Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word


 Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah sering digunakan untuk mengetik dokumen. Baik anak pelajar maupun orang yang sudah bekerja sering memakai aplikasi ini. Alasan banyaknya orang menggunakan Microsoft Word karena memiliki menu dan fitur yang cukup lengkap yang bisa membantu pekerjaan kita.

Misalnya Anda ingin menyilang jawaban dari soal pilihan ganda yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan Microsoft Word Anda bisa memberikan tanda silang untuk jawaban yang sudah di anggap benar.


Namun bagi orang yang masih pemula dalam memakai Microsoft Word, biasanya masih belum tahu cara membuat tanda silang pada pilihan ganda di Word. Nah, jika Anda salah satu orang tersebut, maka sebaiknya simak pembahasan yang saya berikan.

Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word

Bagaimana cara menyilang jawaban di Word? Untuk memberikan tanda silang di dokumen yang berisikan jawaban, Anda dapat memakai Shape Tool yang menyediakan jenis objek yang terdiri dari berbagai macam bentuk seperti lingkaran, kotak, tanda silang (X) dan lain sebagainya.


Sebelum mengikuti tutorial yang saya berikan, terlebih dahulu siapkan dokumen soal pilihan ganda yang ingin Anda berikan tanda silang. Untuk software Microsoft Word yang saya gunakan memakai versi 2013. Namun Anda juga bisa menggunakan versi Microsoft Word lainnya.

Berikut langkah-langkah dalam menyilang jawaban di Microsoft Word:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di Laptop maupun PC yang Anda pakai
  • Lalu cari dan masukkan file dokumen soal pilihan ganda yang ingin diberikan tanda silang
  • Kemudian pada tampilan Microsoft Word, silakan Anda pilih menu Insert > Shapes
  • Pada bagian Shape, pilih objek Multiply (tanda X) seperti pada gambar dibawah ini
Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word
  • Lalu silakan Anda tarik kedalam dokumen agar tanda silang bisa muncul. Untuk mengedit tanda silang tersebut, silakan pilih Menu Drawing Tools > Format
Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word
  • Selanjutnya pilih bagian Shape Fill. Lalu ubah warna tanda silang menjadi warna merah
  • Sedangkan untuk menghilangkan Outline yang menempel. Pilih bagian Shape Outline > No Outline
Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word
  • Langkah terakhir, silakan Anda berikan tanda silang pada jawaban yang dianggap benar
  • Selesai

Dengan begitu, Anda sudah bisa menyilang jawaban di Microsoft Word. Selain memberikan tanda silang, Anda juga bisa melingkari tulisan di Word dengan mudah. Hal ini sering dilakukan jika ada bagian teks atau kalimat yang dianggap penting.

Jika ingin mengganti jenis tanda silang yang digunakan, silakan pilih menu Insert > Shapes. Lalu pilih pada bagian Flowchart. Nantinya Anda akan menemukan jenis tanda silang yang bisa digunakan untuk menyilang jawaban.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara menyilang jawaban di Microsoft Word. Semoga dengan membaca artikel yang saya berikan, dapat berguna bagi Anda dalam memberikan tanda silang pada jawaban yang dianggap benar. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

1 comment for "Cara Menyilang Jawaban di Microsoft Word"

close