Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Toolbar di Word


 Toolbar merupakan tool yang ada pada Menu Bar yang sering digunakan untuk membantu mengerjakan tugas kita. Dengan adanya ToolBar maka kita juga bisa dipermudah memilih menu dan ikon pada Microsoft Word. Terkadang pada Microsoft Word entah itu 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019 kita mengalami Toolbar yang tiba-tiba hilang.

Cara menampilkan Toolbar di Word yang tidak muncul atau tiba-tiba hilang dapat dilakukan di sistem operasi Windows 7, Window 8, Windows 10 dan bahkan Windows 11. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Microsoft Word lalu menampilkan Toolbar di Ribbon Display.


Nah jika Anda masih belum tahu caranya, maka sobat-tutorial akan memberikan langkah-langkah dalam memunculkan Toolbar Microsoft Word yang akan dibahas ke dalam artikel ini. Jadi sebaiknya luangkan waktu dalam membaca artikel ini.

Cara Menampilkan Toolbar di Word
Tentu akan merepotkan jika Toolbar yang sering digunakan seperti Toolbar pada menu Home, Insert, Design dan lainnya tidak tampil. Ini akan membuat pekerjaan Anda terhambat dan membuat Anda kesulitan mengetik tugas yang harus cepat dikerjakan.

Cara Menampilkan Toolbar di Microsoft Word


Sebelum mengikuti tutorial ini sebaiknya laptop atau PC yang Anda gunakan sudah terinstal software Microsoft Word versi apapun. Jika sudah, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini dalam memunculkan Toolbar di Word.

  • Pertama buka Microsoft Word yang Anda gunakan, sebagai contoh disini saya memakai Word 2013.
  • Lalu masuk ke halaman kerja dengan cara membuka dokumen baru maupun dokumen yang sudah dibuat. Seperti yang Anda lihat pada contoh gambar dibawah. Word yang saya gunakan tidak menampilkan Toolbar.

  • Untuk menampilkan kembali Toolbar yang hilang, caranya klik ikon Ribbon Display yang letaknya berada di bagian pojok atas sebelah kanan. Lalu pilih bagian Show Tabs and Commands

  • Maka secara otomatis Toolbar akan tampil kembali.
  • Selesai

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda sudah bisa menampilkan Toolbar di Microsoft Word versi apapun. Selain itu, cara yang sobat-tutorial berikan juga dapat membantu Anda untuk memunculkan Menu Bar yang tiba-tiba hilang.


Menampilkan Quick Acces Toolbar di Microsoft Word

Jika Anda ingin memunculkan Tool yang belum tampil pada Word, maka silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  • Pilih menu File > Options
Menampilkan Quick Acces Toolbar di Microsoft Word

  • Nantinya akan muncul jendela kecil yang menampilkan banyak menu. Disini pilih Menu Quick Acces Toolbar
  • Selanjutnya pada menu Quick Acces Toolbar, pilih tool yang ingin Anda masukkan ke dalam halaman kerja Anda. Sebagai contoh saya memasukkan Tool Shape dan pilih tombol Add, seperti pada contoh gambar dibawah.
Cara Menampilkan Toolbar di Word

  • Langkah terakhir pilih tombol OK maka Tool yang sudah dipilih tadi sudah berhasil tampil di halaman kerja Anda.

Cara di atas sering digunakan jika Ada beberapa tool yang belum muncul di Word sehingga kita harus menambahkannya secara manual melalui Quick Acces Toolbar agar bisa tampil di halaman kerja kita.

Jenis-Jenis Toolbar Pada Microsoft Word

Setelah mengetahui cara mengembalikan Toolbar yang hilang maupun yang belum ada. Berikut ini beberapa Toolbar yanga ada di Word agar dapat menambah wawasan Anda nantinya:

  1. Toolbar pada Menu Home terdiri dari 5 grup yaitu Toolbar Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
  2. Toolbar pada Menu Insert terdiri dari 10 grup yaitu Toolbar Pages, Tables, Illustrations, Apps, Media, Links, Comments, Header & Footer, Text dan Symbols.
  3. Toolbar pada Menu Design terdiri dari 2 grup yaitu Toolbar Document Formatting dan Page Background.
  4. Toolbar pada Menu References terdiri dari 6 grup yaitu Toolbar Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index dan Table of Authorities.
  5. Toolbar pada Menu Mailings terdiri dari 4 grup yang saling terhubung seperti Toolbar Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results. Toolbar yang ada pada menu Mailings digunakan jika ingin membuat kop surat otomatis.
  6. Toolbar pada Menu Review terdiri dari 7 grup yaitu Toolbar Proofing, Language, Comments, Tracking, Changes, Compare dan Protect.
  7. Toolbar pada Menu View terdiri dari 5 grup yaitu Toolbar Views, Show, Zoom, Window dan Macros.

Toolbar yang saya sebutkan di atas dikelompokkan ke dalam grup yang ada pada Menu Bar. Jadi setiap Menu Bar memiliki Toolbar yang dimasukkan ke dalam grup yang berbeda agar dapat memudahkan pengguna memilih jenis Toolbar yang ingin dipakai.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara menampilkan Toolbar di Microsoft Word. Semoga dengan mengikuti tutorial ini dapat memudahkan Anda memunculkan Toolbar yang hilang dan belum tampil pada Word. sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Menampilkan Toolbar di Word"

close