Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Formulir di WPS Office Android


 Formulir merupakan halaman form yang digunakan untuk mengisi data seseorang jika ingin melakukan suatu pendaftaran pada kegiatan tertentu seperti pendaftaran pekerjaan, pendaftaran siswa baru dan lain sebagainya.  Saat ini kita sudah bisa mengisi formulir di Android dengan mudah menggunakan WPS Office.

Cara mengisis formulir di WPS Office cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu memasukkan file formulir dalam bentuk Word, Excel, PDF dan gambar. Apalagi tool yang ada pada WPS Office cukup lengkap dan memiliki fitur yang mirip dengan Microsoft Word. Sehingga memudahkan Anda dalam memasukkan data ke dalam formulir tersebut.


Nah jika Anda masih belum bisa menggunakan WPS Office dalam mengisi formulir. Anda tidak usah khawatir karena sobat-tutorial akan membahas tutorial mengenai cara mengisi formulir di WPS Office Android yang sudah dilengkapi dengan gambar agar dapat mempermudah Anda mengikuti tutorial ini.

Cara Mengisi Formulir di WPS Office Android

Untuk lebih jelasnya mengenai tutorial ini, silakan Anda simak pembahasan dibawah ini, jangan lupa siapkan aplikasi WPS Office dan dokumen formulir yang ingin diisi.

Cara Mengisi Formulir di WPS Office


Sebelum masuk ke tahap tutorial, silakan Anda instal aplikasi WPS Office. Jika sudah, jangan lupa update agar tampilan interface dari aplikasi yang Anda pakai sama dengan punya saya. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan fitur baru jika memperbarui aplikasi WPS Office. Jika sudah, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama buka aplikasi WPS Office yang sudah Anda instal di Smartphone Android maupun Iphone.
  • Kemudian masukkan file formulir yang ingin Anda isi, sebagai contoh disini saya mengisi formulir dalam bentuk PDF. Cara memasukkannya pilih menu Pengelola File dibagian atas sebelah kanan. Lalu pilih jenis dokumen yang ingin dibuka.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai formulir masuk ke tampilan lembar kerja.
  • Selanjutnya pada tampilan lembar kerja, pilih tombol Edit dibagian pojok kiri atas.
  • Lalu klik ikon tambah dibagian pojok kanan atas dan pilih menu Tambahkan Teks.
  • Untuk mengisi formulir, lakukan scroll agar formulir bisa dilihat lebih jelas. Pilih data yang harus Anda isi dengan cara klik pada bagian formulir yang wajib diisi.
  • Setelah selesai mengisi formulir, pilih tombol Save agar data yang telah Anda isi dapat tersimpan.
  • Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas maka Anda sudah bisa memasukkan sekaligus mengisi formulir di WPS Office. Jika formulir yang diisi mewajibkan memasukkan tanda tangan, maka Anda dapat dengan mudah membuat tanda tangan di WPS Office memakai tool yang sudah tersedia.

Tips Mengisi Formulir di WPS Office


Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pelajari pada saat mengisi formulir menggunakan WPS Office:

  1. Jika formulir yang ingin Anda isi dalam bentuk Microsoft Word, maka Anda hanya perlu memilih menu Dokumen untuk bisa memasukkan formulir berformat Word. Jika dalam bentuk gambar JPEG dan PNG maka cukup masukkan gambar formulir dan isi menggunakan tool tambahkan teks.
  2. WPS Office memiliki tool yang mirip dengan Word, jadi pada saat ingin membuat dan mengisi formulir, Anda akan terbiasa dengan tool yang disediakan. Namun tampilan antar muka aplikasi dan peletakan tool wajib Anda pahami agar tidak mempersulit Anda nantinya.
  3. Anda bisa mengerjakan tugas di WPS Office tanpa perlu menggunakan jaringan internet sehingga bisa menyimpan file tanpa perlu memakai kuota internet.
  4. Biasanya formulir yang diisi akan menampilkan tititk yang berjejer di bagian yang wajib diisi. Nah sebaiknya hapus titik tersebut pada saat mengisi formulir supaya tidak membuat formulir tersebut berantakan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengisi formulir di WPS Office. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat mempermudah Anda untuk memasukkan data pada formulir menggunakan aplikasi WPS Office yang dapat dipakai di HP Android dan IPHONE. Sekian dan terima kasih.

Artikel WPS Office Lainnya:

Post a Comment for "Cara Mengisi Formulir di WPS Office Android"

close