Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyalin Teks dari Video Youtube Dengan Mudah


 Menyalin teks dari video yang ada di Youtube sering dilakukan oleh banyak orang dalam hal mengambil teks atau kalimat yang tampil pada video tersebut. Dari dulu hingga sekarang Youtube telah menjadi aplikasi atau jejaring sosial yang paling populer dalam hal menonton video.

Maka tidak heran jika sebagian pengguna ingin menyalin teks yang tampil yang terkadang dipakai untuk kebutuhan Konten kreator maupun tugas perkuliahan seperti mengambil teks yang ada di video edukasi, media pembelajaran dan sebagainya.


Cara menyalin teks dari Video Youtube dapat Anda lakukan menggunakan HP mapun PC dan Laptop yang cara kerjanya sama hanya berbeda perangkat yang digunakan. Jadi dengan mengikuti tutorial ini, Anda dapat menyalin atau mengambil teks yang muncul di video dengan mudah.

Cara Menyalin Teks dari Video Youtube Dengan Mudah

Anda juga dapat memakai cara ini untuk mengambil penjelasan dari materi yang ada pada video, seperti video pembelajaran karena terkadang ada saja pemilik channel Youtube yang tidak memberikan materi dalam bentuk soft copy pdf atau word. Cukup salin teks yang tampil di Video, maka Anda bisa mendapatkan materi tanpa perlu meminta ke pemilik channel tersebut.

Nah jika Anda tertarik, pada tutorial kali ini sobat-tutorial memberikan cara menyalin teks yang ada pada video Youtube secara otomatis yang bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat.

Cara Menyalin Teks dari Video Youtube


Untuk menyalin teks di video Youtube, Anda membutuhkan Extensi Chrome bermana Blackbox. Dengan menggunakan Ekstensi Blackbox maka Anda dapat menyalin kalimat yang tampi dalam video Youtube.

Cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya perlu memasang Ekstensi tersebut lalu membuka Youtube dan mencari video, kemudian mengakfitkfan Ekstensinya.

Jika Anda masih belum paham cara menggunakan Ekstensi Blackbox, berikut ini saya berikan tutorial yang bisa Anda pelajari.

  • Pertama buka browser Google Chrome yang sudah diintal di laptop atau PC.
  • Kemudian kunjungi Chrome Webstore. Setelah masuk ke halaman Chrome Webstore, ketikkan kata kunci Blackbox melalui kolom pencarian di bagian sebelah kiri atas lalu tekan Enter.
Cara Menyalin Teks dari Video Youtube

  • Tunggu beberapa saat sampai Ekstensi Blackbox tampil, kemudian Anda klik seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  • Langkah selanjutnya klik tombol Tambahkan ke Chrome.
Cara Menyalin Teks dari Video Youtube

  • Nanti akan muncul pemberitahuan penginstalan Ekstensi. Silahkan klik Add Extension dan tunggu sampai Ekstensi Blackbox terpasang pada akun Google Chrome Anda.
  • Setelah Ekstensi sudah terpasang, silahkan kunjungi Youtube dan cari video yang ingin disalin teksnya. Jangan lupa gunakan Chrome untuk membuka Youtube.
  • Jika sudah menemukan video, klik icon Ekstensi di pojok kanan atas dan pilih Blackbox. Biasanya Anda akan disuruh untuk memasukkan akun Google atau Gmail. Silahkan lakukan registrasi agar dapat memakai Ekstensi ini.

  • Setelah melakukan registrasi, silahkan seleksi teks yang muncul di video lalu Anda salin ke aplikasi editor teks seperti Notepad, Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan sebagainya.
  • Kemudian pastekan dengan menekan tombol keyboard (CTRL +V) Maka secara otomatis teks pada video sudah berhasil disalin.
  • Selesai

Denga menggunakan Ekstensi yang sudah saya jelaskan, maka Anda dapat dengan mudah mengambil teks di Video Youtube. Selama video menampilkan teks, Anda masih bisa menyalin teks tersebut.

Tips Menyalin Teks video Youtube Menggunakan Ekstensi Blackbox

Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam memakai Ekstensi Blackbox pada saat menyalin kalimat atau teks pada video Youtube:

  1. Pada saat membuka Ekstensi Blackbox, Anda wajib menggunakan Google Chrome karena Ekstensi ini telah dipasang di browser tersebut. Jadi menyalin teks video Youtube hanya bisa melalui Chrome menggunakan Ekstensi Blackbox.
  2. Sebelum menggunakan Ekstensi ini, Anda terlebih dahulu login ke Blackbox memakai akun Google atau bisa juga akun Gmail.
  3. Memakai Ekstensi Blackbox di Youtube sudah memiliki akses atau telah dizinkan pihak Youtube, jadi Anda bisa leluasa menyalin teks di channel Youtube yang Anda suka.
  4. Jika Ekstensi ini tidak dapat diaktifkan maka sebaiknya tutup jendela Chrome Anda. Lalu tunggu beberapa saat dan buka kembali. Bila masih tidak dapat aktif, maka lakukan Restart pada laptop atau PC yang dipakai.

Mengenai Ekstensi Blackbox Dalam Menyalin Teks Video Youtube

Eksitensi Blackbox dibuat oleh Richard dan sudah digunakan sebanyak 200 ribu lebih pengguna aktif. Jadi Ekstensi ini sudah cukup terkenal dan aman digunakan dalam hal menyalin teks video Youtube.

Lebih bagusnya lagi item ini tidak akan mengumpulkan atau menggunakan data Anda. Seperti tidak akan dipakai untuk tujuan yang tidak berkaitan dengan fungsi Ekstensi Blackbox.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara menyalin teks dari video Youtube. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat memudahkan Anda dalam mengambil teks atau kalimat yang menempel di video yang ada pada Youtube. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Menyalin Teks dari Video Youtube Dengan Mudah"

close