Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Background Foto di Canva


 Aplikasi Canva saat ini telah menjadi aplikasi desain yang mulai populer karena memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengguna mengerjakan projek. Salah satu fitur yang sering dipakai adalah menghapus background foto di Canva. Biasanya orang ingin menghilangkan background pada foto agar dapat mengganti latar pada objek gambar tersebut.

Dengan adanya aplikasi Canva, maka Anda dapat membuat berbagai jenis projek seperti Mind Mapping, poster, spanduk dan lain sebagainya. Canva juga dapat di akses tanpa perlu menginstal aplikasinya dengan cara kita login ke situs Canva. Namun jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak sebaiknya instal aplikasinya di Google Play Store.


Selain foto, Anda juga bisa menghapus background pada logo dan objek lainnya. Jadi Anda tidak usah menghapus latar belakang gambar secara manual memakai aplikasi CorelDraw dan Photoshop yang proses pengerjaannya cukup sulit jika dilakukan oleh pemula.

Dengan memakai Canva maka orang yang masih pemula dalam hal mengedit gambar dapat langsung mengerti karena tampilan interface dan tool yang disediakan cukup mudah dipahami. Maka dari itu silakan simak tutorial yang saya berikan sebagai berikut.

Cara Menghapus Background Foto di Canva


Untuk menghilangkan background foto di Canva, kita memakai tool yang cara kerjanya yaitu menggunakan tool Penghapusan Latar Belakang yang proses pengerjaanya sangat mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Membuka aplikasi Canva di HP atau mengunjungi situs Canva

Untuk bisa mengakses Canva, Anda dapat mengunduh aplikasinya di Play Store atau bisa juga mengunjungi situs Canva. Untuk tutorial kali ini saya memakai situs Canva karena tool yang tersedia sudah cukup lengkap dan lebih leluasa melakukan proses editing.

2. Mengatur ukuran canvas

Setelah masuk ke tampilan Canva. Silakan atur ukuran canvas yang ingin dipakai. Caranya yaitu memilih menu Buat Desain. Jika sudah, maka silakan atur ukuran canvas yang ingin diterapkan.

3. Memilih dan memasukkan foto yang ingin backgroundnya dihapus

Selanjutnya masukkan foto yang ingin dihapus backgroundya dengan cara memilih tombol Unggah sebaiknya masukkan foto yang memiliki kualitas baik atau jernih agar proses penghapusan latar belakang bisa lebih baik.

Jika ingin mengatur ukuran foto 3x4 maka gunakan ukuran 300x400 pixel. Sedangkan ukuran 4x6 yaitu 400 x 600 atau 800x1200 pixel.

4. Memilih tool penghapusan latar belakang

Setelah foto sudah berhasil masuk. Selanjutnya arahkan kursor ke menu Edit Gambar yang berada pada posisi tengah kiri atas. Lalu pilih menu Edit Gambar dan klik fitur Penghapusan LB (Latar Belakang).

5. Menunggu proses penghapusan

Cara Menghapus Background Foto di Canva

Tunggu beberapa saat sampai foto yang diedit sudah selesai dihapus latar belakangnya. Jika jaringan internet Anda stabil maka proses penghapusan akan semakin cepat, namun jika jaringan lambat maka akan membutuhkan waktu cukup lama. Jadi Anda harus sabar menunggu.

Jika muncul peringatan seperti ”Kami mengalami masalah saat memuat penghapusan latar belakang” maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksa jaringan internet yang sedang dipakai dan ulangi lagi proses penghapusan background.


Jika sudah selesai, silakan simpan gambar dalam bentuk format PNG agar tidak menampilkan background. Dengan mengikuti tutorial di atas maka Anda sudah bisa menghilangkan background yang ada pada foto sehingga bisa diganti dan diedit sesuka hati.

Selain menghapus background. Anda juga bisa membuat background transparan di Canva supaya bisa dipakai untuk keperluan desain seperti sampul laporan, spanduk dan lainnya.

Tips Menghapus Background Foto, Gambar dan Logo di Canva

Berikut ini saya berikan tips yang bisa Anda terapkan pada saat menghilangkan background pada objek gambar sehingga dapat menghasilkan foto yang baik dan sesuai dengan harapan.

  • Sebaiknya pilih foto yang jernih atau memiliki kualitas HD agar pada saat penghapusan latar belakang, objek foto tidak ikut terhapus karena jika foto tidak jernih maka nantinya program Canva akan sulit menyeleksi bagian background dengan baik.
  • Atur ukuran Canvas sebelum melakukan proses editing. Supaya gambar yang di hapus latarnya sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.
  • Pelajari setiap menu dan tool yang disediakan oleh Canva agar bisa memudahkan Anda mengerjakan projek. Selain itu hapal juga posisi tool yang tersedia supaya tidak sulit menemukan tool yang ingin dipakai.
  • Tampilan aplikasi Canva di Android berbeda dengan tampilan website Canva, maka dari itu sebaiknya pelajari terlebih dahulu di Aplikasinya kemudian jika sudah mahir silakan belajar mendesain di situs Canva supaya Anda tidak bingung dengan tampilan yang berbeda.
  • Jika masih memakai Canva yang versi gratis sebaiknya upgrade ke Canva Pro agar bisa mengakses semua fitur yang ada seperti template, font dan fitur lainnya yang belum tersedia di versi gratisan.
  • Untuk menghapus latar belakang pada logo, sebaiknya lakukan secara manual apabila logo yang diedit memiliki pola yang sulit untuk dihapus latarnya. Anda dapat memakai tool kuas untuk memulai proses penghapusan latar belakang.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghapus background pada aplikasi Canva. Semoga dengan adanya tutorial yang sudah dibahas maka dapat membantu Anda untuk menghilangkan latar belakang pada foto. Jika ada yang masih belum dimengerti silakan berikan komentar agar bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Artikel Canva Lainnya:

Post a Comment for "Cara Menghapus Background Foto di Canva"

close