Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Video Menjadi Foto


 Bagi Anda yang sedang mencari cara mengubah video menjadi foto sebaiknya simak artikel ini karena sudah ada tutorial yang dapat membantu Anda. Pada saat kita disuruh mengedit video oleh konsumen, terkadang mereka ingin meminta pengambilan gambar pada video tersebut sehingga kita harus mencari cara agar objek foto atau gambar dalam video bisa ambil.

Untuk memulai pengambilan foto dalam video maka kita terlebih dahulu harus mengubah sebagian scene video yang menampilkan foto yang ingin konsumen Anda ambil menjadi format gambar (JPEG). Adapun caranya bisa dilakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, lebih bagusnya lagi video yang mau dirubah jadi foto dapat dilakukan melalui ponsel dan laptop.


Jadi Anda yang mau mengambil foto dalam video bisa melalui perangkat HP maupun PC. Nah adapun caranya bisa dipelajari pada artikel ini yang sudah dibuat oleh sobat-tutorial.com. Saya sendiri sudah mencobah mengubah video ke foto agar dapat mengambil beberapa gambar yang bagus dilihat.

Cara Mengubah Video Menjadi Foto


Adapun cara yang bisa dipakai dalam mengubah video menjadi foto adalah menggunakan aplikasi VLC Media Player di PC dan memanfaatkan situs yang sudah memiliki fitur pengkonversi file video ke gambar seperti situs Products.aspose.app dan anyconv.com. Adapun tutorialnya dapat dipelajari di bawah ini.

1. Mengubah Video Menjadi Foto Menggunakan VLC Media Player

Dengan memakai VLC Media Player maka Anda bisa mengubah video menjadi foto di laptop atau PC dengan mudah dan cepat. VLC Media Player merupakan aplikasi pemutar video, adapun fitur yang ada di aplikasi ini ternyata bisa kita manfaatkan untuk mengkonversi video menjadi JPEG. Untuk tutorialnya bisa dilihat berikut ini.

  • Pertama instal aplikasi VLC Media Player di laptop Anda.
  • Jika sudah silahkan cari video yang mau dirubah jadi foto kemudian putar menggunakan VLC Media Player dengan cara klik kanan video > Open With > VLC Media Player.
Cara Mengubah Video Menjadi Foto
  • Setelah memutar video, cari scene video yang mau diambil fotonya. Gunakan set frame untuk berpindah scene.
  • Jika sudah ketemu gambar yang mau diambil silahkan Anda Pause videonya.
  • Kemudian klik tab video dan pilih submenu Take Snapshot untuk memulai mengubah video ke foto.
  • Langkah selanjutnya adalah melihat hasil foto yang sudah diambil dalam video, Anda bisa masuk ke Folder Pictures. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengubah Video Menjadi Foto
  • Selesai.

Jika semua foto sudah diambil maka kita dapat juga mengedit foto menjadi video sehingga menghasilkan karya video yang baru dan menarik.

Baca juga:

2. Mengubah Video Menjadi Foto Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, kita juga bisa mengubah file video ke foto tanpa aplikasi karena bisa memanfaatkan situs yang sudah memiliki fitur ini seperti situs Products.aspose.app dan anyconv.com yang dapat diakses melalui browser Google Chrome di ponsel Anda. Berikut tutorialnya.

  • Langkah pertama buka browser Chrome atau sejenisnya.
  • Lalu pada kolom pencarian ketikkan Products.aspose.app.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda diarahkan ke situsnya.
  • Pada tampilan beranda, klik tombol Unggah File Anda untuk memasukkan video yang ingin dirubah ke gambar.
Cara Mengubah Video Menjadi Foto
  • Setelah itu pada kolom “Waktu Mulai”, tentukan durasi video ke berapa Anda ingin mengubahnya menjadi foto. Begitupun pada kolom “Akhir Waktu” atur durasinya sesuai foto yang mau diambil.
  • Selanjutnya tentukan format gambar yang mau Anda pakai misalnya JPG dan PNG.
  • Terakhir klik tombol Mengubah dan tunggu proses pengkonversi video ke gambar.
  • Selesai.

Untuk situs anyconv.com caranya hampir sama dengan di atas yaitu kunjungi situsnya dan pada tampilan beranda klik tombol Unggah Video. Setelah video dimasukkan, atur jenis format gambar ke JPG. Setelah itu klik tombol Ubah dan tunggu sampai proses mengkonversi video menjadi gambar sampai selesai.

Mengubah Video Menjadi Foto di Telegram

Jika Anda pengguna aplikasi Telegram maka bisa juga memakai aplikasi ini dalam mengkonversi video ke foto. Adapun caranya bisa mencari bot telegram melalui kolom pencarian yang disediakan. Kemudian ketikkan “ubah video menjadi foto”. Nanti muncul beberapat bot telegram yang dapat dipakai untuk mengubah file video menjadi format gambar dengan mudah dan gratis.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengubah video menjadi foto yang bisa dilakukan melalui Smartphone dan laptop. Jika merasa artikel ini bermafaat maka silahkan bagikan tutorial ini kepada teman Anda agar mereka dapat mempelajarinya. Seringlah mampir ke blog sobat-tutorial.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Video Menjadi Foto"

close