Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power


 Google Assistant adalah fitur yang dibuat oleh Google dalam membantu pengguna Smartphone untuk bekerja misalnya mengatur jadwal, mengirim pesan, membacakan berita dan sebagainya. Lebih bagusnya lagi perintah yang kita berikan melalui suara dengan memakai tools mikrofon yang sudah disediakan oleh Google.

Meskipun mempunyai banyak manfaat. Ada saja sebagian dari orang yang merasa Google Assistant tidak perlu digunakan sehingga ingin mematikan Google Assistant di ponsel. Jika Anda ingin mematikan fitur buatan Google ini maka ada cara yang lebih mudah dan cepat yaitu melalui tombol power pada hp.


Mematikan Google Assistant di tombol power bisa menjadi alternatif termudah untuk Anda coba karena tidak perlu masuk ke pengaturannya. Nah, jika ingin mempelajarinya maka sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorialnya yang bisa Anda pelajari di artikel ini.

Fitur Google Assistant


Sebelum menonaktifkan Google Assistant di hp Anda. Sebaiknya ketahui fitur yang ada agar sewaktu-waktu bisa mengaktifkannya kembali untuk kebutuhan pekerjaan. Adapun fitur yang dimaksud bisa dilihat di bawah ini.

  1. Dapat memberikan Anda rekomendasi tempat tujuan misalnya ingin pergi ke restoran, hotel dan lainnya.
  2. Membantu pengguna dalam menemukan lagu tanpa perlu tahu judul lagunya. Untuk caranya berikan perintah What’s this song agar Google Assistant mendengarkan lagu yang sedang diputar dan mencari tahu lagu tersebut.
  3. Menampilkan informasi cuaca agar kita bisa bersiap-siap saat cuaca sedang tidak cerah.
  4. Memiliki fitur Reminder untuk mengiatkan tentang kegiatan yang akan dilakukan.
  5. Mengindentifikasi benda dengan melakukan scan agar Google Assistant bisa mengenali benda tersebut.

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power

Untuk tutorial ini khusus pengguna Smartphone Android. Pastikan tombol power di hp masih berfungsi agar bisa kita atur. Berikut langkah-langkah yang dapat dipelajari.

  • Pertama masuk ke pengaturan hp Anda. Sebagai contoh disini saya memakai hp Samsung.
  • Setelah itu scroll dan cari menu Fitur Lanjutan. Jika sudah ketemu silahkan Anda klik. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power
  • Pada pengaturan fitur lanjutan, klik opsi Tombol Samping.
  • Nanti Anda akan melihat 2 opsi yaitu buka cepat kamera dan buka aplikasi.
  • Silahkan pilih opsi buka aplikasi dan pilih aplikasi lain agar Google Assistant tidak dapat terbuka saat di klik tombol power.
  • Jika tidak ingin ada aplikasi lain yang dapat dibuka melalui tombol power termasuk Google Assistant, maka sebaiknya matikan tombol samping dengan cara menarik toggle ke kiri agar menjadi off.
  • Selesai, dengan begitu Google Assistant sudah bisa dimatikan.

Baca juga:

Mematikan Google Assistant di Android Melalui Pengaturan

Selain cara di atas, Anda juga bisa mematikan Google Assistant melalui pengaturan aplikasinya. Untuk caranya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Pertama buka aplikasi Google di hp.
  • Kemudian klik ikon profil email di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih menu Setelan.
  • Pada tampilan setelan, klik opsi Asisten Google.
  • Selanjutnya pilih menu Suara Asisten.
  • Setelah itu matikan Asisten Google dengan menarik toggle ke kiri agar Asisten tidak akan merespon ketika Anda mengucapkan “Ok Google”. Dengan begitu kita bisa menghentikan Google berbicara.
  • Selesai.

Akhir Kata

Google Assistant sebenarnya memiliki banyak manfaat namun Anda bisa menonaktifkan sementara fitur buatan Google ini jika dirasa belum diperlukan. Demikianlah tutorial yang diberikan oleh Sobat-tutorial.com, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power"

close