Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjual Desain Canva Yang Sudah Dibuat


 Bagi Anda yang sering membuat desain di Canva ada baiknya jika mempromosikan sekaligus menjual desain yang Anda buat. Saat ini ada banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan berbagai macam desain seperti brosur, pamflet, poster dan lainnya, Anda bisa mengambil peluang ini sebagai bisnis yang cukup menguntungkan.


Cara menjual desain Canva dapat dilakukan dengan mudah karena saat ini ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk menjual berbagai macam karya desain grafis, dengan begitu kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari desain yang mau dijual. Jika Anda seorang pemula dan belum mengerti bagaimana caranya maka sebaiknya simak artikel yang sedang Anda baca ini.

Canva merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk membuat karya desain grafis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, lebih bagusnya lagi Canva menyediakan versi gratis yang bisa dipakai bagi orang yang belum bisa membeli versi premium. Mengenai kapasitas penyimpanan Canva yang Free sebesar 5 GB sedangkan untuk premium alias berbayar mencapai 100 GB.


Apakah bisa menjual desain Canva? Anda dapat menjual desain yang dibuat dalam bentuk template agar dapat digunakan orang lain. Untuk menjualnya cukup mudah Anda hanya perlu mengunjungi situs yang menjual desain dan bisa juga menghubungi perusahaan yang membutuhkan template yang sudah dibuat.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial memaparkan bagaimana cara menjual desain di aplikasi Canva, jadi bagi pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan di Canva maka sebaiknya simak penjelasan yang diberikan agar Anda bisa mengerti proses penjualannya.

Cara Menjual Desain di Canva

Untuk memulai menjual desain, terlebih dahulu kita harus memiliki akun Canva. Untuk caranya Anda dapat mengunduh aplikasi Canva di Play Store kemudian masuk menggunakan akun Facebook atau akun Google yang Anda miliki.


Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa menggunakan situs Canva yang bisa diakses melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla dan sejenisnya. Jika sudah masuk ke Canva, silahkan tentukan terlebih dahulu ukuran canvas yang mau digunakan misalnya ukuran desain untuk poster tegak yaitu 42 x 59.4 cm.

Baca juga: Ukuran Spanduk A3 di Canva

Menggunakan Fiverr Untuk Menjual Desain Canva

Fiverr adalah pasar online yang bisa digunakan untuk para desain grafis yang berniat menjual karya yang mereka buat. Fiverr berdiri tahun 2010 dan mulai banyak dikenal sampai sekarang, jadi ada banyak Freelance atau pekerja lepas yang menjual desain mereka di situs ini.

Untuk memulai menjual desain sebaiknya buat akun Fiverr dan mulai memposting desain yang dibuat di Canva agar pengunjung yang ada di Fiverr dapat langsung melihat karya desain yang mau dijual. Mengenai penghasilan yang didapat akan ditentukan dari harga jual yang Anda berikan pada desain yang dimiliki.

Rekomendasi Situs Jual Desain Canva

Selain melalui situs Fiverr, terdapat juga beberapa situs lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan desain Canva yang dibuat agar bisa mendapatkan penghasilan. Berikut ini 5 situs yang bisa dipakai untuk menjual desain Canva.

1. Situs Sribulancer

Sribulancer adalah situs Freelance yang bisa dipakai untuk mempromosikan produk yang ditawarkan misalnya desain Canva, pembuatan website, fotografis dan masih banyak lagi. Untuk memulai menjual desain caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat akun Sribulancer kemudian membuka jasa jual desain grafis yang nanti klien yang tertarik akan menghubungi Anda.

2. Situs Dribbble

Pada situs Dribbble kita bisa memposting portofolio desain yang dibuat di Canva sehingga banyak orang yang melihat karya yang Anda buat. Dengan begitu jika ada orang yang menyukai desain Anda maka nanti mereka akan tertarik untuk membelinya. Apalagi jika Anda sudah dijadikan sebagai desainer Dribbble, maka bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di situs yang cukup besar ini.

Pada situs ini kita bisa menerima penawaran kerjasama jadi tidak hanya untuk menjual melainkan juga bisa menjalin kerjasama sehingga meningkatkan keuntungan yang didapat. Jika Anda tertarik maka sebaiknya buat akun Dribbble dan mulai memposting portofolio yang dibuat.

Baca juga: Template Portofolio Desain Grafis Format CDR

3. Situs Upwork

Sedikit berbeda dengan situs yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa menjual desain di Upwork kita harus mengikuti proses verifikasi yang lumayan ketat. Dikarenakan kita diharuskan mengunggah foto wajah asli, memasukkan riwayat pendidikan dan pekerjaan. Namun jika sudah memiliki CV yang cukup menarik maka tidak ada salahnya jika mencoba.

4. Situs 99designs

99design merupakan situs Freelance, jadi bagi Anda yang ingin menjual desain Canva maka ada baiknya jika fokus menawarkan jasa desain grafis dengan menunjukkan karya yang pernah Anda buat di Canva sehingga klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Selain itu, situs ini juga sering membuka sayembara, Anda dapat mengambil peluang ini sebagai usaha sampingan dalam mendapatkan uang.

Baca juga: Cara Mengganti Warna Elemen di Canva

5. Situs Pinterest

Pinterest merupakan situs yang dapat mengunggah gambar maupun foto, dengan begitu Anda bisa menjual karya desain dengan mengunggahnya agar dilihat oleh pengunjung Pinterest. Lebih bagusnya lagi orang yang berkunjung berasal dari banyak negara sehingga bisa mendapatkan klien yang cukup banyak.

Akhir Kata

Ada banyak cara untuk menjual desain Canva, Anda hanya perlu mahir mempromosikan desain supaya dilihat banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini agar bisa dibaca pengguna Canva lainnya. Sekian dan terima kasih. 

Post a Comment for "Cara Menjual Desain Canva Yang Sudah Dibuat"