Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Bahasa di Google Form


 Google Form merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang dipakai untuk melakukan administrasi survei dan mengumpulkan informasi yang sudah diisi oleh pengguna. Biasanya instansi atau perusahaan memakai Google Form untuk membuat form pendaftaran karyawan baru tanpa perlu membagikan kertas kepada para pendaftar sehingga ramah lingkungan.

Pada saat menggunakan Google Form terdapat bahasa default yang dipakai yaitu bahasa Inggris sehingga mereka yang belum paham bahasa asing akan kesulitan mengisi data yang diharuskan. Nah maka dari itu bagi Anda yang ingin membuat Form pendaftaran dan sebagainya melalui Google Form harus mengubah petunjuk menjadi bahasa Indonesia agar mudah dimengerti.


Dengan adanya Google Form maka kita sebagai pembuat form dapat dipermudah mengumpulkan berkas pendaftar yang mau melamar di perusahaan Anda. Selain itu juga bisa menganalisa secara langsung melalui browser di ponsel maupun laptop. Namun Anda harus juga memastikan survei yang dibuat bisa dimengerti oleh orang yang mau mengisi survei tersebut dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengubah bahasa pada Google Form.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com akan memberikan cara agar kita bisa mengganti bahasa di Google Form menjadi bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika ingin belajar maka simak artikel ini sampai selesai.

Cara Mengubah Bahasa di Google Form


Sebelum mengikuti tutorialnya, pastikan Anda sudah masuk ke tampilan Google Form yang dapat diakses melalui browser Google Chrome dan Mozilla. Jika sudah silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama buka Google Form di laptop atau ponsel yang dipakai.
  • Lalu pada tampilan beranda, klik ikon profil akun Google Anda yang berada di pojok kanan atas.
  • Kemudian klik opsi Manage Your Google Account. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengganti Bahasa di Google Form
  • Nanti akan terbuka jendela baru yang menampilkan pengaturan akun Google. Nah disini silahkan klik menu Data & Personalization.
  • Setelah itu, Anda scroll ke bawah dan klik menu General Preferences for The Web.
Cara Mengganti Bahasa di Google Form
  • Selanjutnya pilih menu Language. Pada tampilan jendela Bahasa, klik ikon pensil di samping kanan.
Cara Mengganti Bahasa di Google Form
  • Nanti muncul jendela Add Language yang bisa dipakai untuk menambahkan bahasa yang ingin diterapkan ke Google Form. Silahkan cari bahasa Indonesia. Pada kolom pencarian ketikkan “Indonesia”.
  • Nanti akun Google Form akan berganti menjadi bahasa Indonesia sehingga semua petunjuk maupun teks lainnya menampilkan tulisan yang lebih mudah dimengerti.
  • Selesai.

Silahkan kembali ke tampilan Google Form dan lakukan refresh halaman agar penerapan bahasa Indonesia bisa langsung terpakai.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengganti bahasa di Google Form. Ada banyak fitur yang disediakan oleh perangkat lunak ini dalam memudahkan kita mengumpulkan survei dan informasi yang dibutuhkan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan bagikan artikel ini yang dibuat oleh blog sobat-tutorial.com agar bisa berguna oleh teman atau kenalan Anda. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengganti Bahasa di Google Form"

close