Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Jenis Pena Kaligrafi Khat Untuk Menulis dan Menggambar

 

9 Jenis Pena Kaligrafi Khat Untuk Menulis dan Menggambar

Jika sedang mencari pena kaligrafi khat yang digunakan menulis dan menggambar, silakan simak artikel ini, saya sudah merangkum 9 jenis pena kaligrafi khat yang sudah tersedia di pasaran.

Namun. Untuk membeli pena jenis ini, sebaiknya ketahui harga maupun kelebihan dan kekurangan pena yang digunakan membuat kaligrafi. 

Biasanya orang yang membutuhkan pena kaligrafi berasal dari santri-santri dan pekerja tukang kayu, karena mereka sering menulis dan membuat kaligrafi memakai pensil dan pena yang khusus untuk membuat kaligrafi.

  • Untuk memilih jenis pena yang cocok membuat kaligrafi, sebaiknya ketahui beberapa hal sebagai berikut:
  • Lebar ujung pena, sebaiknya tentukan lebar dan ukurannya
  • Memilih sesuai kebutuhan, sesuaikan pena dengan kebutuhan, apakah akan memakai jenis tipe fountain pen atau tipe felt-tip
  • Memeriksa tinta dan paham cara menggantinya

Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Kaligrafi

Ada beberapa peralatan yang harus disediakan untuk menulis dan menggambar kaligrafi, seperti dibawah ini:

  • Kertas
  • Pensil kaligrafi
  • Pena kaligrafi
  • Pensil warna
  • Crayon

Cara Membuat Kaligrafi Yang Menarik

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat kaligrafi:

  • Langkah pertama menyediakan alat tulis untuk membuat kaligrafi, seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Menentukan desain kaligrafi
  • Membuat garis sketsa kaligrafi
  • Membuat huruf arab yang sudah ditentukan
  • Terakhir, berikan warna kaligrafi yang telah dibuat

Pena Kaligrafi Khat Untuk Menulis dan Menggambar

Nama pena untuk kaligrafi terdiri dari 2 jenis nama yaitu pena fountain yang terbuat dari bahan metal sedangkan pena tipe felt-tip memiliki bentuk nib yang terlihat biasa saja.

Setelah mengetahui cara memilih pena kaligrafi. Berikut jenis pena kaligrafi khat yang bisa Anda dapatkan di toko online kesayangan Anda.

1. Pena Kaligrafi Khat Kalam Handam

Pena Kaligrafi Khat Kalam Handam

Pena kaligrafi jenis kalam ini memiliki panjang 25 cm dan sudah siap digunakan untuk menggambar dan menulis kaligrafi.  Jika memesan pena kaligrafi kayu ini, nantinya Anda akan memilih 7 macam ukuran mata pena, seperti ukuran 1,5mm, 2mm, 3mm, 4mm, 5mm, 6mm, dan 7mm.

Harga pena kaligrafi khat kalam handam bisa dibeli seharga Rp1.700 per buah dengan berat 25 gram. Anda bisa memesannya di situs tokopedia.

2. Pena Kaligrafi Qalam Khat Arab

Pena Kaligrafi Qalam Khat Arab

Jika sedang mencari pena yang khusus menulis bahasa arab, maka pena kaligrafi Qalam khat arab bisa Anda gunakan. Pena ini sangat cocok dipakai, karena memiliki ujung pena 1.3 mm dan ujungnya sudah miring sehingga menghasilkan tulisan arab yang bagus indah.

Kelebihan dari pena ini yaitu, sudah tersedia tinta didalamnya dan memiliki isi tinta yang banyak, sehingga bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama. Tersedia 3 jenis warna yaitu merah, biru dan hitam.

Harga pena ini cukup murah sekitar Rp69 ribu. Meskipun terbilang murah namun memiliki kualitas yang tidak pasaran. Jika ingin membelinya silakan kunjungi tokopedia.

3. Pena Iridium Silver Kaligrafi

Pena Iridium Silver Kaligrafi

Pena jenis ini sangat cocok digunakan untuk menulis berkas penting seperti ijasah dan surat yang di anggap penting. Memiliki tinta cair yang tidak mudah luntur dan tahan lama menjadikan pena ini cocok dipakai menulis.

Pena kaligrafi iriduim silver memiliki mata pena berbentuk pipih dan sudah dilengkapi pegangan yang berisikan kantung tinta yang bisa diisi ulang kembali. Pena ini sudah termasuk langkah dan sudah jarang orang pakai.

Meskipun pena ini sudah jarang orang pakai, masih ada beberapa orang mencarinya dan berani membayar mahal, karena desain pena yang elegan dan sangat baik digunakan oleh seorang yang hobi menulis.

Pena kaligrafi jenis ini memiliki berat 200 gram dengan harga Rp67 ribu. Anda bisa mendapatkannya di situs tokopedia.

