Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Suara


 Google Assistant adalah fitur buatan Google untuk memudahkan pengguna Smartphone dalam menjalankan aplikasi dan perintah lainnya misalnya mencari foto dan mendengarkan musik. Lebih bagusnya lagi kita bisa memberikan perintah pada asisten Google melalui suara, hal inilah yang membuat banyak orang ingin mengaktifkan fitur ini.

Mengaktifkan Google Assistant dengan suara sebenarnya mudah dilakukan, namun bagi orang yang baru mengetahui fitur ini biasanya masih belum tahu. Setelah mengizinkan asisten Google bekerja, maka fitur Voice Command bisa dipakai untuk menjalankan sebagian perintah pada ponsel tanpa perlu mengetikkan perintah melalui keyboard.


Untuk bahasa yang digunakan oleh Google Assistant disesuaikan dengan pengaturan bahasa pada ponsel pengguna. Saya sendiri biasa memakai fitur buatan Google ini dengan hanya memakai suara yang sudah didukung bahasa Indonesia. Jadi Anda bisa juga mencobanya untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorial dalam mengaktifkan Google Assistant dengan hanya memakai suara. Jika tertarik mempelajarinya maka simak penjelasan yang diberikan.

Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Suara


Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan aplikasi Google sudah Anda instal. Biasanya setiap Smartphone Android di dalamnya sudah ada aplikasi Google dan Gmail. Selain itu, sebelum memakai asisten Google, kita harus mengaktifkan Voice Search. Berikut tutorial yang bisa dipelajari.

  • Langkah pertama buka aplikasi Google di ponsel Anda.
  • Pada tampilan aplikasi, klik ikon profil di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih menu Setelan.
  • Pada tampilan Setelan, pilih opsi Suara. Seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Suara
  • Setelah itu, di pengaturan suara. Kita terlebih dahulu memilih bahasa yang mau diterapkan. Sebagai contoh saya memakai bahasa Indonesia.
  • Selanjutnya pada bagian OK Google, klik Voice Match supaya kita bisa memakai Google Assistant dengan suara.
  • Silahkan tarik toggle ke kanan agar OK Google & Voice Match bisa digunakan.
  • Jika ingin asisten Google mengenali suara Anda, maka klik opsi Model Suara. Silahkan latih ulang suara Anda sampai Google bisa mengenalinya.
  • Selesai.

Untuk cara memakai OK Google yaitu buka aplikasi Google, klik ikon Mikrofon disampin kolom pencarian. Setelah itu ucapkan OK Google, kemudian Google akan secara otomatis menjalankan perintah yang diberikan. Jika ingin membuat suara seperti Google, gunakan aplikasi editing seperti Capcut dan Kinemaster.

Baca juga:

Mengatasi Fitur Asisten Google Tidak Aktif

Jika pada saat memakai fitur ini dan ternyata belum bisa memberikan perintah melalui suara seperti tidak dapat memakai Voice Match dan sebagainya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Mengecek Jaringan Internet

Perlu Anda tahu agar bisa menggunakan Google Assistant, kita harus mengaktifkan jaringan internet. Jika koneksi internet tidak baik maka kita akan sulit memakai fitur ini. Untuk solusinya silahkan tunggu jaringan hp kembali stabil.

2. Lupa Mengatur Bahasa

Bahasa Inggris merupakan bahasa default pada Google. Jadi jika Anda masih menerapkan bahasa ini maka perintah suara yang diberikan juga harus berbahasa Inggris. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia maka Anda harus mengubahnya melalui Setelan > Suara > Bahasa.

3. Mengecek Mikrofon Ponsel

Mikrofon harus terhubung dengan asisten Google agar bisa memberikan perintah melalui suara. Jika mikrofon hp rusak maka sebaiknya Anda perbaiki supaya bisa menikmati fitur milik Google ini.

Akhir Kata

Itulah tutorial dalam mengaktifkan Google Assistant dengan suara yang dibuat oleh situs sobat-tutorial.com. Dengan memanfaatkan fitur Google ini maka bisa memudahkan kita dalam melakukan aktivitas di internet. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Google Assistant Dengan Suara"

close