Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak dan Berantakan


 File PDF yang rusak akan menjadi masalah jika tidak bisa diperbaiki, apalagi bila data yang ada di dalam dokumen cukup penting. Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki file PDF baik yang rusak maupun berantakan misalnya menggunakan aplikasi Adobe Acrobat dan memanfaakan tools di situs iLovePDF dan pdf2go. Meskipun ada cara untuk mengatasinya namun masih sedikit orang yang tahu caranya.

Maka dari itu sobat-tutorial.com membahas cara memperbaiki file PDF yang rusak agar orang bisa mempelajarinya. Adapun tutorialnya bisa dipelajari pada artikel yang sedang Anda baca ini. PDF merupakan salah satu format dokumen yang sering dipakai oleh pelajar dan para pekerja kantoran untuk menyimpan teks, grafik dan gambar ke dalam lembar kerja.


Sama halnya dengan file lainnya, file PDF juga bisa sewaktu-waktu rusak sehingga kita sebagai pemilik dokumen harus bisa mengatasi jika ada salah satu dokumen PDF yang mengalami kerusakan, karena jika tidak bisa memperbaiki filenya maka sudah dipastikan data yang ada tidak dapat dibuka lagi.


Jika Anda sedang mengalami masalah kerusakan dokumen PDF maka sebaiknya sediakan waktu dalam membaca artikel ini agar bisa tahu cara memperbaikinya. Adapun pembahasannya sudah dilengkapi dengan penjelasan yang cukup mudah dimengerti.

Mengetahui Penyebab File PDF Yang Rusak

Sebelum memperbaiki file PDF ada baiknya jika tahu penyebab kenapa dokumen PDF kita rusak sehingga tidak bisa dibuka. Untuk masalahnya bisa dilihab berikut ini.

  1. Masalah pada Software pembuka PDF seperti adanya gangguan program dari aplikasi pembuka PDF dikarenakan hanya memakai versi gratisan.
  2. Proses konversi file Word ke PDF yang sepenuhnya tidak berjalan lancar sehingga file PDF yang sudah jadi masih belum bisa terbuka.
  3. Proses download file PDF dari pencarian Google tidak berjalan sampai selesai akibat gangguang jaringan.
  4. Adanya serangan virus.
  5. Gangguan pada hardisk laptop dan PC.

Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak


Untuk bisa mengatasi file PDF yang ternyata rusak kita bisa memperbaikinya tanpa memakai aplikasi dan bisa dilakukan secara online. Adapun caranya memanfaatkan situs perbaikan PDF seperti iLovePDF dan PDF2GO yang sudah terbukti bisa memperbaiki file PDF, saya sendiri sudah mencobanya dan bisa berhasil. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

1. Melalui iLovePDF

Cara pertama yaitu memakai situs iLovePDF yang memiliki alat gratis untuk memperbaiki file PDF yang tidak bisa dibuka. Anda bisa mempelajari tutorialnya di bawah ini.

  • Pertama buka browser di HP atau laptop Anda.
  • Pada kolom pencarian ketikkan ilovepdf agar bisa mengunjungi situsnya.
  • Lalu pada tampilan situsnya klik tombol Pilih File PDF.
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak dan Berantakan
  • Silahkan cari file PDF Anda yang ingin diperbaiki.
  • Jika sudah dimasukkan klik tombol Perbaiki PDF untuk memulai proses perbaikan PDF.
Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak dan Berantakan
  • Tunggu proses perbaikan sampai selesai. Semakin banyak halaman pada file PDF maka akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  • Pastikan jaringan internet yang dipakai stabil agar tidak mengganggu proses perbaikan file.
  • Jika sudah selesai silahkan unduh filenya dan buka kembali.
  • Selesai.

Baca juga:

2. Melalui PDF2GO

PDF2GO merupakan situs yang juga memiliki alat untuk melakukan perbaikan PDF secara online dan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda pelajari.

  • Langkah pertama kunjungi situs pdf2go.com/id/perbaiki-pdf.
  • Pada tampilan situsnya klik tombol Pilih File untuk memasukkan file PDF yang mau diperbaiki.
  • Jika sudah berhasil dimasukkan maka tahap selanjutnya klik tombol Mulai untuk proses memperbaiki file PDF. Tunggu prosesnya sampai selesai. Mungkin membutuhkan waktu cukup lama.
  • Jika sudah silahkan simpan file PDFnya dan buka kembali.
  • Selain memperbaiki dokumen PDF yang rusak, kedua situs ini juga bisa mengatasi file PDF yang berantakan, buram dan Corrupt. Lebih bagusnya lagi bisa dilakukan secara gratis.

Akhir Kata

Memperbaiki file PDF yang rusak harus Anda tahu agar jika sewaktu-waktu salah satu dokumen PDF ada yang mengalami kerusakan maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah tahu cara mengatasinya. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan bisa dimengerti. Jika menyukai pembahasan ini maka seringlah mampir ke situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki File PDF Yang Rusak dan Berantakan"

close