Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Margin di Excel Agar Tidak Terpotong


 Mengatur margin di Excel merupakan salah satu cara mengatasi file yang terpotong, pada saat kita mencetak laporan yang dibuat terkadang halaman yang mestinya menyatu malah terpangkas sehingga membuat hasil cetakan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tentu akan merepotkan jika menemukan masalah seperti ini.


Microsoft Excel telah menjadi aplikasi pengolah data yang sering digunakan oleh masyarakat dikarenakan fitur yang dimiliki oleh Software ini sangat lengkap salah satunya adalah fitur Margin yang berfungsi mengatur jarak teks dan eleman lainnya pada halaman. Adapun Margin dibagi menjadi empat jarak yaitu kiri, kanan, bawah dan atas sehingga halaman kerja yang dipakai dapat menampilkan isi paragraf yang rapi.


Pada saat kita ingin membuat laporan di Excel, kita terlebih dahulu memilih jenis kertas dan Margin yang nanti dipakai. Namun hanya sedikit dari kita yang paham mengatur Margin agar file tidak terpotong. Nah inilah yang akan kita bahas supaya semua pengguna Excel dapat mempelajarinya.

Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial memberikan tutorial bagaimana mengatur Margin di Excel supaya laporan yang dibuat tidak dapat terpotong. Jika ingin mempelajarinya maka simak baik-baik langkah-langkah yang dijelaskan agar bisa dimengerti.

Cara Mengatur Margin di Excel Agar Tidak Terpotong


Sebelum mengikuti tutorialnya sebaiknya atur ukuran kertas yang mau dipakai mencetak misalnya kertas A4, Legal dan Letter melalui menu Page Layout > Size. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Jika sudah maka silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Langkah pertama buka Microsoft Excel di Laptop atau PC Anda.
  • Lalu cari dan buka file Excel yang mau Anda atur Marginya.
  • Setelah itu pilih menu Page Layout > Margin. Disini pilih jenis Normal.
  • Untuk melihat hasilnya pilih menu View > Page Layout.
  • Jika file Anda masih ada yang terpotong maka kita bisa mengaturnya dengan memilih menu File > Print.
  • Selanjutnya klik opsi Page Setup seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Mengatur Margin di Excel Agar Tidak Terpotong
  • Nanti muncul jendela Page Setup dan pilih menu Page. Pada bagian Scaling kolom Adjust To, kecilkan sizenya di bawah 100 misalnya 60. Ini dilakukan supaya tabel dan teks lainnya tidak terpotong.
  • Jika sudah maka tahap berikutnya memilih menu Margins, berikan centang pada kotak Horizontal dan Vertical.
  • Klik tombol OK untuk melihat hasilnya.

Anda juga bisa mengubah Orientasi kertas menjadi Landscape agar halaman kertas menjadi lebih luas sehingga tabel tidak dapat terpotong. Jika dirasa aplikasi Excel yang dipakai terasa lambat maka sebaiknya baca artikel ini Cara Mengatasi Excel Lemot.

Baca juga: Cara Print Excel Agar Garis Tidak Hilang

Tips Dalam Mencetak File Excel

Rasanya tidak lengkap jika tidak memberikan Anda tips dalam mencetak dokumen Microsoft Excel, berikut beberapa tips yang bisa dipelajari.

  1. Jika margin yang dipakai masih memotong halaman maka sebaiknya lakukan Custom Margins sesuai kebutuhan.
  2. Manfaatkan fitur Page Setup dalam menata halaman Excel yang mau di print.
  3. Jangan lupa pilih ukuran kertas sebelum memulai mencetak.
  4. Anda bisa melihat contoh halaman yang dicetak pada pilihan menu View > Page Setup.
  5. Gunakan Orientasi Landscape jika tabel yang dibuat sangat panjang. Untuk print Excel jenis Landscape agar tidak terpotong bisa memanfaatkan fitur Page Setup dengan mengatur ukuran objek pada kolom Adjust To.
  6. Untuk print Excel per Page bisa Anda lakukan dengan membuat beberapa Sheet dan mencetaknya sesuai jumlah Sheet yang Anda buat.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengatur margin di Excel agar tidak terpotong. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya teman-teman lainnya dapat mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatur Margin di Excel Agar Tidak Terpotong"