Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Lightroom Dalam Ruangan Gelap dan Terang


 Rumus Lightroom dalam ruangan sering digunakan pada saat ingin mengedit foto yang diambil dalam ruangan yang memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Misalnya foto yang ada didalam ruangan yang gelap dan cerah. Dengan memakai preset atau rumus yang cocok maka Anda dapat mengedit foto di Lightroom tanpa perlu khawatir mengenai tingkat kecerahan yang kurang.

Lightroom saat ini telah menjadi aplikasi editing foto Android yang cukup populer karena dapat membantu pengguna mengedit foto dengan hasil yang memuaskan karena dilengkapi tool yang cukup lengkap. Selain itu, dengan adanya rumus Lightroom maka dapat lebih mudah mencerahkan foto yang terlihat gelap.


Nah pada pembahasan kali ini saya sudah membuatkan tutorial mengenai rumus Lightroom dalam ruangan gelap dan terang yang dapat Anda pelajari dengan mudah. Sobat-tutorial juga sudah menyediakan rumus tersebut yang dapat Anda pakai pada saat mengedit foto di Lightroom.

Rumus Lightroom Dalam Ruangan Gelap dan Terang

Rumus yang saya berikan juga sering dipakai oleh pengguna TikTok dan Selebgram karena dapat menghasilkan tingkat kecerahan yang pas dengan foto yang mereka edit. Anda bisa memakai rumus Lightroom ini pada saat melakukan selfi dalam ruangan dan bisa dipakai untuk foto yang diambil pada malam hari dalam ruangan.

Jika tertarik mencoba rumus Lightroom, silakan simak pembahasannya berikut ini.

Rumus Lightroom Dalam Ruangan


Sebelum mengikuti tutorial ini, sebaiknya siapkan aplikasi Lightroom yang bisa Anda unduh di Play Store. Kemudian siapkan juga foto yang ingin di edit, jika sudah maka Anda sudah dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

1. Kecerahan

Untuk setting foto agar pencahayaan dalam ruangan dapat terlihat cerah, maka Anda dapat menggunakan rumus kecerahan dibawah ini.

Exposure 1.63 EV
Contrast -50
Highlights -100
Shadows -40
White 55
Black 70

2. Perpaduan Warna Foto
Setelah selesai mengatur keceharan foto, selanjutnya adalah mengatur perpaduan warna pada foto yang di edit. Pada aplikasi Lightroom terdapat 8 pengaturan warna yaitu Red, Orange, Yellow, Green, Aqua, Blue, Violet dan Pink.

Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange -5 15 50
Yellow -44 50 60
Green 20 10 0
Aqua 39 50 -80
Blue -19 49 -20
Violet 0 0 0
Pink 0 0 0

3. Temperatur Warna
Berikut rumus Lightroom yang digunakan untuk mengatur temperatur warna:

Temp -10
Tint -10
Vibrance 30
Saturation 20
4. Mengatur Efek Foto
Jika foto yang di edit masih memiliki kecerahan yang kurang, sebaiknya gunakan rumus efek yang bisa Anda salin dibawah ini.
Vignette -14
Titik tengah 20
Feather 80

Dengan menggunakan empat rumus di atas, maka Anda sudah bisa membuat foto menjadi terlihat cerah pada saat diambil dari dalam ruangan.

Tips Memasukkan Rumus Lightroom Dalam Ruangan

Ada beberapa hal yang harus Anda tahu pada saat memasukkan rumus Lightroom, jika ingin mendapatkan foto yang terlihat cerah dan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini sobat-tutorial berikan tips yang dapat Anda pelajari.
  1. Pada saat menggunakan rumus Lightroom, sebaiknya pilih foto yang memiliki kecerahan yang kurang. Misalnya objek foto yang ada dalam ruangan. Ini dilakukan agar Anda dapat melihat perubahan yang terjadi pada saat memakai preset tersebut.
  2. Jika Aplikasi Lgihtroom yang Anda pakai sudah jarang di perbarui. Sebaiknya lakukan update agar fitur kecerahan pada aplikasi dapat Anda dapatkan.
  3. Jika rumus di atas masih belum bisa membuat foto Anda menjadi cerah atau mengurangi tingkat kegelapan pada foto. Anda tidak usah khawatir karena Anda juga bisa menemukan preset di Lightroom. Dengan cara melakukan pengeditan foto sampai mendapatkan preset yang sesuai.
  4. Jika foto yang di edit memiliki kecerahan yang berlebihan, maka Anda hanya perlu memakai rumus pencahayaan dengan mengurangi tingkat kecerahan foto tersebut.

Manfaat Menggunakan Rumus Lightroom

Berikut ini manfaat pada saat memakai rumus atau preset Lightroom:
  1. Dengan menggunakan rumus Lightroom, Anda tidak perlu repot-repot mengedit keceharan foto karena cukup memasukkan angka preset, sudah bisa mengubah tingkat kecerahan dan kegelapan foto.
  2. Anda juga bisa mebuat foto yang buram menjadi cerah dengan memakai preset Lightroom yang tepat.
  3. Aplikasi Lightroom telah dibuat khusus untuk para pengguna Smartphone dalam hal mengedit foto. Jadi jika tidak memiliki laptop atau PC untuk edit foto, maka gunakan aplikasi Lightroom saja yang fitur dan menunya tidak kalah dari software editing foto lainnya.
  4. Rumus Lightroom hanya dapat dipakai di aplikasi ini saja, jadi aplikasi editing lainnya tidak dapat menggunakan preset Lightroom. Sehingga Anda yang mahir memilih preset dapat mengasah skill Anda di aplikasi ini.
Akhir Kata
Itulah pembahasan mengenai rumus Lightroom dalam ruangan gelap dan terang. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat membantu Anda untuk mengatur tingkat kecerahan pada foto yang sudah diambil dalam ruangan. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Rumus Lightroom Dalam Ruangan Gelap dan Terang"

close