Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

 

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

Pada laptop maupun PC yang kalian pakai terasa lemot juga mempunyai ruang penyimpanan mulai sedikit padahal kalian hanya menyimpan data berukuran kecil. Biasanya data di dalam hardisk laptop yang tidak pernah kalian hapus akan semakin menumpuk yang mengakibatkan ruang penyimpanan full.

Sebaiknya pelajari cara membersihkan laptop agar tidak lambat, sobat sebaiknya delete file yang tidak digunakan, mari ikuti  tutorial yang saya buat karena dapat berguna bagi sobat untuk membersihkan file sampah yang ada pada laptop.

Terdapat berbagai macam cara untuk membersihkan file pada laptop, kalian dapat memakai aplikasi pembersih laptop dan bisa memakai program sistem operasi pada PC kalian. Berikut beberapa cara menghapus file sampah di laptop tanpa aplikasi.

Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 10

Cara membersihkan penyimpanan tanpa memakai software bantuan yaitu menggunakan fitur Windows + R. Berikut tutorialnya, cukup gampang dipelajari.

W+ RUN

  • Silakan buka jendela Run (Windows + R) dan kotak yang muncul ketikkan %temp%, kemudian Enter.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Kalian bisa melihat berbagai macam file sampah pada laptop kalian. Silakan pilih semua file dan hapus.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Silakan buka lagi jendela Run kemudian ketikkan temp, lalu enter kemudian kalian akan melihat lagi beberapa file yang harus dihapus.
  • Ketiga kalinya kalian masuk lagi dan ketikkan Prefetch, tekan enter dan silakan hapus semua file yang muncul

Gampang bukan? Cara diatas tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena sudah tersedia fitur hapus sampah pada windows 10. Untuk tutorial di atas bisa juga diterapkan pada windows 8 dan 8.1.

Jangan Lewatkan: 3 Contoh Poster Kegiatan Lomba Free Cdr

1. Disk Clean Up

Cara kedua untuk membersihkan sampah pada windows 10 yaitu memakai perintah Disk Clean Up. Silakan ikuti cara ini untuk cara membersihkan file sampah di drive c.

  • Kalian menuju ke menu window, pada kotak pencarian ketikkan Disk Clean Up untuk mencari aplikasinya.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Setelah terbuka akan muncul tampilan untuk memilih partisi mana yang akan dibersihkan. Silakan pilih partisi.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Tunggu proses pembersihan data selesai
  • Lalu muncul tampilan directory, pilih yang mana akan dihapus sampahnya.
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Selesai. Data yang tidak terpakai dan sampah yang menumpuk dalam partisi hilang.

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows 8 dan 8.1

Banyaknya data tidak terpakai dan di lupa untuk menghapusnya akan membuat laptop menjadi lemot dan tidak dapat bekerja secara baik.

2. Recycle Bin

  • Gunakan software bawaan windows seperti penampung sampah Recycle Bin
  • Cari icon Recycle Bin pada tampilan dekstop
  • Klik kanan icon kemudian pilih Empty Recycle Bin
  • Pilih yes untuk hapus data

Menghapus Program Tidak Terpakai

Selain file yang tidak terpakai, sebaiknya kalian hapus juga program yang sudah tidak digunakan untuk mengkosongkan ruang pada hardisk.

  • Masuk di pencarian windows dan ketikkan control panel
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Maka akan muncul jendela baru silakan pilih pilihan Uninstal Program
Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

  • Terakhir silakan pilih program yang akan kalian hapus.

Itulah cara menghapus file pada windows 10 dan 8.1, silakan coba agar dapat mengetahui perubahan, dijamin ruang penyimpanan kalian akan bersih karena data tidak diperlukan yang sudah dibersihkan.

Jangan Lewatkan: Download 8 Mockup Kaos Depan Belakang Gratis (Free PSD)

Cara Menghapus File Yang Tersembunyi di Laptop

Sulit untuk menemukan data tersembunyi yang sulit ditemukan, biasanya file jenis ini berisikan  data penting pada sistem operasi laptop. Agar mencegah orang men delete data penting sistem operasi maka pihak perusahaan berusaha menempatkan data ditempat aman dan tersembunyi.

Meskipun ada beberapa data yang tidak terlalu penting dan aman untuk dihapus. Seperti file Cache. File jenis ini kadang penting pada performa sistem dan jeleknya dapat mengambil penyimpanan partisi yang cukup besar.

Windows 10 Update Cache

Kalian bisa hilangkan file windows ini untuk memberikan ruang kosong pada partisi C. fungsi dari cache windows yaitu agar bisa update windows namun dapat memberikan banyak ruang lagi jika melakukan update windows yang tidak penting.

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus Pada Laptop

Sering terjadi kasus data yang tidak bisa dihapus pada laptop. Kali ini akan saya berikan cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tanpa software  dan juga tips cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di hardisk eksternal. semoga berhasil dan bermanfaat buat kalian.

Ganti Akun Pengguna PC

Masalah tidak bisa delete file yaitu akun kalian gunakan pada laptop bukan sebagai Administrator. Silakan ganti akun ke administrator untuk bisa mencoba hapus data.

Program Yang Membuka File Masih Terbuka

Silakan close dulu data yang ingin dihapus karena data tidak bisa dihapus jika masih ada software yang menjalankan file kalian. Sobat bisa memakai fitur Task Manager untuk menutup aplikasi yang terbuka.

Restart Laptop/PC

Biasanya cara me restart laptop dapat menutup program yang sedang berjalan sendiri yang dapat membuat file kalian sulit dihapus.

Itulah artikel cara membersihkan pc agar tidak lemot atau file sampah pada laptop. Banyak file yang sudah tidak terpakai dan terus menumpuk jika kalian tidak segera menghapusnya.

Untuk cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa software, lakukan penghapusan file seminggu sekali agar laptop yang kalian pakai bekerja maksimal. Sering berkunjung ke situs sobat-tutorial untuk mendapatkan artikel teknologi yang bisa kalian pelajari dan menambah pengetahuan sobat.

Sobat-tutorial.com juga menyediakan artikel desain grafis beserta file desain yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Sekian & Terimakasih.

Jangan Lewatkan:

Post a Comment for "Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot"

close