Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Poster A2 di Photoshop


 Poster adalah jenis karya seni yang menampilkan desain yang menarik dan sekaligus memberikan informasi mengenai makna dari poster yang dibuat. Selain digunakan untuk pameran karya seni ternyata poster juga dipakai dalam mempromosikan kegiatan organisasi, lomba dan sebagainya. Nah jika ingin membuat poster memakai kertas seri A maka sebaiknya pakai kertas A2 yang ukuran cukup besar.


Anda bisa mengatur ukuran poster A2 di Photoshop yang merupakan aplikasi editing yang populer karena memiliki fitur yang cukup lengkap. Pada saat ingin membuat poster pastikan Anda sudah tahu ukuran kertas yang mau digunakan agar hasil cetaknya tidak ada masalah. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda misalnya membuat poster dengan ukuran besar atau sedang agar atribut gambar dan teks bisa dilihat dan dibaca.

Untuk fungsi poster adalah dapat memberikan semangat dalam beraktivitas dan menyampaikan informasi yang sangat penting. Bisa juga digunakan untuk mempromosikan bisnis jual beli barang dan layanan jasa.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial membahas mengenai ukuran poster A2 yang ada di Photoshop, jika ingin memakai kertas A2 dalam membuat dan mendesain poster maka sebaiknya simak artikel ini agar Anda bisa tahu ukuran A2 untuk poster.

Ukuran Poster A2 di Photoshop

Ukuran Poster A2 di Photoshop

Untuk ukuran poster A2 di Photoshop adalah 42 cm x 59.4 cm yang panjang dan lebarnya setengah tinggi dari orang dewasa. Dengan ukuran sebesar itu ada banyak atribut gambar dan tulisan yang bisa ditambahkan. Biasanya jenis poster A2 digunakan pada lokasi kampus dan di pusat perkotaan yang menyampaikan informasi pesan singkat dan kebutuhan umum lainnya.

Berikut tabel satuan ukuran dari poster A2 di Photoshop:

Satuan Ukuran Panjang Lebar
Milimeter (mm) 594 420
Centimeter (cm) 59.4 42.0
Piksel 7016 4961
Inci 23.386 16.535

Baca juga:

Cara Memasukkan Ukuran Poster di Photoshop

Setelah mengetahui ukuran poster A2 kini kita bisa memasukkanya ke aplikasi Photoshop. Untuk tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut.

  • Langkah pertama buka aplikasi Photoshop di laptop atau PC Anda.
  • Pada jendela New Document masukkan ukuran poster A2 yaitu 42 cm x 59.4 cm. Jangan lupa ubah satuan ukuran sesuai kebutuhan Anda.
  • Kemudian simpan ukuran A2 dengan cara klik tombol Save Preset pada bagian Preset Details.
  • Selanjutnya atur Resolution menjadi 300 atau lebih agar gambar tidak pecah. Jangan lupa juga atur Color Mode menjadi CMYK supaya warna poster saat dicetak mendapatkan hasil yang baik.
  • Terakhir klik tombol Create untuk masuk ke halaman kerja.
  • Selesai.

Membuat Poster A2 di Photoshop

Setelah selesai memasukkan ukuran kini kita bisa memulai membuat poster, untuk caranya bisa memanfaatkan tools Photoshop seperti Rectangle dan Pen Tool yang dapat membentuk desain poster dengan mudah. Jika ingin memberikan warna maka manfaatkan fitur Solid Color yang menyediakan berbagai jenis pilihan warna.

Untuk merubah warna kanvas caranya klik ikon New Fill di bawah pilihan layer dan pilih Solid Color. Sedangkan jika mau memberikan tulisan pada poster gunakan tool text horizontal dan vertikal. Buatlah desain semenarik mungkin supaya disukai banyak orang.

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Sebelum membuat poster Anda harus tahu jenis dan tujuan dari poster yang mau dibuat supaya pada saat dicetak Anda sudah bisa tahu dimana lokasi yang cocok untuk memasang poster tersebut. Berikut jenis poster berdasarkan isi yang terkandung didalamnya.
  1. Poster Pendidikan memberikan informasi dan gambar mengenai edukasi.
  2. Poster Kegiatan dapat menampilkan informasi seputar kegiatan yang akan berlangsung misalnya lomba dan pameran.
  3. Poster Niaga menawarkan barang dan jasa dari perusahaan.
  4. Poster Seni Budaya menyangkut mengenai kegiatan seni dan budaya.
  5. Poster Layanan Masyarakat dapat menampilkan informasi untuk masyarakat seperti menjaga kesehatan biasanya poster ini dipasang ditempat umum agar bisa dilihat siapapun.
  6. Poster Keagamaan menampilkan informasi mengenai kegiatan agama.
Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai ukuran poster A2 di Photoshop. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda, jika masih ada yang mau ditanyakan maka silahkan berikan komentar. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Ukuran Poster A2 di Photoshop"

close