Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Noise di Audacity


 Noise ialah suara bising yang muncul dalam audio dan musik. Jika Anda sedang mengedit audio dan menemukan suara noise sebaiknya Anda hilangkan agar bisa menghasilkan suara yang lebih baik dari sebelumnya. Untuk menghapus noise, Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti Audacity.

Cara menghilangkan noise di Audacity sangat mudah dilakukan karena tampilan antar muka pada Software ini mudah dipahami dan fitur yang diberikan cukup lengkap dalam mengedit sekaligus menghapus suara yang dianggap mengganggu seperti noise.


Nah, jika Anda ingin mencoba memakai aplikasi Audacity dalam menyingkirkan noise pada suara agar bisa dimasukkan ke video maupun musik. Maka simak artikel ini karena sobat-tutorial.com sudah membuatkan langka-langkahnya yang bisa Anda pelajari.

Mengenai Aplikasi Audacity

Audacity adalah Software editing suara yang bisa digunakan secara gratis, ada banyak fitur yang tersedia seperti membuat nada dering, recording, multitrack mixing dan sebagainya. Lebih bagusnya lagi Audacity bisa berjalan diberbagai sistem operasi seperti Linux, Windows dan macOS. Untuk file yang dihasilkan berupa MP3, WAV, AIFF dan Ogg Vorbis. Jika ingin mengunduh aplikasinya silahkan kunjungi situs audacityteam.org.

Kelebihan dan Kekurangan Audacity


Sebelum menggunakan aplikasi Audacity, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan:

  1. Aplikasi Audacity bisa dipakai secara gratis.
  2. Menampilkan antar muka aplikasi yang mudah dimengerti bagi pemula.
  3. Mendukung semua operasi sistem sehingga pengguna bisa menggunakan aplikasi ini diperangkat laptop dan PC.
  4. Mampu mengolah suara stabil dan menghilangkan noise dengan mudah dan cepat.

Kekurangan:

  1. Untuk merekam suara harus dilakukan satu per satu, jika lebih dari 2 maka nanti hasilnya kurang bagus.
  2. Kurangnya update dari tools yang ada sehingga fitur di Audacity kurang diperbarui.
  3. File yang sudah dimasukkan akan dicopy sehingga pada saat disimpan akan menambah space tambahan lagi.

Cara Menghilangkan Noise di Audacity

Jika sudah menginstal aplikasi Audacity di laptop Anda, maka selanjutnya mempelajari cara mengurangi atau menghapus noise yang bisa dipelajari berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Audacity.
  2. Pada tampilan beranda, klik menu File > Open > File Audio atau Video yang mau Anda edit suaranya. Perlu Anda tahu pada saat memasukkan file format video maka nanti hasilnya tetap suara.
Cara Menghilangkan Noise di Audacity
  1. Jika file sudah berhasil dimasukkan, Anda akan melihat halaman editing dengan tampilan gelombang suara dari file audio atau video yang Anda masukkan tadi.
  2. Jika mau memperbesar tampilan gelombang agar mudah diedit, caranya tekan tombol CTRL + Scroll Mouse ke atas.
  3. Selanjutnya klik dan blok gelombang suara yang tidak terdapat noise agar bisa diambil sampelnya.
  4. Lalu pilih menu Effect > Noise Reduction > Get Noise Profile.
  5. Setelah itu kita blok semua gelombang audio dengan menekan Shortcut CTRL + A.
  6. Lakukan proses noise Reduction > noise db untuk frekuensi dan lainnya. Jika belum paham maka atur saja menjadi Default dan klik tombol OK untuk menerapkan pengaturan tersebut.
  7. Tunggu proses penghapusan noise sampai selesai. Jika sudah, silahkan eksport menjadi file suara sesuai format audio yang Anda butuhkan.
  8. Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Adanya noise pada audio tentu dapat mengganggu jika akan dimasukkan ke video dan musik. Oleh karena itu ada baiknya jika segera dihapus dengan memakai aplikasi penghilang noise seperti Audacity. Demikianlah tutorial ini semoga bisa bermanfaat. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Noise di Audacity"

close