Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Google Play Protect


 Jika ingin menjaga privasi Anda dari aplikasi yang jarang dipakai atau sudah tidak diperlukan, maka sebaiknya aktifkan Google Play Protect yang memiliki fungsi untuk mereset semua aplikasi yang pernah Anda izinkan agar informasi data diri dan akun media sosial Anda bisa aman dari orang lain yang mencoba mengambilnya.

Mengaktifkan Google Play Protect dapat dilakukan melalui Google Play Store yang ada di Smartphone Android. Dengan adanya fitur ini maka virus atau Malware yang ingin menyerang ponsel pengguna akan langsung dibasmi, sehingga membantu kita menjaga perangkat tetap aman.


Nah, jika Anda berniat ingin mengaktifkan Google Play Protect, maka sebaiknya simak tutorial ini karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan langkah-langkahnya yang bisa dipelajari dengan mudah dan cepat.

Cara Kerja Google Play Protect

Pada saat mengaktifkan Play Protect, maka nanti aplikasi yang ingin diunduh melalui Play Store terlebih dahulu akan diperiksa keamanannya. Fitur ini juga bisa mengetahui jenis aplikasi yang berpotensi membahayakan pengguna dari serangan Malware, jika terbukti berbahaya maka Google akan langsung memberitahukan ke Anda agar jangan menginstallnya.


Lebih bagusnya lagi aplikasi yang pernah Anda izinkan untuk mengakses akun Google Anda akan diperiksa kembali. Jika sudah 3 bulan lebih tidak memakai aplikasi tersebut maka Play Protect milik Google ini akan membatalkan akses dari pihak aplikasi tersebut.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda sudah memasukkan akun Google ke Play Store. Jika sudah, maka berikut tutorial yang bisa Anda pelajari.

  • Langkah pertama buka aplikasi Google Play Store di Smartphone Android.
  • Pada tampilan beranda, klik ikon profil di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih menu Play Protect.
Cara Mengaktifkan Google Play Protect
  • Untuk mengaktifkan Google Play Protect, caranyan klik tombol ikon gerigi di pojok kanan atas.
  • Pada tampilan Setelan Play Protect, aktifkan setelan Pindai Aplikasi Dengan Play Protect dengan menarik toggle ke kanan sampai bewarna hijau.
  • Aktifkan juga setelan Tingkatkan Deteksi Aplikasi Berbahaya.
Cara Mengaktifkan Google Play Protect
  • Lalu pada bagian Privasi Aplikasi, berikan izin untuk aplikasi yang tidak digunakan agar Play Protect bisa meninjau aplikasi yang tidak dipakai dalam beberapa bulan.
  • Jika masih ragu ada aplikasi yang mencurigakan dan memiliki potensi memberikan virus dan Malware, maka sebaiknya klik tombol Pindai untuk memeriksa aplikasi dari perangkat agar mencari kemungkinan adanya aksi berbahaya.
  • Nanti Anda akan diberitahu jika ada resiko berbahaya yang ditemukan.
  • Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Google Play Protect berperan penting dalam menjaga data Anda dari aplikasi yang memiliki virus, maka dari itu sebaiknya diaktifkan agar bisa menginstal aplikasi tanpa ragu sedikitpun. Demikianlah artikel ini yang dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Google Play Protect"

close