Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa


 Saat ini ada banyak jenis layanan web hosting yang bisa kamu gunakan. Mulai dari shared hosting, cloud hosting, WordPress hosting, VPS Hosting, hingga Dedicated Server. Dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran, alhasil blogger ataupun web developer kerap kali bingung menentukan pilihan yang pas.

Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa

Terutama bagi para blogger pemula yang hanya punya budget pas-pasan untuk sewa hosting paket murah. Untuk layanan paling terjangkau, umumnya kamu akan dihadapkan dengan dua buah pilihan, yakni shared hosting dan cloud hosting.

Keduanya merupakan layanan hosting murah yang sama-sama bisa diandalkan, akan tetapi keduanya juga punya cara kerja dan fitur berbeda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.


Sebagai informasi, shared hosting sendiri merupakan paket web hosting standar yang biasa digunakan untuk membuat blog pribadi atau website jualan yang trafficnya masih belum terlalu besar.

Shared hosting banyak dipilih karena murah, harganya sendiri bisa ditekan karena resource yang digunakan dibagi dengan beberapa pengguna lain.

Terlepas dari sistem shared hosting yang bisa menciptakan solusi paket hosting murah, kini ada teknologi baru yang notabene merupakan salah satu pengembangan dari layanan shared hosting. Paket tersebut adalah cloud hosting, sebuah layanan yang sama-sama menggunakan skema berbagi resource namun performanya lebih fair dan bisa diandalkan.

Berikut merupakan beberapa alasan kenapa kamu harus memilih cloud hosting dibandingkan hosting biasa.

Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa


Ada banyak kelebihan dari paket cloud hosting yang bisa kamu dapatkan. Selain sudah menggunakan teknologi penyimpanan terbaru berbasis SSD. Provider hosting biasanya juga sudah menyematkan add-ons sistem keamanan seperti imunify360 anti malware, serta DDoS protection.

1. Lebih Bisa Diandalkan untuk Menampung Traffic Besar

Salah satu kelebihan dari cloud hosting yang banyak disukai oleh para blogger maupun web developer adalah daya tampung atau kapasitas bandwidthnya yang lebih besar.

Hal ini bisa terjadi karena cloud hosting menggunakan teknologi lebih baru untuk membagi resource secara adil dan efektif untuk masing-masing pelanggan.

Adapun jika terdapat user lain yang menggunakan layanan sama, dan website mereka punya traffic banyak, hal ini tidak akan mempengaruhi performa website kamu. Meski menggunakan teknologi yang sama.

2. Cloud Hosting Punya Performa Lebih Tinggi

Selain bisa menampung traffic lebih tinggi, sektor performa layanan cloud hosting juga lebih bisa diandalkan.

Kamu bisa membuat website e-commerce, blog personal, website company profile, atau bahkan prototipe untuk web apps startup, jika memang diperlukan.

Ketersediaan berbagai dukungan software seperti Laravel, Softaculous, Cloudflare, serta remote backup tentu akan sangat membantu untuk mengembangkan bisnis yang lebih baik kedepannya.

3. Resiko Kehilangan Data Lebih Kecil

Perlu diketahui, infrastruktur cloud hosting saat ini sudah dibangun menggunakan teknologi modern yang dilengkapi dengan anti-disaster serta instant recovery backup data.

Itu artinya, data kamu disimpan dalam lebih dari satu perangkat penyimpanan yang saling terkoneksi antara satu sama lain. Sehingga jika terjadi kerusakan, bencana alam, kebakaran, atau mall fungsi, data kamu akan terselamatkan.

4. Scale Up yang Jauh Lebih Mudah

Strategi terbaik untuk membangun website dari nol adalah menggunakan layanan hosting yang sesuai kebutuhan. Di awal mungkin kamu belum butuh web hosting dengan resource besar dan biaya sewa super mahal, karena traffic pengunjung juga belum terlalu tinggi.

Namun, jika website kamu sudah mulai populer dan banyak digunakan oleh user. Mau tidak mau kamu harus menyediakan web hosting dengan resource besar untuk menampung para pengunjung yang datang. Jika hal ini tidak dilakukan, maka website kamu berpotensi akan mengalami down atau gangguan sehingga tidak bisa diakses oleh user.

Menariknya, ketika menggunakan layanan cloud hosting kamu bisa lebih fleksibel dalam meningkatkan resource web hosting sesuai kebutuhan. Bahkan, beberapa perusahaan memiliki dashboard yang bisa diakses sendiri oleh pengguna tanpa perlu menghubungi teknisi.

Jadi, kamu tinggal pilih spesifikasi sesuai kebutuhan kemudian bayar tagihan, dan hosting dengan spesifikasi baru sudah bisa langsung digunakan.

5. Faktor Harga Sewa

Layanan cloud hosting memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan hosting biasa. Namun, jika mengingat dari sisi fitur, performa, serta hal-hal lain yang bisa kamu dapatkan, selisih harga yang ada masih terbilang masuk akal.

6. Cocok untuk Pengguna Pemula

Terakhir, cloud hosting bisa digunakan dengan mudah tanpa harus punya keahlian atau skill IT mumpuni. Pasalnya, layanan ini biasanya sudah dilengkapi dengan control panel seperti cPanel, direct admin, plesk, atau cyberpanel yang punya tampilan sangat user friendly.

Adapun jika kamu punya masalah, selalu akan ada staff technical support yang akan membantu menyelesaikannya. Jadi tidak perlu pusing mengurus soal hosting, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu harus memilih cloud hosting dibanding hosting biasa. Setelah mambaca informasi di atas, layanan hosting mana yang ingin kamu gunakan?

Post a Comment for "Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa"

close