Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegunaan Pensil HB dan Jenisnya

 

Kegunaan Pensil HB dan Jenisnya

Anda yang hobi menggambar akan membutuhkan pensil sebagai alat untuk membuat gambar dari kertas maupun objek lainnya. Saat ini ada banyak jenis pensil yang terkadang memiliki fungsi yang berbeda.

Adapun penggunaan pensil dipakai untuk menulis, menggambar dan melukis. Jika sedang membutuhkan pensil jenis HB sebaiknya ketahui beberapa jenis pensil ini beserta harganya.


Pada artikel kali ini saya akan memberikan jenis pensil HB dan kegunaannya sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Silakan simak penjelasan dibawah ini mengenai kegunaan pensil HB dan jenisnya.

Kegunaan Pensil HB

Pensil HB termasuk jenis pensil yang dipakai untuk menggambar objek apapun yang difokuskan untuk membuat sketsa awal pada gambar. Memiliki garis pensil yang tipis dan gampang dihapus menjadikan pensil HB cocok untuk menggambar ilustrasi yang memiliki banyak garis tipis.

Sifat utama dari pensil HB adalah terbuat dari tanah liat yang sedikit supaya dapat memberikan garis yang cukup rapat pada saat dipakai menggambar. Penggunaan pensil HB sangat mudah dihapus, itulah sebabnya bagus direkomendasikan oleh anak-anak dan sering juga digunakan orang dewasa untuk menggambar sketsa.

Fungsi tanda huruf pada pensil

Anda pasti sering melihat tanda huruf pada pensil, diberikannya penanda sebuah huruf pada pensil adalah sebagai petunjuk mengenai ketebalan pensil yang akan dipakai untuk kebutuhan yang berbeda seperti menggambar, menulis dan melukis.

Tanda B menandakan ketebalan pensil dan warnanya lebih hitam karena memiliki kandungan tanah liat yang sedikit. Selain itu pensil B juga sangat lembut saat dipakai. Sedangkan tanda H memiliki makna tingkat kekerasan suatu pensil karena mengandung tanah liat yang sangat banyak dan memiliki warna yang pudar dari pada pensil tanda B.

Perbedaan pensil HB dan 2B adalah pensil HB memiliki ciri khas tipis dan mudah dihapus sedangkan 2B sangat lembut digunakan. Kedua jenis kode pensil ini cocok digunakan untuk menulis dan menggambar.

Jenis-Jenis Kode Pensil

Berikut kode yang membedakan antara jenis pensil:

  • Pensil kategori lunak, yaitu pensil dengan kode 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, & 7b.
  • Pensil kategori keras, yaitu pensil dnegan kode 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H.
  • Pensil kategori sedang, yaitu pensil dengan kode H, HB, F, B, 2H, & 3H.

Kegunaan Pensil HB Dalam Psikotes

Alasan orang memakai pensil HB untuk mengikuti tes psikotes karena pensil ini dapat menghasilkan gambar maupun tulisan yang rapi sehingga hasil yang didapat sangat baik. Biasanya psikotes memberikan soal menggambar, itulah kenapa pensil HB sangat direkomendasikan bagi orang yang mengikuti psikotes.

Jenis Merk Pensil HB dan Harganya

Setelah mengetahui cara menggunakan pensil HB, selanjutnya Anda harus tahu merk pensil yang menyediakan jenis ukuran HB.

1. Pensil Faber Castell HB

Kegunaan Pensil HB

Faber Castell merupakan produsen pensil tertua didunia dan menyediakan perlengkapan kantor lainnya seperti penghapus, penggaris dan sebagainya. Kelebihan pensil ini adalah bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti menulis, membuat sketsa dan sudah lulus uji komputer untuk dipakai mengisi lembar jawaban saat ujian.

Selain itu, pensil faber castel memiliki berbagai macam jenis ukuran seperti 6H 5H 4H 3H 2H H F HB B 2B 3B 4B 5B 6B 7B 8B.

Untuk harga pensil faber castell jenis hb sekitar Rp44.000 per lusin. Anda bisa memesannya di situs tokopedia.

2. Pensil Lyra Groove Slim HB

Kegunaan Pensil HB

Pensil ini sangat cocok untuk anak-anak yang baru belajar menulis dan menggambar. Memiliki batang pensil berbentuk segitiga dengan diameter 7/10 mm, sehingga membuat genggaman tangan anak sangat nyaman.


Ciri khas dari pensil Lyra Groove Slim yaitu memiliki bundaran yang mengelilingi batang pensilnya. Harga pensil ini jika dibeli per batang sekitar Rp4000 rupiah dan jika dibeli per pack isi 12 Rp48.000.

Anda bisa membelinya di situs tokopedia.

3. Pensil JOYKO HB 6151

Kegunaan Pensil HB


Pensil Joyko sudah sering digunakan pelajar Indonesia untuk menulis bahkan menggambar. Memiliki berat pensil yang cukup ringan yaitu 90 gram sehingga nyaman dipakai anak-anak. Pensil Joyko HH 6151 dilengkapi dengan penghapus yang berada di atas kepala pensil, jadi tidak usah menyediakan penghapus untuk anak Anda.

Terkadang pensil ini sering dipakai oleh orang yang hobi menggambar sketsa dan ilustrasi karena warna pensil ini memiliki warna hitam yang ideal. Harga pensil ini cukup murah jika dibeli per pack isi 12 yaitu Rp8000. Silakan kunjungi tokopedia.

4. Pensil Batang Unicorn HB

Kegunaan Pensil HB

Pensil Unicorn memiliki kemasan pensil yang menarik dan mudah dibawah kemana-mana. Keuntungan yang didapat dari pensil ini yaitu dalam satu set memiliki 10 batang pensil yang tidak mudah patah dan sudah dilengkapi serutan dan penghapus pensil.

Memiliki berat 80 gram dari 3 jenis warna yaitu ungu, pink dan biru. Pensil batang unicorn bisa Anda beli dengan harga Rp19.500. Pensil Unicorn sudah tersedia di tokopedia.

5. Pensil Derwent Watercolour 0.5 HB

Kegunaan Pensil HB

Jika Anda sangat hobi menggambar sketsa wajah, maka pensil Derwent cocok untuk digunakan. Pencil ini memiliki bentuk unik menyerupai pulpen dan memiliki ujung pensil yang tipis. Memiliki berat 200 gram dan harga pensil Derwent Watercolour seharga Rp93.000. Silakan pesan di tokopedia.

Harga pensil jenis HB di atas merupakan harga yang didapat dari berbagai situs belanja online yang sudah dipercaya seperti Tokopedia dan toko marketplace lainnya. Harga ini bisa saja berubah karena tergantung dari pemilik toko yang menjual merk pensil tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas penggunaan pensil HB. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari merk pensil HB yang layak untuk digunakan dalam keperluan pekerjaan dan lainnya.

Baca juga: 

Post a Comment for "Kegunaan Pensil HB dan Jenisnya"

close