Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Panjang Vivo Semua Tipe


 Melakukan screenshot panjang di HP Vivo terkadang masih belum diketahui oleh para pengguna smartphone ini. Biasanya kita hanya melakukan screenshot layar HP dengan cara menekan tombol volume kecil + tombol power yang hanya menampilkan layar biasa saja atau tidak panjang. Sehingga membuat objek lainnya yang ada dibagian atas dan bawah tidak sepenuhnya diambil.

Vivo sendiri saat ini telah menjadi salah satu merk smartphone yang paling populer karena harganya yang murah dan menyediakan fitur yang cukup lengkap dan canggih, salah satu fitur yang dapat Anda temukan yaitu screenshot panjang sehingga membuat masyarakat tidak segan-segan membeli HP ini. Saya sendiri sudah menjadi pengguna Vivo sejak tahun 2019 dan sangat nyaman menggunakan smartphone tersebut.


Nah pada artikel ini saya telah membuat tutorial mengenai cara screenshot panjang Vivo untuk semua tipe seperti Vivo Y12, Vivo Y91C, Vivo Y91, Vivo Y12s, Vivo Y20 dan lain sebagainya. Jika ada tipe HP Vivo yang belum saya sebutkan, Anda tidak perlu khawatir karena semua tipe bisa di screenshot panjang dengan memakai cara yang akan saya berikan.

Cara Screenshot Panjang Vivo Semua Tipe

Maka dari itu silakan simak pembahasan yang saya berikan agar Anda dapat mempelajari tutorial mengenai screensot panjang di HP Vivo yang tentunya sudah saya uji coba dan berhasil. Untuk lebih jelasnya berikut tutorialnya.

Cara Screenshot Panjang Vivo

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat Anda pelajari. Untuk tutorial yang saya berikan terdiri dari 3 cara sehingga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai screensot yang dapat mengambil layar yang lebih luas atau panjang. Adapun ketiga cara tersebut yaitu menggunakan usapan jari, menggunakan S-Capture dan memakai aplikasi tambahan.


1. Menggunakan Usapan Jari Atau Swipe 3 Jari

Pada saat menangkap layar Vivo, biasanya akan muncul petunjuk untuk melakukan screensot Swipe 3 jari yang dapat mengambil layar HP dengan cepat. Jika petunjuk tersebut belum pernah muncul, maka Anda dapat mengikuti tutorialnya dibawah ini.

  • Langkah pertama, cari objek pada layer Vivo yang ingin Anda screenshot
  • Kemudian usapkan 3 jari Anda ke arah bawah dan tunggu sampai beberapa detik.
  • Untuk jari yang digunakan yaitu jari tengah, telunjuk dan jari manis atau gunakan saja jari yang nyaman Anda pakai
  • Tunggu sampai tampil pemberitahuan yang terletak di bagian kiri bawah layar HP dan klik tombol Tangkap Layar Panjang
  • Setelah itu maka secara otomatis layar yang sudah di screnshoot sudah tersimpan di folder tangkapan layar

Perlu Anda tahu jika pada saat mengusapkan 3 jari ke arah bawah dan tidak berhasil, maka solusinya yaitu cobalah usapkan 3 jari ke arah atas. Biasanya ini terjadi karena pengaturan default di HP Vivo yang Anda pakai.

2. Menggunakan Fitur S-Capture

Cara kedua yaitu memakai fitur yang ada di HP Vivo yang bernama S-Capture. Dengan adanya fitur ini maka Anda dapat melakukan tangkapan layar panjang dengan cepat dan mudah. Untuk menggunakan fitur S-Capture, silakan pakai menu bar dan usap dengan 2 jari mulai dari arah atas dan ke bawah. Tunggu beberapa saat dan pilih S-Capture dan mulailah menangkap layer HP Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi Screenshot Panjang Vivo

Cara yang ketiga atau terakhir adalah memakai aplikasi tambahan. Jika HP Vivo yang Anda gunakan tidak support fitur S-Capture maka solusinya yaitu memakai aplikasi tambahan. Adapun aplikasi yang bisa saya rekomendasikan yaitu aplikasi Long Shot, Aplikasi tangkapan layar HP dan aplikasi Long Screenshot. Ketiga aplikasi tersebut dapat Anda unduh di Google Play Store.

Tips Melakukan Screenshot Panjang di HP Vivo

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda pelajari pada saat ingin menangkap layar panjang di Smartphone Vivo:

  • Sebelum melakukan screenshot panjang sebaiknya tentukan terlebih dahulu area yang ingin Anda screenshot. Misalnya file, gambar dan objek lainnya.
  • Jika fitur screenshot panjang tidak berhasil, silakan lakukan restart atau hidupkan ulang HP. Ini dilakukan supaya perintah program yang belum diproses dapat dibaca oleh perangkat smartphone Anda.
  • Jika ingin menggunakan aplikasi tambahan karena fitur tangkapan layar panjang tidak berfungsi. Sebaiknya gunakan aplikasi terpercaya dan sudah terbukti. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca komentar dari pengguna aplikasi lainnya supaya dapat mengetahui aplikasi ini nyaman dan aman dipakai.
  • Pada saat mengambil screenshot panjang dengan cara mengusap layar, usahakan jari Anda tidak basah agar layar HP dapat membaca polah atau arah jari yang sedang digerakkan.

Manfaat Menggunakan Screenshot Panjang di HP Vivo

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan tangkapan layar panjang adalah dapat menangkap tampilan layar HP yang lebih luas. Seperti mampu screenshot layar HP yang berisikan banyak pesan Whatsapp. Berbeda dengan screenshot biasa yang hanya mengambil layar HP sesuai dengan ukuran layar HP tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara screenshot panjang Vivo yang bisa Anda terapkan di semua tipe HP Vivo. Semoga tutorial ini dapat berguna bagi Anda dalam menangkap layar HP yang sulit diambil. Jika Artikel ini bermanfaat maka jangan lupa bagikan ke teman Anda yang menggunakan HP Vivo agar mereka bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Screenshot Panjang Vivo Semua Tipe"

close