Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Instagram


 Pada saat ingin membuat cerita di Instagram, kita terlebih dahulu mengetikkan teks yang akan dibaca oleh pengguna lainnya. Nah, Anda bisa membuat tulisan yang diketik menjadi bergerak sehingga menambah daya tarik dari cerita yang akan di posting. Jika ingin mempelajarinya maka sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai.

Membuat tulisan bergerak di Instagram dapat dilakukan karena aplikasi ini sudah dilengkapi fitur Animated Text yang memungkinkan teks bergerak dengan memilih jenis animasi yang sudah disediakan. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis font agar mempercantik tulisan yang diketik.


Untuk menggunakan fitur Animated Text, Anda harus memperbarui Instagram yang digunakan melalui Play Store untuk Pengguna Android. Sedangkan untuk iOS melalui App Store. Perlu Anda tahu membuat tulisan bergerak dilakukan pada menu Story Instagram, jadi hanya bisa dilakukan pada saat mau memposting cerita.

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Instagram

Pada Februari 2021, pihak Instagram sudah memberitahukannya melalui Twitter dengan pernyataan “Now you can make your story text move. Just tap the animation button when creating your story” sehingga pengguna semakin yakin fitur ini benar adanya.

Cara Membuat Tulisan Bergerak di Instagram

Untuk membuat tulisan bergerak di story Instagram, Anda harus login ke akun IG yang dimiliki. Mengenai perangkat Smartphone yang digunakan bisa Android dan iPhone jadi sesuaikan saja dengan HP yang dipakai.

Berikut langkah-langkah dalam membuat tulisan bergerak di Instagram:

  • Pertama buka aplikasi Instagram dengan login ke akun IG.
  • Setelah itu pada bagian halaman beranda, tap ikon cerita yang ada di bagian kiri atas untuk memulai membuat cerita yang mau di post.
  • Silahkan pilih simbol huruf A untuk mengetikkan teks. Buat tulisan sesuai dengan kemauan yang nantinya diberikan animasi sehingga bisa bergerak.
  • Jika sudah, seleksi kembali teks yang diketik. Lalu pilih ikon Animated Text seperti yang sudah saya berikan tanda pada gambar dibawah ini. Sehingga nanti tulisan dapat bergerak sesuai dengan jenis font yang pilih.
Cara Membuat Tulisan Bergerak di Instagram
  • Jika ingin mengubah animasi pada tulisan, caranya lakukan saja pergantian font karena animasi pada teks dapat berubah sesuai dengan font yang digunakan.
  • Untuk mengubah warna tulisan, pilih ikon color.
  • Tekan tombol Centang untuk menyimpan perubahan.
  • Silahkan di upload dan lihatlah hasilnya.
  • Selesai.

Selain tulisan bergerak, Anda juga bisa membuat tulisan menjadi miring pada Caption dan Bio Instagram sehingga postingan yang dibuat terlihat semakin menarik.

Baca juga:

Membuat Tulisan Bergerak Seperti Diketik di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram yang sudah di update.
  • Masuk di menu Cerita yang memiliki ikon gambar profil Anda.
  • Setelah itu, pilih foto atau video yang mau diberikan tulisan bergerak.
  • Lalu pada tampilan cerita, tap ikon Aa yang posisinya dibagian atas layar HP.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih jenis animasi pada teks. Perlu Anda tahu bahwa hanya ada satu jenis font yang menampilkan tulisan bergerak atau berjalan seperti diketik. Font tersebut berada di posisi ke empat dari arah sebelah kiri.
  • Untuk membuat tulisan semakin menarik. Silahkan rubah warna latar belakang cerita dengan menekat tombol kotak.
  • Selesai.

Mengatasi Fitur Tulisan Bergerak di Instagram Tidak Muncul

Jika pada saat ingin membuat tulisan bergerak di IG, namun fitur tersebut masih belum ditampilkan, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti penjelasan dibawah ini.

  1. Memeriksa update aplikasi Instagram, jika menggunakan HP Android maka sebaiknya periksa pembaruan IG di Play Store, sedangkan untuk pengguna iPhone melalui App Store.
  2. Menghapus Recent aplikasi, jika masih belum berhasil sebaiknya hapus Recent aplikasi, kemudian tutup aplikasi IG dan lakukan restart Smartphone supaya program yang sudah di update dapat menampilkan pembaruan ke dalam aplikasi tersebut.
  3. Lakukan install ulang aplikasi agar fitur yang tidak ditampilkan dapat diatasi.
  4. Keluar dari akun Instagram, lalu masuk kembali supaya dapat merestart perintah yang belum ditampilkan.
  5. Lakukan penghapusan Cache pada aplikasi karena Cache yang belum pernah dihapus dapat membuat pembaruan pada aplikasi terganggu. Untuk menghapusnya masuk di pengaturan ponsel, lalu pilih menu aplikasi dan pilih Clear Chace.

Akhir Kata

Membuat tulisan menjadi terlihat bergerak tentu akan menambah daya tarik cerita yang dibuat di Instagram. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan berikan komentar. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Tulisan Bergerak di Instagram"

close