Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melamar Kerja di Desain Grafis Wajib Tahu

 

Cara Melamar Kerja Desain Grafis

Untuk merekrut karyawan yang di khususkan untuk bagian desain grafis tidak boleh sembarangan. Maka dari itu saya akan memberikan cara melamar kerja di desain grafis yang harus kalian ketahui.

Bekerja menjadi seorang desain grafis merupakan suatu kebanggaan tersendiri dari kita, apalagi jika kita sangat hobi dalam dunia desain. Kita tidak hanya bisa bekerja desain grafis di rumah namun bisa juga bekerja di perusahaan.

Beberapa orang berminat bekerja menjadi seorang desain grafis karena mereka juga hobi di bidang desain jadi mereka ingin menyalurkan hobi mereka sebagai pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan.

Jika pekerjaan diluar desain grafis umumnya biasa hanya membutuhkan berkas seperti fotokopi ijazah dan IPK, maka beda dengan pelamar yang ingin mendaftar pekerjaan menjadi seorang desain grafis.

Untuk bekerja menjadi seorang desainer kita tidak bisa diterima hanya bermodalkan ijazah dengan IPK 4.0. Perusahaan biasa akan meminta Portofolio Desain untuk melihat hasil karya sobat dan berkas lainnya yaitu CV.

Kesalahan Seorang Desain Grafis Saat Melamar Pekerjaan

Untuk mengetahui cara daftar kerja menjadi desain grafis terlebih dahulu kalian wajib mengetahui beberapa kesalahan seorang desain grafis saat melamar pekerjaan. Berikut penjelasannya silakan sobat baca untuk menambah wawasan.

Salah Ketik Isi CV

Untuk mendaftar pekerjaan kita wajib membawa CV (Curriculum Vitae) yang berisi data mengenai pendidikan dan riwayat pekerjaan kita. Untuk membuat CV jangan pernah sobat salah ketik isi CV karena kesalahan seperti ini dapat berakibat fatal dalam melamar pekerjaan.

Memasukan Banyak Desain di Portofolio

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas untuk melamar pekerjaan menjadi seorang desain grafis kita wajib membawa portofolio desain. 

Jika sobat ingin memasukan karya desain kedalam portofolio sebaiknya jangan terlalu banya memasukan karya desain.

Panitia test wawancara sudah cukup melihat 3 atau 4 karya desain, jadi silakan pilih karya desain terbaik kalian maksimal 15 desain saja. Supaya bisa memaksimalkan waktu pada saat wawancara.

Gagal Dalam Menjelaskan Karya Desain

Pada saat kalian masuk ke tahap wawancara, panitia akan menyuruh kalian untuk mempresentasikan sekaligus memperkenalkan diri kalian. Pada tahap ini kalian harus hati-hati dalam menjelaskan karya desain.

Untuk membuat suatu desain kita pasti selalunya dihadapi oleh rintangan dan proses. Jelaskan secara singkat dan jelas proses tiap desain yang sobat buat. Agar panitia wawancara tertarik untuk mendengar presentasi karya desain kalian.

Tips Daftar Kerja Menjadi Seorang Desain Grafis

Tips Daftar Kerja Menjadi Seorang Desain Grafis

Setelah membahas kesalahan seorang desain grafis. Sekarang kita akan membahas mengenai cara kerja desain grafis yang wajib diketahui.

1. Mencari Tahu Mengenai Sistem Kerja Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya mempunyai persyaratan khusus untuk pelamar pekerjaan dan mempunyai sistem kerja yang wajib dipatuhi jika ingin bekerja di kantor mereka. 

Untuk memasukan lamaran, ada baiknya jika kalian mencari tahu terlebih dahulu perusahaan yang ingin kalian tempati untuk daftar.

Kalian tidak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor perusahaan, kalian cukup melihat proses kerja mereka melalui situs resmi perusahaan atau media sosial perusahaan. 

Kalian bisa melihat proses kerja mereka, kegiatan yang sering dilakukan dan tentu saja profil perusahaan.

2. Membawa Portofolio Untuk Melamar Pekerjaan

Pada saat kalian masuk ke tahap wawancara atau menyetor berkas, jangan lupa membawa dan menyediakan portofolio desain kalian. 

Portofolio yang kalian bawa akan berdampak besar untuk kelulusan kalian menjadi pekerja desain grafis.

Masukan karya yang terpilih dan terbaik kedalam portofolio dan jelaskan tiap desain yang kalian buat untuk memberikan perhatian kepada panitia.

Baca Juga:

3. Berikan Mereka Jawaban Yang Sesuai dan Bermaknya Desain

Maksud dari bermakna desain yaitu jika kalian diberikan pertanyaan seputar desain kalian berikan mereka jawaban mengenai desain yang kalian buat dan prestasi kalian dalam dunia desain grafis.

Kalian cukup menjawab pertanyaan sejujurnya mengenai wawancara kerja. Jangan memberikan jawaban yang panjang dan tidak jelas. Berikan mereka jawaban yang singkat dan jelas.

4. Melakukan Negosiasi Mengenai Gaji Kalian

Pada saat kalian di wawancarai kalian akan diberikan pertanyaan mengenai, berapa gaji yang ingin anda dapatkan? alangkah baiknya jangan menargetkan gaji yang tinggi, apalagi jika kalian masih fresh graduate. 

Jika sobat sudah berpengalaman dan mendaftar di perusahaan yang cukup besar, maka sobat bisa merekomendasikan gaji yang setara dengan pekerjaan. 

Perlu kalian ketahui gaji untuk seorang desain grafis sangat tinggi karena pekerjaan jenis ini sangat penting untuk mempromosikan perusahaan agar semakin terkenal.

Menjawab pertanyaan yang baik dan benar tidak hanya dapat menjadi penentu kalian akan diterima namun juga akan menentukan kualitas individu dan skill kalian dihadapan perusahaan. 

Berhati-hatilah memberikan jawaban dan persiapkan berkas yang lengkap untuk melamar pekerjaan seorang desain grafis.

Tempat Kerja Desain Grafis

Skill desain grafis banyak dibutuhkan perusahaan terlebih jika perusahaan mereka berfokus dibidang iklan, percetakan dan promosi. Berikut beberapa jenis tempat kerja yang cocok untuk kalian yang hobi desain grafis.

Percetakan

Usaha percetakan sudah banyak ditemukan disetiap daerah dan sedikit yang menguasai skill edit dan desain. Kalian bisa mendaftar di percetakan yang sedang membutuhkan karyawan yang ahli dibidang desain.

Biro Iklan (Advertising Agency)

Bekerja di biro iklan bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi karena perusahaan ini tergolong cukup besar dan memiliki pelanggan yang banyak yaitu mereka yang ingin dibuatkan iklan apalagi iklan dalam bentuk cetak.

Studio Desain

Bekerja di studio desain menjadi favorit seorang desain grafis karena kalian akan mendapatkan pekerjaan mendesain berbagai macam media promosi yang menarik yang bisa diperlihatkan oleh publik. 

Alat yang digunakan cukup sederhana yaitu komputer desain, printer dan peralatan pendukung lainnya.

Sekian artikel mengenai cara melamar pekerjaan menjadi seorang desain grafis. Menjadi seorang desain grafis sangat cocok bagi kalian yang hobi mendesain menggunakan aplikasi editing seperti CorelDraw, Photoshop, Adobe Ilustrator, Adobe Primer dan aplikasi lainnya. Sekian & Terimakasih.

Baca Juga:


Post a Comment for "Cara Melamar Kerja di Desain Grafis Wajib Tahu"