Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop


 Pada saat ingin membuka aplikasi yang ada pada laptop maupun PC, kita sering membukanya lewat layar dekstop. Namun ada sebagian pengguna laptop yang kesulitan membuka aplikasi di layar, dikarenakan ikon pada aplikasi terhapus atau hilang. Sehingga kita harus menampilkan kembali aplikasi di layar laptop yang Anda gunakan.

Cara menampilkan aplikasi di layar laptop dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda hanya perlu memilih jenis aplikasi yang ingin ditampilkan kembali ke layar laptop. Selain itu, Anda bisa menampilkan dan membuka aplikasi di layar laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Windows 11 dan sistem operasi lainnya jugia bisa.


Tentu akan merepotkan jika layar laptop Anda tidak menampilkan aplikasi yang sering digunakan untuk bekerja. Nah pada tutorial kali ini sobat-tutorial membahas mengenai bagaimana cara menampilkan ikon aplikasi atau ikon shortcut di layar laptop dan PC, sehingga Anda tidak usah khawatir lagi jika aplikasi tidak tampil di dekstop laptop.

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop

Awalnya saya juga belum paham caranya, namun berkat teman saya di kampus. Saya sudah mengerti cara menampilkan kembali ikon aplikasi yang hilang atau belum ditampilkan. Nah, mengenai tutorialnya dapat Anda lihat dibawah ini.

Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop


Pada tutorial ini akan saya berikan dua cara dalam menampilkan ikon aplikasi. Cara pertama melalui Start Menu dan cara kedua melalui File Explorer. Sebelum mengikuti tutorialnya, silahkan Anda siapkan laptop yang ingin diatur agar aplikasi bisa tampil di layar.

Cara pertama melalui Start menu

Berikut langkah-langkah dalam menampilkan aplikasi pada layar laptop:

  • Pertama klik Start menu, nantinya Anda akan melihat aplikasi atau program yang sudah diinstal. Seperti pada contoh gambar dibawah ini terdapat banyak pilihan aplikasi yang ada pada Start Menu.
Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop
  • Kemudian jika ada aplikasi yang ingin ditampilkan di layar laptop, Anda hanya perlu klik dan tahan aplikasi tersebut lalu drag atau tarik ke arah layar dekstop Anda.
  • Anda dapat menarik ikon aplikasi dengan menekan ikon tersebut dan drag ke arah layar laptop.
  • Selesai

Namun perlu Anda tahu bahwa pada tampilan Start Menu hanya menampilkan sebagian aplikasi saja sehingga ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dimasukkan ke layar laptop. Jadi jika ingin menemukan semua aplikasi agar bisa menampilkannya ke dekstop. Maka Anda dapat melakukannya melalui File Explorer.


Cara kedua melalui File Explorer 

Berbeda dengan cara pertama melalui Start Menu. Cara kedua melalui File Explorer yang dapat menampilkan banyak ikon aplikasi sehingga bisa dipilih mana aplikasi yang nantinya ditampilkan di layar dekstop laptop Anda. Untuk tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut.

  • Silahkan buka File Explorer dengan menekan ikon taskbarnya atau bisa menekan tombol shortcut logo Windows + E yang ada pada keyboard
  • Lalu buka Partisi C > Program File untuk mencari ikon aplikasi yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh disini saya ingin menampilkan aplikasi Browser Firefox.
Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop
  • Jika sudah menemukan aplikasinya, silahkan klik kanan lalu pilih Create Shortcut.
  • Maka nantinya Anda akan melihat aplikasi tersebut sudah ada di layar laptop.
  • Selesai

Dengan mengikuti cara pertama dan kedua, maka Anda sudah mengetahui bagaimana menampilkan aplikasi di layar utama laptop, sehingga bisa memudahkan Anda bekerja.

Baca juga:

Tips Dalam Menampilkan Ikon Aplikasi di Layar Laptop

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pelajari pada saat ingin memunculkan ikon aplikasi di layar laptop:

  1. Untuk mencari ikon aplikasi di File Explorer, pastikan bahwa file tersebut berformat application agar bisa dibuka pada saat ingin digunakan, karena terkadang ada juga ikon aplikasi dalam bentuk format gambar. Jadi Anda harus hati-hati dalam memilih ikon.
  2. Selain menampilkan aplikasi ke layar Dekstop, Anda juga dapat memunculkannya di Taksbar dengan cara klik kana aplikasi lalu pilih Pin  to Taksbar.
  3. Penyebab aplikasi yang di download di laptop tidak muncul itu karena laptop yang Anda pakai tidak mengetahui letak aplikasi tersebut sehingga Anda harus menampilkannya secara manual seperti pada tutorial di atas.
  4. Untuk mencari nama aplikasi dalam windows 10 caranya yaitu klik ikon pencarian yang ada di Taksbar samping ikon Windows, lalu Anda ketikkan nama file aplikasi yang ingin Anda temukan. Begitupun dengan pengguna Windows 8 dan 11, Anda dapat masuk ke pencarian untuk menemukan aplikasi yang sudah diinstal.

Akhir Kata

Itulah tutorial yang membahas mengenai cara menampilkan aplikasi di layar laptop. Semoga dengan mengikuti tutorial ini dapat membantu Anda untuk menemukan dan memunculkan ikon aplikasi. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Aplikasi di Layar Laptop"

close