Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merapikan Tabel di Word Agar Tidak Terpotong


 Membuat tabel di Word sering dilakukan oleh orang yang bekerja di Kantor maupun anak-anak sekolah dan mahasiswa yang sedang mengerjakan laporan. Pada saat kita sudah selesai menyelesaikan tabel terkadang ada bagian kolom atau baris yang terpotong sehingga harus dirapikan sebelum memulai mencetaknya.


Cara merapikan tabel di Microsoft Word sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan karena aplikasi Office yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap dalam menampilkan tabel dengan rapi. Word ialah aplikasi pengolah kata yang cukup populer di kalangan masyarakat termasuk saya sendiri juga sering menggunakannya untuk kebutuhan bekerja.

Maka tidak heran jika banyak orang ingin mengetahui bagaimana merapikan sebuah tabel yang sudah dibuat di Word. Dikarenakan juga hampir sebagian laporan yang dibuat tidak lepas dari pembuatan tabel. Untuk membuatnya juga diharuskan tidak terpotong agar tulisan yang ada didalam tabel tidak terpisah.


Pada pembahasan kali ini sobat-tutorial.com membuat artikel mengenai cara merapikan tabel di Word supaya tidak terpotong. Jika sedang mencari tutorialnya maka sebaiknya simak langkah-langkah yang diberikan. Untuk caranya juga cukup mudah dimengerti karena dilengkapi gambar tutorial yang bisa dilihat.

Cara Merapikan Tabel di Word Agar Tidak Terpotong


Perlu Anda tahu fitur yang bisa digunakan pada saat merapikan tabel sudah tersedia di versi Microsoft Word 2010, 2013, 2016 dan 2019. Jadi tidak usah khawatir jika menggunakan Office yang berbeda. Adapun tutorial yang mau dipelajari dapat Anda lihat sebagai berikut.

  • Pertama buka file Word yang ingin Anda rapikan tabelnya.
  • Setelah masuk di halaman kerja, seleksi semua tabel dengan melakukan klik pada ikon arah panah di pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih menu Layout dibagian atas.
  • Lalu klik opsi AuotoFit yang ada pada grup Merge.
Cara Merapikan Tabel di Word Agar Tidak Terpotong
  • Nanti Anda bisa melihat 3 opsi AutoFit Content, AutoFit Window dan Fixed Column Width. Jika memilih opsi AutoFit Content maka tabel yang ada nanti menyesuaikan dengan lebar kolom dan isi teks yang ada di dalam. Opsi AutoFit Window memiliki fungsi untuk merapikan lebar kolom sesuai dengan lebar kertas. Sedangkan Fixed Column Width bisa membuat lebar baris dan kolom tidak berubah pada saat mengatur lebar kertas.
  • Silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda dalam merapikan tabel di Word, sebagai contoh disini saya memilih AutoFit Window.
  • Jika sudah memilih jenis AutoFit, Anda sudah bisa melihat perubahannya pada tabel.
  • Selesai.

Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda sudah bisa merapikan tabel di Word secara otomatis. Jika dirasa kolom dan baris pada tabel masih belum rapi maka sebaiknya baca artikel ini mengatur lebar kolom dan tinggi baris di Word.

Jika ada kolom yang mau dihapus maka caranya seleksi kolom pada tabel lalu pilih Menu Layout > Delete > Delete Columns. Sedangkan untuk menghapus baris yang tidak dipakai pilih opsi Delete Rows.

Baca juga: Cara Agar File Word Tidak Berantakan di Laptop Lain

Merapikan Tulisan Yang Ada Pada Tabel di Word

Untuk merapikan tulisan di dalam tabel, caranya cukup mudah Anda hanya perlu menyeleksi semua tulisan kemudian memilih menu Layout > Alignment. Selanjutnya memilih format paragraph yang ada misalnya Align Center, Align Center Left dan lainnya. Terakhir atur jarak spasi dengan memilih Line Spacing 1,0. Lihat hasilnya maka tulisan yang ada sudah menjadi rapi.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara merapikan tabel di Word agar tidak terpotong. Semoga penjelasan yang diberikan dapat dimengerti. Jika ada yang masih belum dipahami maka sebaiknya tinggalkan komentar supaya bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Merapikan Tabel di Word Agar Tidak Terpotong"