Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Rasio Foto di Photoshop

 


Aspek rasio pada foto memiliki fungsi dalam mengatur perbandingan sisi panjang dan sisi pendek dalam sebuah foto maupun video yang sedang kita edit. Pada aplikasi Photoshop terdapat fitur rasio saat ingin mengedit foto sehingga kita bisa mengubahnya sesuai kebutuhan.

Mengubah rasio foto di Photoshop bisa dilakukan melalui tab Image, kemudian menentukan ukuran yang mau dipakai misalnya rasio foto 3x4, 2x3 dan lainnya. Aspek rasio juga berkaitan dengan penampang sensor di gambar yang ada pada kamera, misalnya sensor APS-C memiliki rasio 3:2.


Jika Anda sudah terlanjur mengambil foto menggunakan kamera dan lupa mengatur rasionya, maka Anda bisa mengubah rasio foto memakai aplikasi Adobe Photoshop pada laptop atau PC. Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar kita bisa mengatur atau mengubah rasio foto atau gambar di Photoshop.

Mengenal 5 Jenis Aspek Rasio Foto

Sebelum masuk ke tutorialnya, ada baiknya jika mengetahui jenis rasio yang sering digunakan pada foto. Seperti berikut ini.

1. Rasio 3:2

Aspek rasio 3:2 sering dipakai pada kamera Canon, Nikon dan Sony. Biasanya dipakai oleh fotografer karena dirasa cocok untuk pengambilan foto horizontal contohnya pemandangan kota dan hutan.

2. Rasio 4:3

Dalam Fotografi, ukuran rasio 4:3 sering dipakai dalam mengambil foto berorientasi portrait.  Jika Anda pernah memakai televisi tabung, tanpa disadari media siaran TV memakai aspek rasio ini dikarenakan lebih pendek pada sisi panjang sehingga cocok untuk menampilkan video di televisi.

3. Rasio 1:1

Rasio jenis ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran lebar dan tinggi yang sama. Sehingga bisa dipakai untuk orientasi foto horizontal dan vertikal karena dianggap netral. Rasio 1:1 biasa dipakai untuk mengganti foto profil media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Saat ini aspek rasio 1:1 sering disediakan oleh aplikasi edit foto seperti Photoshop.

4. Rasio 5:1

Memiliki lebar yang sangat luas membuat rasio ini cocok untuk pengambilan foto panorama. Dengan adanya rasio 5:1 maka kita bisa leluasa memberi ruangan kosong pada foto agar bisa berkreasi.

5. Rasio 16:9

Rasio 16:9 cocok untuk memberikan nuansa cinematik pada foto supaya bisa menampilkan tingginya subjek pada foto karena rasio ini paling panjang diantara empat jenis rasio yang sudah disebutkan tadi.

Cara Mengubah Rasio Foto di Photoshop


Setelah selesai mengetahui aspek rasio yang sering dipakai. Maka berikut ini tutorial dalam mengubah rasio foto di Photoshop.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Photoshop.
  • Kemudian pilih ukuran kertas sesuai kemauan.
  • Lalu cari foto Anda dengan mengunjungi Windows Explorer dan pilih dimana letak foto atau gambar tersimpan.
  • Jika sudah ketemu, drag foto ke dalam area kerja Photoshop tadi.
  • Setelah foto berhasil dimasukkan saatnya mengubah rasio. Untuk caranya klik tab Image > Image Size.
Cara Mengubah Rasio Foto di Photoshop
  • Nanti jendela pengaturan Image Size tampil. Silahkan masukkan ukuran rasio foto yang mau dipakai pada kolom Width dan Height. Sebagai contoh saya ubah rasio jadi 4:3 dengan resolusi 640x480 Piksel.
  • Untuk melihat hasilnya, klik tombol OK.
  • Selesai.

Supaya foto bisa terlihat rapi dan menarik, atur kecerahan foto di Photoshop dengan memakai fitur Adjustments.

Baca juga:

Akhir Kata

Itulah tutorial mengubah rasio pada foto di Photoshop, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda supaya mereka bisa mempelajarinya. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengubah Rasio Foto di Photoshop"

close