Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop


 Pada saat kita sudah tidak ingin menggunakan wifi di laptop. Entah itu wifi dari teman maupun orang lain biasanya kita melakukan forget atau melupakan jaringan wifi. Namun ada beberapa orang yang masih belum tahu bagaimana cara melupakan jaringan wifi di laptop sehingga hanya memutuskan jaringan yang sudah dipakai.

Selain itu. Kita juga ingin melupakan jaringan wifi karena sulit terhubung dengan laptop atau pemilik wifi tersebut sudah mengganti passwordnya sehingga harus di forget terlebih dahulu agar password wifi bisa dimasukkan lagi. Namun Anda tidak usah khawatir lagi karena saya sudah membuatkan tutorialnya didalam artikel ini.


Bagi Anda pengguna windows 7, windows 8, windows 10 dan windows 11 bisa mengikuti langkah-langkah yang saya berikan agar bisa melupakan jaringan wifi yang ingin dipakai. Anda dapat melakukannya di laptop Acer, HP, Asus dan lainnya.

Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop

Dengan melakukan forget wifi maka Anda dapat mengganti sandi dan menghubungkan kembali jaringan wifi untuk dipakai. Selain itu, manfaat forget wifi yaitu supaya jaringan yang sulit terknoneksi dapat terhubung dengan baik. Untuk cara yang saya berikan sudah saya coba dan berhasil.

Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop

Sebelum mengikuti tutorial yang saya berikan, sebaiknya nyalakan laptop yang dipakai. Anda bisa menggunakan laptop jenis apapun asalkan memakai sistem operasi windows. Jika sudah, maka Anda sudah bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu masuk ke menu Setting dengan cara memilih icon Windows di bagian pojok bawah sebelah kiri, lalu klik icon Setting.
Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop
  • Setelah masuk ke tampilan Windows Settings, pilik menu Network & Internet agar bisa masuk ke pengaturan Wifi.
Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop

  • Selanjutnya pilih menu Wi-fi dibagian kiri. Jika sudah, silakan klik pilihan “Manage known network”. Dengan memilih menu tersebut maka Anda akan menampilkan semua jaringan yang pernah digunakan dan sudah tersimpan di laptop.
Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop

  • Lalu pilih salah satu jaringan wifi yang ingin dilupakan atau dihapus.
  • Kemudian pilih menu Forget untuk melupakan jaringan wifi yang sulit terkoneksi atau sudah tidak ingin dipakai lagi. Dengan memilih pilihan Forget maka jaringan wifi yang tersimpan di dalam history sudah bisa terhapus.
  • Selesai Anda sudah berhasil melupakan jaringan wifi yang ada di laptop

Langkah di atas juga bisa dipakai jika jaringan wifi yang digunakan mengalami Not Internet Acces yang artinya jaringan tidak dapat di akses. Biasanya terjadi akibat jaringan yang tidak stabil dan sandi wifi yang sudah diubah oleh pemiliknya.

Cara Melupakan Jaringan di Windows 7


Jika menggunakan windows 7 maupun versi lainnya. Anda juga dapat memakai CMD (Command Prompt) untuk melakukan forget wifi. CMD sendiri merupakan program yang ada di sistem operasi Windows yang dapat dipakai untuk memberikan berbagai macam perintah seperti melakukan forget wifi dan lainnya.

  • Langkah pertama, pilih icon Windows lalu ketikkan CMD pada kolom pencarian. Lalu klik kanan program CMD dan pilih Runs As Administrator, tunggu beberapa saat sampai masuk ke tampilan Command Prompt.
  • Selanjutnya ketikkan perintah netsh wlan show profiles lalu tekan enter. Nantinya Anda akan melihat daftar jaringan wifi yang pernah dipakai
  • Untuk melakukan forget wifi gunakan perintah netsh wlan delete profile name=” nama_wifi”.
  • Langkah terakhir, tekan Enter maka jaringan wifi sudah berhasil di hapus dan password yang pernah tersimpan juga berhasil dihapus dan bisa dihubungkan kembali menggunakan password baru.
  • Cara ini bisa Anda coba jika cara yang pertama tidak Anda pahami. Dengan mengikuti kedua tutorial di atas maka Anda dapat melupakan atau forget jaringan wifi dengan mudah.

Tips Melupakan Jaringan Wifi di Laptop dan PC

Adapun tips yang bisa saya berikan kepada Anda jika pada saat ingin melupakan jaringan wifi sebagai berikut:

  • Jika proses forget wifi tidak berhasil, sebaiknya silakan restart laptop Anda agar perintah yang sudah diberikan pada sistem operasi dapat di respon.
  • Untuk menyimpan kembali jaringan wifi yang sudah dilupakan, caranya adalah menghubungkan kembali jaringan agar bisa tersimpan di history wifi Anda.
  • Jika wifi di laptop tidak mau terhubung, silakan update driver wifi Anda agar fitur terbaru bisa mengganti kerusakan pada driver yang sudah lama.
  • Untuk mengubungkan jaringan wifi tanpa perlu memasukkan sandi terus menerus, silakan centang pilihan Connect Automatically yang ada di pilihan jaringan wifi.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara melupakan jaringan wifi di laptop. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam melupakan semua jenis jaringan wifi yang sudah tidak dipakai di laptop. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Melupakan Jaringan Wifi di Laptop"

close