Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Video Menjadi Dokumen di HP


 Video merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita membuat gambar menjadi bergerak yang biasa disebut dengan film atau produk visual lainnya. Meskipun video memiliki format MP4 atau MKV kita masih bisa mengubahnya menjadi dokumen atau file dengan mudah dan cepat. Biasanya ini dilakukan agar mempermudah kita menyimpan video dan mengirimnya ke orang tertentu.

Cara Mengubah Video Menjadi Dokumen di HP

Cara mengubah video menjadi dokumen di HP dapat dilakukan tanpa memakai aplikasi dan menggunakan aplikasi. Kedua cara tersebut sudah dibuat oleh sobat-tutorial.com yang bisa dibaca pada artikel ini. Selain itu, Anda juga bisa mengubah video menjadi GIF, dengan begitu video memang masih bisa dirubah jenis formatnya meskipun sudah menjadi produk visual.


Ada banyak jenis format video seperti MP4, MPG, AVI, MKV, GIFV WMV dan WEBM. Semua jenis format video tersebut juga memiliki kualitas yang berbeda, namun jika kita bisa mengubahnya menjadi format file maka kualitas video bisa dijaga dengan catatan video sudah diedit dengan resolusi yang jernih.

Cara Mengubah Video Menjadi Dokumen di HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kita bisa memakai 2 cara dalam mengubah video menjadi dokumen atau file di ponsel. Adapun caranya yaitu menggunakan aplikasi Video Format Factory dan memanfaatkan situs Freemake.com yang memiliki fitur mengubah segala jenis video menjadi dokumen. Adapun tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi Video Format Factory

Video Format Factory merupakan aplikasi yang bisa dipakai pada Smartphone dan PC. Memiliki fitur yang bisa menjadikan video menjadi file sehingga patut Anda coba. Meskipun ada jenis aplikasi lainnya yang memiliki fitur sama namun Format Factory menjadi rekomendasi sobat-tutorial untuk Anda.


Memiliki size yang terbilang kecil sehingga bisa diunduh tanpa khawatir memory cepat penuh. Jika ingin menginstalnya di HP maka bisa mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store. Jika sudah diinstal maka silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi Format Factory di HP Anda.
  • Setelah masuk ke tampilan beranda. Silahkan masukkan video yang ingin dirubah jadi dokumen dengan cara memilih Add file.
  • Kemudian klik tombol OK untuk memasukkan video.
  • Lalu pilih jenis format video yang mau dipakai misalnya berupa file.
  • Jika sudah maka silahkan klik tombol warna hijau untuk memulai proses konversi video ke dokumen.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai.

Baca juga:

2. Mengubah Video Menjadi Dokumen Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, kita juga bisa convert video menjadi file tanpa aplikasi sehingga tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi di HP. Dengan kemajuan teknologi saat ini sudah banyak situs-situs di internet yang memiliki fitur tidak kalah dari aplikasi misalnya situs freemake yang sudah mempunyai fitur convert video ke dokumen. Untuk langkah-langkahnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Buka browser di HP misalnya Google Chrome.
  • Lalu pada kolom pencarian ketikkan freemake.com dan kunjungi situsnya.
  • Setelah masuk ke halaman situsnya, klik tombol Select File untuk memasukkan video.
  • Pilih video yang ada di ponsel Anda.
  • Jika video sudah dimasukkan maka klik tombol Convert Now dan tunggu proses konversi video selesai.
  • Nanti video yang Anda pilih tadi akan berubah menjadi dokumen yang siap untuk dikumpul atau disimpan.
  • Selesai.

Adapun fitur lainnya pada situs ini dapat membantu kita untuk mengubah file dari berbagai jenis format video seperti AVI, MP4, WMV, FLV dan lainnya. Perlu Anda tahu bahwa kita tidak bisa mengubah video menjadi file PDF karena video menampilkan gambar bergerak sedangkan PDF ialah format berkas yang hanya bisa menampilkan tulisan dan gambar yang tidak bergerak (JPEG).

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengubah video menjadi dokumen di HP yang bisa dilakukan memakai dua cara. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan bagikan artikel ini supaya bisa dipelajari oleh teman-teman lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Video Menjadi Dokumen di HP"

close