Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Ruler di Photoshop


 Ruler yang ada di Photoshop digunakan untuk menata rapi objek desain yang dikerjakan mulai dari teks, gambar, foto dan atribut lainnya. Dengan adanya Ruler atau penggaris juga dapat membuat objek memiliki patokan yang jelas. Meskipun memiliki fungsi yang bermanfaat ada beberapa pengguna Photoshop masih belum tahu bagaimana memunculkan Ruler.


Cara menampilkan Ruler di Photoshop sebenarnya cukup mudah dilakukan namun bagi orang yang masih pemula dalam menggunakan aplikasi buatan Adobe tentu akan kesulitan untuk memunculkannya. Untuk Ruler yang ada di Photoshop memiliki dua patokan yaitu secara vertikal dan horizontal.

Jadi Anda nanti bisa melihat Ruler dengan posisi vertikal yaitu garis tegak lurus dari bawah ke atas dan sebaliknya yang letaknya berada dibagian kiri, begitupun dengan Ruler secara horizontal dengan garis mendatar dari kanan ke kiri dengan sudut 180 derata yang letaknya dibagian atas.


Nah pada artikel ini sobat-tutorial membahas mengenai cara menampilkan Ruler di Photoshop, jika Anda salah satu orang yang masih belum tahu bagaimana caranya, maka silahkan pelajari langkah-langkah yang diberikan agar bisa memakai Ruler untuk menata posisi atribut desain yang Anda masukkan.

Cara Menampilkan Ruler di Photoshop


Sebelum masuk ke tutorialnya pastikan sudah menginstal aplikasi Photoshop di laptop atau PC yang Anda pakai misalnya Photoshop cs3, cs4, cs6 dan versi cc  (Creative Cloud). Jika sudah maka silahkan simak tutorial berikut ini.

  • Pertama buka Photoshop di laptop atau PC Anda.
  • Lalu pilih ukuran kertas yang mau dipakai, bisa juga membuka projek Anda yang membutuhkan Ruler.
  • Setelah masuk ke halaman kerja, klik Tab View dan pilih Rulers. Nanti akan tampil penggaris dengan posisi vertikal dan horizontal. Atau kalian juga bisa menggunakan tombol Shortcut Ctrl + R untuk menampilkan Ruler di Photoshop.
Cara Menampilkan Ruler di Photoshop
  • Jika sudah tampil maka Anda sudah berhasil memunculkan penggaris atau Ruler.
  • Selesai.

Baca juga:

Membuat Garis Memakai Ruler di Photoshop


Setelah selesai memunculkan Ruler, kini Anda sudah bisa menggunakan Ruler untuk membuat garis. Caranya cukup mudah yaitu arahkan pointer ke garis vertikal atau horizontal yang mau Anda pakai, kemudian klik dan tahan ke area objek gambar yang mau Anda atur posisinya.

Nanti muncul garis warna biru atau hijau yang bisa digunakan untuk keperluan menata objek atau atribut desain seperti teks, gambar dan sebagainya. Jika ingin mengubah warna garis caranya klik 2x garis Ruler lalu muncul jendela Preferences, lalu pilih opsi Guide, Grid dan Slices ubah warna garis pada pilihan Canvas misalnya merah maka nanti garis Ruler yang dipakai menjadi merah. Klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Mengubah Format Satuan Ukuran Ruler

Pengaturan Default Ruler memakai ukuran Inches, jika ingin memakai satuan ukuran lainya misalnya Centimeter, Milimeter, Pixels dan sebagainya maka caranya adalah klik kanan Ruler vertikal atau horizontal lalu akan muncul opsi satuan ukuran yang bisa Anda gunakan, disini sesuaikan saja dengan yang mau Anda pakai untuk mengukur.

Demikianlah tutorial mengenai cara menampilkan Ruler di Photoshop, semoga bisa berguna untuk Anda. Jika dirasa ada yang belum dipahami maka sebaiknya tinggalkan komentar supaya bisa kami bantu. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Ruler di Photoshop"

close