Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hapus Halaman Kosong di Excel


 Sama halnya dengan MS Word. Excel juga menampilkan lembar kerja yang dipakai untuk menginput data yang akan diolah hingga menjadi dokumen yang siap dicetak. Ketika ingin mencetak dokumen Excel yang sudah jadi, terkadang ada halaman kosong yang tiba-tiba muncul tanpa disadari.

Menghapus halaman kosong di Excel bisa dilakukan dengan cara mengatur area cetak agar sesuai dengan data yang ditampilkan supaya nanti tidak ada lembar kerja baru yang tampil pada saat ingin mencetak setiap halaman.


Microsoft Excel merupakan software buatan Microsoft yang sudah banyak digunakan oleh orang yang bekerja maupun menempuh pendidikan untuk dipakai mengerjakan tugas seperti membuat laporan, tabel dan sebagainya. Selain itu, terdapat berbagai macam rumus di Excel yang bisa memudahkan kita dalam mengolah data.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial dalam menghapus halaman kosong di Microsoft Excel. Jadi bagi Anda dan teman-teman lainnya yang belum tahu caranya dan ingin belajar maka sebaiknya simak penjelasan yang diberikan.

2 Cara Menghapus Halaman Kosong di Excel

Jika lembar kerja Excel Anda memiliki jumlah halaman tidak banyak dan terdapat satu atau dua halaman kosong. Anda bisa mengatur lembar kerja yang tidak menampilkan apapun menjadi area cetak sehingga tidak lagi terlihat kosong.


Ada 2 cara yang bisa dipakai dalam menghilangkan halaman kosong di Excel, adapun caranya yaitu menggunakan fitur Print Area dan fitur Kutools for Excel. Untuk caranya bisa dipelajari berikut ini.

1. Menggunakan fitur Print Area

Print Area memiliki fungsi khusus dalam menampilkan tabel dan data yang sudah diseleksi yang akan segera dicetak, sehingga tidak akan menampilkan halaman kosong. Untuk tutorialnya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Pertama, buka file Excel di laptop atau PC Anda.
  • Pada tampilan lembar kerja, blok atau seleksi semua data yang terdapat pada Sheet.
  • Kemudian pilih tab Page Layout dan pada bagian grup Page Setup, klik Print Area > Set Print Area yang fungsinya untuk mengatur area cetak. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Hapus Halaman Kosong di Excel
  • Selanjutnya silahkan Anda cetak lembar kerja dengan menekan tombol CTRL + P pada keyboard.
  • Nanti Anda hanya akan melihat data pada lembar Excel yang sudah diseleksi tadi, sehingga halaman kosong tidak ditampilkan.
  • Silahkan atur ukuran kertas, margins dan mulai mencetak dokumen Anda.
  • Selesai.

Baca juga:

2. Menggunakan fitur Kutools for Excel

Berbeda dengan cara di atas. Dengan memakai Kutools for Excel, pemilik dokumen bisa menghapus baris dan kolom kosong yang tidak diperlukan dengan jumlah halaman yang cukup banyak, sehingga tidak perlu dihapus satu per satu. Namun fitur ini harus Anda instal terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya bisa melalui link berikut https://id.extendoffice.com/download/kutools-for-excel.html.

Silahkan salin link tersebut ke browser Chrome dan sebagainya. Jika sudah mengunduh dan menginstal tools tersebut. Maka silahkan simak tutorial berikut ini.

  • Pada tampilan halaman kerja Excel. Pilih tab Kutools > Delete > Hapus Baris Kosong > Lembar Aktif.
  • Nanti muncul kotak dialog yang menampilkan pesan berapa baris yang mau dihapus. Silahkan klik tombol OK.
  • Silahkan mulai menghapus kolom kosong yang tidak diperlukan.
  • Jika sudah menghilangkan kolom dan baris kosong maka halaman yang kosong juga tidak akan ditampilkan.
  • Terakhir, simpan dokumen agar siap dicetak.

Akhir Kata

Menghapus halaman kosong di Excel sebaiknya dilakukan jika dirasa memang tidak diperlukan. Semoga tutorial ini bisa dimengerti dengan mudah. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Hapus Halaman Kosong di Excel"

close