamflet PSB Pondok Pesantren Free Psd

Artikel sebelumnya saya sudah membagikan artikel Download Brosur Lipat 3 Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Free CDR yang bisa sobat edit sesuka hati menggunakan aplikasi CorelDraw. kali ini sobat-tutorial akan memberikan 2 contoh desain pamflet PSB Pondok Pesantren atau Pesantren Kilat yang bisa sobat ambil secara gratis. template brosur pesantren dan contoh brosur pesantren tahfidz


Sebelum masuk ke tahap download ada baiknya saya bahas sedikit mengenai pondok pesantren agar memberikan pengetahuan sedikit mengenai pesantren. Berikut beberapa penjelasan mengenai pondok pesantren yang sobat-tutorial rangkum.

Pengertian Pondok Pesantren

Pondok pesantren memiliki pengertian secara umum adalah sebuah tempat menuntut pendidikan yang berfokus tentang pendidikan agama islam yang diasuh oleh Kiai yang sudah menetap didalam lokasi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan pondok pesantren? Lembaga pondok pesantren merupakan lembaga Islam yang termasuk tertua dalam sejarah indonesia dan tempat dimana para santri menuntut ilmu pendidikan agama islam dan sebagai tempat tinggal pada santri.

5 Elemen Dasar yang Membentuk Pondok Pesantren

Elemen dasar pondok pesantren terdiri dari Pondok, masjid, santri, kitab kuning dan kiai.

1. Pondok

Pondok merupakan bangunan yang berfungsi untuk tempat menuntut ilmu secara langsung. Kadang tempat pondok yang dibuat selalunya memiliki fasilitas sederhana bukan karena kondisi keuangan yang tidak baik melainkan sengaja dibangun sederhana karena akan melatih santri-santri untuk bisa lebih fokus belajar dan bisa hidup sederhana.

2. Masjid

Masjid merupakan tempat sekaligus rumah ibadah yang tidak bisa dipisahkan dengan pondok pesantren maupun orang yang beragama islam. Selain rumah ibadah juga sebagai tempat untuk belajar pada santri dan tentu saja dalam hal praktik salat 5 waktu dan pelajaran lainya seperti khutbah dan lain-lain yang termasuk mata pelajaran agama islam.

3. Santri

Sebutan untuk siswa dan siswi yang sedang belajar di pesantren disebut dengan panggilan santri. Santri tidak hanya belajar mengenai ilmu agama islam saja melainkan juga wajib untuk memberikan ilmu yang sudah didapat di pesantren supaya bisa dapat memberikan pengetahuan mereka ke orang yang berada diluar pesantren. Santri juga disebut sebagai calon pemimpin yang nantinya akan memberikan dakwah dan mengajar para umat agama islam ke jalan yang baik.

4. Pengajaran Kitab-kitab Kuning (klasik)

Kitab kuning merupakan kitab klasik yang dikarang oleh ulama mazhab Syafi'I sebagai materi pembelajaran pokok yang diberikan ke pesantren untuk menghasilkan calon ulama yang baik.

5. Kyai

Kyai merupakan istilah untuk ulama yang memberikan pelajaran kepada santri di pondok pesantren. Mata pelajaran dan materi yang akan dipelajari sudah ditentukan oleh para kyai. Peran kyai tidak hanya sebatas itu saja namun kadang juga akan memberikan solusi dan membina mengenai masalah yang jika muncul dalam pondok pesantren dan masyarakat.

Model-model Pesantren

Adapun model pesantren yang sudah terbagi menjadi tiga yang akan dibahas sebagai berikut:

1.  Pesantren kholaf (Modern)

Model pesantren yang pertama yaitu pesantren kholaf atau pesantren modern yang tidak berfokus hanya ke kyai saja akan tetapi akan berfokus ke kurikulum yang berlaku oleh dunia pendidikan.


2. Pesantren Salaf

Yang kedua merupakan pesantren yang menganut pendidikan kitab-kitab klasik atau biasa disebut dengan kitab kuning yang sudah dibuat oleh ulama-ulama dan para kyai. Pesantren ini tidak memberikan ajaran pendidikan formal seperti SD, SMP,SMA, SMK dan lain-lain yang termasuk bagian formal.

3. Pesantren perpaduan Salaf dan kholaf (Modern)

Jenis model pesantren yang ketiga dan terakhir yaitu perpaduan salaf dan kholaf yang memberikan pendidikan kitab-kitan kuning sekaligus memberikan pendidikan formal yang biasa seperti SD.MI, MTs/SMP dan sebagainya. Jenis model ini merupakan paling sering dijumpai dan sudah sering diperbarui oleh pada ulama NU.

Contoh Desain Pamflet Pondok Pesantren

Berikut contoh pamflet PSB pondok pesantren dan contoh brosur pondok pesantren simple yang sudah saya buat. Isi dari pamflet ini merupakan hanya contoh dari text yang ada. Silakan sobat edit ulang karena saya akan membagikanya dalam bentuk file PSD (Photoshop).


Contoh Pamflet PSB Pondok Pesantren

Download Pamflet Pondok Pesantren 1

Pass: sobat-tutorial.com

 

Contoh Desain Pamflet Pondok Pesantren

Download Pamflet Pondok Pesantren 2

Pass: sobat-tutorial.com

 

Itulah artikel contoh pamflet pesantren atau contoh brosur penerimaan santri baru yang saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan sering berkunjung untuk bisa melihat update artikel yang saya buat setiap hari. Sekian & Terimakasih.

Lihat Juga:


Post a Comment for "2 Contoh Pamflet PSB Pondok Pesantren Free Psd"

close