Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Menu Explore Pada Google Docs


 Siapa yang tidak kenal dengan Google Docs yang merupakan aplikasi pengolah kata yang bisa didapatkan dengan gratis bagi pengguna Google. Sama halnya dengan Microsoft Word yang memiliki fitur untuk memudahkan kita mengerjakan tugas, Google Docs hadir dengan menyediakan menu dan fitur yang bisa diakses dengan mudah.


Salah satunya fitur menu Explore pada Google Docs. Jika Anda ingin menggunakan fitur ini namun masih belum tahu bagaimana memakainya, maka sobat-tutorial.com akan membahasnya ke dalam artikel ini. Jadi luangkan waktu sejenak untuk mempelajarinya agar bisa menggunakan fitur ini dengan baik.

Fitur Menu Explore Pada Google Docs

Meskipun Google Docs sudah lama ada namun masih ada beberapa orang yang belum tahu aplikasi ini ternyata bisa digunakan dalam mengetik dokumen. Namun berbeda dengan Anda yang sedang membaca artikel ini pasti sudah pernah menggunakan Google Docs.


Nah pada artikel ini membahas mengenai menu yang cukup penting di Google Docs yaitu Explore yang merupakan fitur terbaru yang bisa dipakai dalam mempermudah pekerjaan kita dalam mengetik. Penasaran dengan fungsinya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Menu Explore Pada Google Docs


Jika Anda seorang mahasiwa yang sedang mengerjakan proposal maupun skripsi. Maka menu Explore dapat dipakai karena memiliki fungsi mempermudah Anda dalam memaparkan data yang sedang di analisis.

Selain itu kita juga bisa menggunakan menu Explore dalam mengerjakan soal yang membahas mengenai analisis data. Pada saat memasukkan data ke Google Sheets nanti secara otomatis menampilkan bagan pada menu Explore.


Untuk caranya sangat mudah dilakukan yaitu arahkan kursor laptop ke bagian pojok bawah yang ada tulisan Explore. Silahkan di klik maka nanti akan menampilkan bentuk bagan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Perlu Anda tahu nanti bagan yang dipilih dapat berubah secara otomatis sesuai dengan data yang di input dan dapat di akses melalui perangkat PC, Laptop, Tablet dan Smartphone.

Baca juga: Cara Membuat Pangkat di Google Docs

Menu Voice Typing

Selain menu Explore, Anda juga bisa memanfaatkan menu Voice Typing untuk mengerjakan tugas. Fitur ini memiliki fungsi yang dapat memudahkan pengguna dalam mengerjakan laporan yang halamannya cukup banyak. Anda hanya perlu melakukan dikte dengan membaca tulisan yang mau di ketik.

Lalu nanti Google Docs akan otomatis merekam ucapan yang Anda katakan. Untuk caranya pilih Google Docs dengan opsi format Resume. Lalu hapus semua dan pilih Tools > Voice Typing. Fitur ini sudah mendukung setidaknya 40 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Fitur Lainnya Yang Ada di Google Docs

Berikut 5 fitur lainnya yang terdapat di Google Docs yang bisa Anda pakai untuk bekerja:

  1. Clear Formating dapat membuat tulisan yang di paste menjadi rapi karena dapat mengatasi jenis font beserta ukurannya menjadi normal.
  2. More Font berfungsi menambah font yang mau dipakai.
  3. Suggestion Mode memiliki fungsi mengedit dokumen bersama teman dengan kata lain dokumen dapat di edit dan dikerjakan lebih dari 1 orang.
  4. Menambahkan Bookmark agar mengurangi Scrolling. Fitur ini bisa dipakai jika sedang membaca dokumen yang memiliki halaman cukup panjang.
  5. Mode Offline dapat dipakai pada saat ingin menggunakan Google Docs saat offline.

Kelebihan dan Kekurangan Google Docs

Kelebihan:

  1. Tidak perlu khawatir mengenai kehilangan data.
  2. Bisa diakses dimanapun dan kapanpun.
  3. Google Docs dapat dibuka di perangkat Laptop, PC, Smartphone dan Tablet.
  4. Memiliki fitur dan menu yang bisa mengolah kata.
  5. Bisa dibuka diberbagai sistem operasi.
  6. Memiliki tampilan Interface yang mudah dimengerti.
  7. Bisa menyimpan dokumen dalam bentuk PDF dan lainnya

Kekurangan:

  1. Membutuhkan koneksi Internet untuk bisa memakai semua menu.
  2. Membutuhkan jaringan internet yang stabil saat mengerjakan tugas agar dokumen dapat disimpan.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai fitur menu Explore pada Google Docs. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai Google Docs. Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Fitur Menu Explore Pada Google Docs"

close