Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Poster A3 di Canva dan Cara Membuatnya


 Poster A3 sering dibuat oleh banyak orang karena memiliki ukuran yang ideal dan cocok untuk segala jenis poster seperti poster pameran, kegiatan dan lainnya. Pada saat membuat poster, kita terlebih dahulu menentukan ukuran poster agar desain yang dibuat akan tampil dengan seimbang karena mengikuti ukuran yang telah ditentukan.

Pada aplikasi Canva, terkadang ada beberapa orang yang masih belum tahu  ukuran poster digital canva misalnya poster A3. Sehingga membuat mereka kesulitan membuat poster. Anda bisa memasukkan ukuran poster A3 di Canva dalam bentuk CM, MM dan Pixel, kemudian memulai membuat poster di Canva.


Canva saat ini telah menjadi aplikasi desain grafis yang cukup populer karena memiliki fitur yang lengkap seperti mampu memberikan template desain, menyediakan tool editing dan menyimpan file dengan berbagai format file yang ada, seperti PDF, PNG dan JPEG. Jadi jika ingin mengatur ukuran dan membuat poster, maka Canva dapat membantu Anda.

Ukuran Poster A3 di Canva

Nah berikut ini sobat-tutorial akan membahas mengenai ukuran poster A3 di Canva yang akan dibahas dengan detail seperti proses pembuatan poster A3 dan cara memasukkan ukuran poster. Jika penasaran, silakan simak pembahasan dibawah ini.

Ukuran Poster A3 di Canva (mm, cm, pixel)


Sebenarnya ukuran kertas A3 dapat Anda hitung dengan mudah asalkan Anda sudah hapal ukuran kertas A6. Karena jumlah ukurannya bisa Anda tahu dengan memakai perhitungan dibagi 2 dari ukuran A6.

Berikut ini ukuran poster A3 yang dapat diatur dalam bentuk MM, CM dan Pixel sehingga Anda dapat menyesuaiakan dengan kebutuhan pada saat memulai membuat poster A3 di Canva.

   
Ukuran   Satuan   
   
Panjang   
   
Lebar   
   
CM (Centimeter)   
   
29.7   
   
42.0   
   
MM (Milimeter)   
   
297   
   
420   
   
Pixel   
   
11.64   
   
16.54   

Ukuran kertas yang ada pada tabel di atas dapat Anda gunakan di Canva. Kertas A3 sering dijual di percetakan dan toko buku. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencari kertas A3 karena jenis kertas ini paling sering dijual dan bisa didapatkan dengan mudah.

Cara Memasukkan Ukuran Poster A3 di Canva

Setelah mengetahui ukuran poster A3. Selanjutnya memasukkan ukuran A3 ke dalam Canva agar bisa digunakan membuat poster. Berikut ini beberapa langkah dalam menginput ukuran poster A3 di Canva yang bisa Anda lihat dibawah ini:
  • Pertama buka aplikasi Canva atau Anda juga bisa mengunjungi situs Canva.com. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi Canva di HP Android.
  • Setelah masuk ke tampilan Canva. Pilih icon tambah dibagian bawah sebelah kanan (+).
Cara Memasukkan Ukuran Poster A3 di Canva
  • Lalu pilih menu Ukuran Khusus. Setelah itu, Anda akan disuruh untuk memasukkan ukuran kertas yang ingin digunakan.
  • Silakan masukkan ukuran poster, bisa dalam bentuk CM, MM dan Pixel. Sebagai contoh saya memasukkan ukuran 29.7 x 42.0 CM.
  • Selanjutnya pilih tombol Buat Desain Baru.
  • Selesai Anda sudah bisa memasukkan ukuran A3 pada Canva

Cara Membuat Poster Ukuran A3 di Canva


Setelah selesai memasukkan ukuran poster A3 di Canva. Maka tahap selanjutnya adalah belajar membuat poster A3 menggunakan aplikasi Canva. Untuk tutorialnya dapat Anda ikuti dibawah ini.

  • Setelah masuk ke tampilan editing yang menampilkan kertas kosong. Terdapat tombol tambah (+) dibagian kiri bawah, silakan Anda klik
  • Lalu pilih menu Template, pada kolom pencarian yang letaknya dibagian atas menu template, ketikan kata Poster agar desain template poster yang ada di Canva dapat ditampilkan
  • Silakan pilih template poster yang ingin Anda gunakan. Untuk menggunakannya klik poster tersebut dan secara otomatis akan muncul di tampialn editing
  • Selanjutnya lakukan pengeditan dengan cara klik area poster yang ingin dirubah, nantinya akan muncul jenis tool yang dapat dipakai untuk mendesain dan mengedit poster tersebut
  • Setelah selesai membuat poster dan ingin menyimpannya, pilih icon arah panah atas yang letaknya berada dibagian kanan atas.
  • Lalu pilih tombol Unduh dan tentukan jenis format file yang ingin dipakai seperti PNG, JPEG dan PDF.
Untuk dapat menambahkan ukuran poster A3 dan jenis ukuran lainnya di Canva, Anda terlebih dahulu masuk ke aplikasi Canva atau bisa mengunjungi situsnya, kemudian membuat projek baru yang nantinya terlebih dahulu menginput ukuran kertas yang ingin digunakan.

Yang harus Anda perhatikan dalam memasukkan ukuran kertas adalah mengetahui jenis ukuran kertas agar pada saat di input tidak salah dan tidak membuat layer projek menampilkan ukuran yang tidak diinginkan. Selain membuat poster, Anda juga bisa membuat spanduk di Canva yang proses pembuatannya cukup mudah dipahami.

Akhir Kata
Itulah pembahasan mengenai ukuran poster A3 di Canva yang dapat Anda pelajari sehingga mengetahui ukuran poster jenis A3 di Canva. Semoga tutorial yang saya berikan dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain dapat mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Artikel Canva Lainnya:

Post a Comment for "Ukuran Poster A3 di Canva dan Cara Membuatnya"

close