Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Modem Tidak Ada di Internet


 Kendala yang sering dialami oleh pengguna modem ialah jaringan yang tidak bisa dihubungkan dengan internet. Meskipun sudah terhubung dengan laptop namun kita masih tetap tidak bisa membuka situs di Google atau memutar video di Youtube, biasanya ini terjadi karena adanya masalah koneksi pada modem wifi yang sudah dipasang.

Cara Mengatasi Modem Tidak Ada di Internet

Cara mengatasi modem tidak ada di internet sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun bagi pengguna yang baru pertama kali mengalami masalah seperti ini pasti akan bingung untuk mengatasinya. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus tenang dan jangan berpikir yang tidak-tidak karena masalah modem jenis ini masih dapat diatasi.


Dengan adanya modem dapat membuat komputer atau laptop menerima sinyal radio yang sudah disediakan oleh Internet Service Provider (ISP) sehingga perangkat yang dipakai bisa terkoneksi dengan internet.

Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial agar Anda bisa memperbaiki modem wifi yang tidak tersedia di Internet. Jika ingin mengetahui caranya maka ada baiknya menyediakan waktu dalam membaca artikel ini sampai selesai.

6 Cara Mengatasi Modem Tidak Ada di Internet


Siapkan terlebih dahulu laptop atau komputer yang ingin dipasangkan dengan modem untuk memperbaiki jaringan yang tidak terkoneksi. Jika sudah silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

1. Melupakan Jaringan/Forget Wifi

Cara pertama yang bisa dicoba adalah melakukan forget jaringan wifi pada modem. Kemudian menghubungkannya kembali, dengan begitu wifi pada modem bisa direfresh dan bisa terhubung kembali ke internet. Cara ini sudah sering saya pakai dan berhasil dalam mengatasi modem tidak ada di internet.

2. Melakukan Restart Modem

Jika cara pertama masih belum bisa maka gunakan cara kedua yaitu restart modem Anda. Biasanya modem mengalami gangguan koneksi, nah cara restart ini bisa dicoba untuk memperbaiki jaringan modem yang bermasalah. Dengan begitu maka bisa membuat modem mendapatkan kinerja yang optimal. Adapun caranya cukup mudah yaitu cabut modem terlebih dahulu dan matikan sesaat. Tunggu sampai satu menit kemudian nyalakan lagi.


Jika lampu indikator telah menyala. Silahkan tunggu lagi sampai 30 detik agar lampu DSL pada modem berkedip yang fungsinya untuk menghubungkan jaringan internet. Jika sudah silahkan Anda hubungkan kembali dan lihat hasilnya.

3. Restart Perangkat Anda

Jika internet masih belum bisa dipakai maka solusi lainnya adalah restart perangkat yang dihubungkan dengan modem. Jika Anda mengubungkan dua perangkat dan satunya sudah terhubung ke internet maka modem Anda bukanlah masalahnya melainkan perangkat Anda. Untuk mengatasi perangkat yang sulit terhubung ke internet bisa mencoba melakukan restart agar jaringan yang ingin dikoneksikan bisa masuk tanpa gangguan.

Baca juga: Cara Menampilkan Icon Wifi di Laptop

4. Memperbarui Driver Wifi

Jika ingin menghubungkan modem dengan laptop namun jaringan sulit terhubung maka silahkan perbarui driver wifi Anda. Perlu Anda tahu tidak selamanya gangungan pada wifi berada pada modem yang Anda pakai. Bisa jadi kendalanya pada laptop Anda misalnya adanya masalah pada driver adapter wifi. Nah untuk memperbaikinya sebaiknya lakukan pembaruan driver wifi.

Adapun caranya yaitu klik ikon pencarian Windows dan ketikkan “Device Manager” cara lainnya masuk di Windwos Explorer dan klik This PC. Kemudian pilih Properties. Setelah masuk ke tampilan pengaturan Device Manager, klik kanan pada driver adaptor Wifi dan lakukan update driver.

Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper Laptop

5. Mengganti APN (Acces Point Name)

Setiap kartu SIM yang dipakai untuk modem memiliki pengaturan berbeda berdasarkan provider yang dipakai. Misalnya Anda memakai kartu Telkomsel, namun APN yang dipakai ternyata miliki Indosat sehingga akan muncul sebuah gangguan koneksi. Maka dari itu silahkan cek APN Anda dan jika memakai APN yang berbeda dengan kartu Anda maka sebaiknya ganti agar sesuai dengan provider. Untuk mengecek APN yang terpakai bisa melalui menu Settings > Settings Preferences > Profil Management.

6. Mengganti Modem Dengan Yang Baru

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah mengganti modem dengan yang baru. Terkadang apa yang kita beli belum tentu bagus dan layak pakai, jika pada saat membeli modem ternyata Anda belum mengetestnya di toko maka itu akan menjadi kerugian untuk Anda. Maka dari itu sebaiknya test terlebih dahulu modem sebelum dibeli jangan sampai modem tersebut sudah rusak.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi modem tidak ada di internet. Semoga bisa dimengerti dengan mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki modem yang sulit terhubung ke internet seperti yang sudah dibahas oleh sobat-tutorial.com. Sebaiknya Anda juga berhati-hati dalam membeli modem jangan sampai barang yang dibeli ternyata rusak. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Modem Tidak Ada di Internet"

close