4. Pena Kaligrafi Speedball

Pena Kaligrafi Speedball

Pena kaligrafi khat buatan Speedball ini memiliki 8 buah tinta refill sekali pakai yaitu Biru (2 buah), Hitam (2 buah), Merah (1 buah), Purple (1 buah), Hijau (1 buah), Pink (1 buah).

Dengan banyaknya jumlah tinta yang disediakan, Anda bisa menulis dan menggambar dengan sangat puas dan tidak usah khawatir membeli tinta. Selain itu, pena jenis ini menyediakan 3 buah mata pena dengan ukuran 1.1mm, 1.5mm, 1.9mm


Kekurangan dari pena ini terdapat dari converternya yang harus dibeli secara terpisah. Selain itu harga pena kaligrafi buatan Speddball cukup mahal sekitar Rp319 ribu. Pena ini sudah tersedia di situs blibli.

5. Pena Kaligrafi A8

Pena Kaligrafi A8

Pena selanjutnya yang cocok digunakan untuk membuat kaligrafi yaitu pena kaligrafi A8 yang terbuat dari bahan plastik dan metal. Ujung pena ini memiliki luas 1.5 mm.

Terdapat 3 warna pena kaligrafi A8 yaitu perak, hitam dan biru. Kelebihan dari pena ini bisa memakai refill standard seperti Cartridge Refill Fountain Pen yang bisa dibeli dengan harga murah yaitu Rp2.700.

Harga pena kaligrafi A8 sekitar Rp18 ribu dan bisa dibeli melalui situs Shopee.

6. Pena Kaligrafi Khat Kalam Jawi

Pena Kaligrafi Khat Kalam Jawi

Pena jenis ini sangat cocok dipakai menulis dan memiliki ketebalan 11 mm. Dibuat dari bahan kalam jawi yang memiliki daya tahan cukup lama dan ramah lingkungan. Ujung pena ini sudah dibuat tipis supaya Anda tidak usah memotongnya lagi. Harga jual pena kaligrafi kalam jawi sekitar Rp20 ribu.

Silakan kunjugi Shopee untuk membelinya.

7. Pena Kaligrafi Speedball Gift Set

Pena Kaligrafi Speedball Gift Set

Pena kaligrafi buatan Speedball ini cukup mahal namun memiliki segudang kelebihan. Pena ini memiliki sudah sering digunakan oleh seniman profesional dan para pembuat kaligrafi yang sudah menghasilkan tulisan yang indah.

Pena ini memiliki ujung yang bulat dan konstruksinya cukup ringan. Selain itu. Kualitas tinta speedbal tidak mudah luntur dan terhapus sehingga cocok dipakai untuk keperluan menulis surat penting maupun tanda tangan dokumen lainnya.

Jika tertarik membeli pena kaligrafi khat speedball, Anda harus menyediakan modal sekitar Rp395 ribu. Anda bisa membeli pena ini di situs Bukalapak.

Set terdiri dari :

  • 2 Pena kaligrafi warna hitam dan 
  • 2 Ujung pena ukuran  1.1mm dan 1.5mm
  • 2 Cartridge pena  warna hitam dan burgundy

8. Pena Kaligrafi Pilot

Pena Kaligrafi Pilot


Pena kaligrafi pilot buatan Jepang ini sangat bagus dipakai membuat kaligrafi dan menulis ijasah dan membuat tanda tangan. Tinta pada pena pilot dapat diisi dengan sistem pompa. Berat pena ini cukup ringan yaitu 1,1 kilogram, sehingga ringan digenggam. 

Harga pena kaligrafi pilot Rp158 ribu. Anda bisa membelinya di situs Bukalapak.

9. Pena Kaligrafi Parker

Pena Kaligrafi Parker


Pena kaligrafi jenis parker sudah diasah menggunakan mesin sehingga memiliki ujung pena yang sudah miring, sehingga cocok dipakai menulis bahasa arab. Pena ini tersedia 3 ujung pena yang memiliki ukuran 0.8 mm, medium 1.7 mm dan broad 2.2 mm.

Selain itu. Anda juga akan mendapatkan 4 buah tinta yang terdiri dari 2 hitam, 1 biru dan 1 merah. Harga pena kaligrafi parker mencapai Rp750 ribu. Anda bisa membelinya disitus tokopedia.

Penutup

Demikianlah artikel yang membahas seputar jenis pena khat kaligrafi yang cocok dipakai menulis dan menggambar kaligrafi. Bisa digunakan oleh anak-anak santri hingga pekerja profesional yang hobi menulis dan bekerja di kantor.

Baca juga: 

  • Jenis Pulpen Kaligrafi Terbaik

Post a Comment for "9 Jenis Pena Kaligrafi Khat Untuk Menulis dan Menggambar"

close