Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel Dengan Cepat


 Menghitung jumlah kata pada artikel yang dibuat harus dilakukan agar kita tahu jumlah kata yang sudah diketik. Baik anak blogger maupun Conten Writter wajib mengetahuinya, semakin banyak kata yang diketik maka akan membuat artikel menjadi lebih unik dan bisa mengandung kata kunci yang relevan. Ada juga yang meyakini bahwa Google suka dengan web yang memberikan artikel dengan jumlah kata lebih dari 500 kata agar tidak dianggap spam.


Jika Anda sudah sering membuat berbagai macam artikel untuk dipublish pada website maka sebaiknya harus tahu jumlah kata yang ada di dalam artikel. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir bila hanya memberikan jumlah kata yang sedikit dikarenakan materi yang dibahas hanya mencakup 500 kata, karena kegiatan Conten Writter adalah memberikan informasi melalui ketikkan yang sudah dibuat dengan fakta.

Namun jika ingin membuat artikel untuk di posting pada blog milik sendiri maka usahakan memberikan jumlah kata paling tidak 600 kata untuk semua nice. Ini dilakukan agar artikel yang dibuat dapat bersaing dengan milik anak blogger lainnya dikarenakan mereka juga memberikan jumlah kata yang tidak sedikit.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar kita bisa menghitung jumlah kata dalam artikel dengan cepat dan mudah. Jadi bagi Anda yang belum tahu dan ingin mempelajarinya maka sebaiknya sediakan waktu dalam membaca penjelasan yang diberikan.

Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel

Ada 3 cara yang bisa dipakai jika ingin menghitung jumlah kata pada artikel yaitu melalui Microsoft Word, WPS Office dan situs 1Text.com yang sudah dilengkapi fitur menghitung setiap kata dalam artikel. Untuk tutorialnya dapat dipelajari berikut ini.

1. Menggunakan Microsoft Word


Bagi Anda yang kesulitan menghitung jumlah kata dalam artikel, bisa mencoba Microsoft Word yang memiliki fitur menghitung setiap kata yang diketik pada lembar kerja Word. Dengan adanya fitur ini maka kita bisa langsung tahu jumlah setiap kata yang diketik. Adapun tutorialnya bisa dilihat berikut ini.

  • Pertama buka MS Word di laptop atau PC Anda.
  • Lalu buka file Word yang berisikan artikel yang ingin dihitung jumlah katanya.
  • Pada tampilan lembar kerja klik Tab Review dan pada bagian grup Proofing klik Word Count. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel Dengan Cepat
  • Nanti muncul jendela kecil yang menampilkan informasi mengenai artikel atau dokumen Anda seperti keterangan mengenai jumlah halaman, jumlah kata, jumlah karakter tidak spasi dan spasi, jumlah paragraf dan baris.
  • Jika sudah tahu jumlah kata pada artikel, silahkan klik tombol close pada jendela Word Count.
  • Selesai.

Jika pada saat menghitung jumlah kata memakai cara di atas dan ternyata kata yang diketik masih terasa kurang maka kita masih bisa menambahkannya dengan mengetik beberapa kata sesuai kebutuhan.

Baca juga:

2. Menggunakan situs 1Text.com

1Text merupakan situs cek plagiarisme dan sudah banyak anak blogger memanfaatkan situs ini untuk menghitung jumlah kata setiap artikel yang mau dipublish. Anda bisa juga mencobanya karena situs ini dapat diakses secara gratis. Untuk cara kerjanya dapat dipelajari berikut ini.

  • Silahkan buka browser di laptop atau ponsel Anda.
  • Lalu pada kolom pencarian ketikkan 1Text.com.
  • Pada tampilan situsnya Anda akan melihat kotak teks, silahkan paste semua kata pada artikel Anda.
  • Jika sudah klik tombol Check for plagiarism untuk memulai proses menghitung jumlah kata dalam artikel sekaligus mengetahui artikel Anda unik atau tidak.
  • Selesai.

3. Menggunakan Aplikasi WPS Office di HP

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah memakai WPS Office. Jika ingin menghitung jumlah kata dalam artikel jurnal secara manual di HP maka gunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store dan App Store. Adapun tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi WPS Office di HP Anda.
  • Pada tampilan halaman beranda klik tombol Pengelola File di pojok kiri atas.
  • Lalu pilih menu DOC dan cari file Word yang berisikan artikel Anda.
  • Jika sudah ketemu silahkan dibuka agar bisa masuk ke lembar kerja WPS Office.
  • Pada tampilan lembar kerja klik ikon alat dipojok kiri bawah.
  • Kemudian masuk ke menu Lihat, disini klik opsi Jumlah Kata untuk melihat jumlah kata pada artikel yang sudah dibuka.
  • Nanti muncul deskripsi mengenai artikel Anda seperti jumlah kata, karakter dengan spasi, karakter tanpa spasi dan sebagainya.
  • Selesai.

Akhir Kata

Menghitung jumlah kata dalam artikel yang dibuat baik untuk blog maupun untuk jurnal harus dilakukan supaya kita tahu berapa kata yang ada di artikel yang sudah diketik. Semoga tutorial ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel Dengan Cepat"

close