Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Cara Menjadi Freelance Desain Grafis, Wajib Kalian Tahu

 

Cara Menjadi Freelancer Desain Grafis

Berikut cara menjadi Freelance desain grafis dan tips untuk menentukan harga desain, yang harus kalian tahu. Perlu kalian ketahui bahwa Freelance merupakan sebuah pekerjaan yang tidak terikat dengan perusahaan, mereka bisa bekerja dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan mereka.

Silakan disimak beberapa cara menjadi Freelance yang baik dan benar agar bisa kerja desain grafis di rumah.

1. Manfaatkan Situs Freelancer

Kalian yang berminat menjadi pekerja lepas, cara yang mudah untuk bisa mendapatkan klien yaitu menggunakan situs freelance desain grafis yang sudah banyak di temukan di google. Beberapa situs website Freelance yaitu Sribulancer dan Upwork.

Buat akun Freelance dan silakan posting karya desain yang dapat dilihat oleh orang yang membutuhkan jasa desain kalian. Kalian juga harus menentukan harga desain kalian agar klien kalian dapat melihat harga tiap desain.

2. Tentukan Bidang Desain

Seorang pekerja desain grafis masing-masing memiliki fokus bidang desain seperti bidang desain Editor Video, Editor Photo, Illustrator dan lain-lain. Menentukan bisa desain kalian dapat membuat kalian dikenal oleh klien kalian karena mempunyai spesialis desain.

Silakan tentukan bidang desain kalian dan mulailah membuta hasil karya yang menarik dan bisa diperlihatkan oleh publik agar kalian dapat dikenal.

3. Menciptakan Networking

Selain mencari klien lewat situs Freelance, kalian juga harus mencari teman sesama Freelance atau kalian juga bisa membentuk sebuah komunitas Freelance Desain Grafis. 

Usahakan cari komunitas yang aktif dalam dunia desain, pasti kalian akan menemukan beberapa orang yang dengan senang hati berbagi ilmu desain dan juga memberikan informasi pekerjaan desain grafis.

4. Portofolio Desain Grafis

Buatlah portofolio desain yang dapat dilihat oleh orang yang bisa saja mereka merupakan salah satu dari klien kalian. Portofolio bisa saja menjadi kunci kesuksesan seorang Freelance Desain Grafis karena menampilkan beberapa karya desain yang pernah dibuat.

Untuk penerapan Portofolio Desain kalian bisa menerapkan dan meletakkannya di beberapa situs maupun media sosial. Agar orang-orang dapat melihat desain yang kalian tampilkan di portofolio kalian.

5. Riset Tentang Jenis Font

Pelajari jenis font untuk menghasilkan desain yang bagus,terutama kalian yang berfokus di bidang tipografi yang berfokus mengenai tulisan. Gunakan font yang sesuai dengan desain karena setiap desain pasti memiliki teks dan kalimat yang harus memakai font.

6. Latih Skill dan Terus Belajar

Sebagai seorang Freelance kalian harus sabar dalam menghadapi klien yang meminta desain yang rumit dengan harga yang seadanya. Bicaralah dengan baik dan tunjukkan bahwa desain yang anda buat tidak mudah dan memerlukan waktu yang cukup banyak.

Jangan lupa terus belajar dalam meningkatkan skill desain sobat agar dapat menghasilkan produk karya desain yang berkualitas yang dapat mendapatkan pengakuan dari klien kalian.

7. Kuasai Aplikasi Desain Grafis

Ada beberapa aplikasi desain grafis yang dapat menghasilkan karya desain yang bagus. Seorang desain grafis Freelance tidak bisa disebut sebagai desain jika tidak menguasai beberapa software desain grafis.

Pelajari beberapa aplikasi desain yang cukup terkenal di dunia desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, CorelDraw, 3D Maya dan beberapa Software lainnya.

8. Buku Desain Grafis

Selain belajar melalui media sosial, kalian juga bisa belajar dengan cara membaca buku yang berkaitan dengan desain grafis. Silakan cari buku-buku yang dapat memberikan pengetahuan dasar-dasar desain bagi pemula dan menengah.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja di Desain Grafis Wajib Tahu

9. Meningkatkan Pendidikan

Sudah ada beberapa kampus menyediakan pendidikan desain grafis yang bisa kalian coba masuk untuk meningkatkan pendidikan kalian. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan jurusan yang sulit untuk belajar otodidak karena kalian akan mendapatkan teori mengenai komunikasi dengan gambar dan memahami arti sebuah desain.

10. Pelajari Karya Desain Profesional

Untuk menjadi seorang desain grafis yang profesional kalian harus belajar dari desain grafis profesional yang karya desain mereka sudah di akui dan sudah mendapatkan pelanggan yang banyak.

Sudah banyak chanel youtube, website dan medsos seorang desain grafis profesional memberikan pelatihan dan tutorial secara gratis. Kalian bisa belajar dengan cara mengunjungi chanel youtube maupun medsos mereka.

11. Jangan Buang Hasil Desain

Setiap orang pasti pernah membuat suatu desain yang kurang menarik, biasanya terjadi pada saat kalian masih pemula dan masih tahap belajar. Membuang hasil desain kalian sama saja kalian tidak menghargai hasil karya desain sendiri.

Simpan saja file desain kalian yang dianggap kurang baik dan suatu saat nanti jadikan motivasi bahwa saya pernah membuat desain yang biasa dan sekarang sudah membuat desain yang luar biasa.

12. Rancang Ulang Desain Orang Lain

Jika kalian melihat karya desain orang yang kurang menarik dan sudah mulai rusak, kalian bisa membuat ulang desain tersebut, agar kalian bisa menambah wawasan mengenai berbagai macam desain yang belum pernah kalian buat. Jangan menunggu klien untuk membuat desain, buatlah desain sebagai hobi anda.

Itulah artikel yang membahas mengenai cara menjadi freelancer desain grafis, selalu belajar dan melatih skill pratikum merupakan hal wajib yang harus dilakukan dalam dunia desain. Untuk gaji freelance desain grafis bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 2 juta sd 3 juta dan bisa naik tergantung desain yang kalian buat.

Jika kalian tertarik dengan artikel ini, kami juga menyediakan artikel desain grafis dimana kami menyediakan tutorial desain dan file desain yang kami bagikan dalam format CDR dan PSD secara gratis. Artikel kami update tiap hari. Sekian & Terimakasih.

Baca Juga: Prospek Kerja DKV dan Gaji Yang Harus Kalian Tahu

Post a Comment for "12 Cara Menjadi Freelance Desain Grafis, Wajib Kalian Tahu"