Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus History Google Drive


 Google Drive sudah menjadi layanan penyimpanan yang dipakai sebagian orang, saya sendiri sering menyimpan berbagai macam file seperti video, gambar, musik dan dokumen. Dengan adanya Google Drive, pengguna dapat mencari dan membuka file dimana saja asalkan perangkat ponsel dan laptop terkoneksi internet.

Pada saat kita ingin membuka file di Drive, kita terlebih dahulu mencari file melalui kolom pencarian. Semakin banyak file yang dicari maka riwayat history akan semakin banyak sehingga perlu dihapus.


Ada sebagian orang masih belum tahu bagaimana menghapus history di akun Google Drive sehingga riwayat pencarian terlihat berantakan karena banyaknya pencarian yang sudah diketik. Mungkin hal ini masih dianggap tidak terlalu penting, namun perlu Anda tahu jika tidak pernah membersihkan history pencarian drive maka akan membuat penyimpanan semakin kecil.

Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com membahas mengenai cara agar kita bisa menghapus semua history Google Drive mulai dari video, dokumen, gambar dan lainnya. Jika tertarik mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan.

Alasan Harus Menghapus History Google Drive

Sebelum masuk ke tutorialnya, berikut ini alasan kenapa kita harus membersihkan history akun Drive.

1. Dapat Menghemat Ruang Penyimpanan Drive

Bagi pengguna akun Google Drive, memiliki kapasitas penyimpanan yang besar tentu dibutuhkan. Nah, Anda bisa mengurangi atau menghilangkan file yang tidak diperlukan dengan menghapus history di Google Drive.


Apabila history drive tidak dibersihkan dapat memakan ruang penyimpanan sehingga hanya bisa menyimpan file dengan jumlah sedikit. Oleh karena itu penting membersihkan history Google Drive.

2. Ruang Penyimpanan Drive Semakin Penuh

Jika jarang atau tidak pernah menghapus history drive maka akan membuat kapasitas penyimpanan penuh. Perlu Anda tahu jika Google Drive terhubung pada akun Google Anda maka semua file yang pernah di unduh akan menyita ruang yang ada pada akun perangkat ponsel dan PC.

3. Bisa Menyimpan File Dengan Jumlah Banyak

Jika ruang penyimpanan Google Drive rutin dibersihkan historynya maka Anda bisa dengan puas menyimpan file jenis apapun karena ruang penyimpanan sudah dibersihkan dari file yang tidak dipakai lagi. Lebih bagusnya lagi, aplikasi dan program pada perangkat bisa beroperasi dengan baik.

4. Bisa Mengantisipasi Adanya Virus atau Malware

Mengunduh file di Google tidak selamanya aman, ada beberapa orang yang sengaja memberikan virus pada file agar bisa meretas akun Google kita. Nah, untuk mengantisipasinya bisa dengan membersihkan file pada history agar tidak ada virus maupun malware yang bisa merusak penyimpanan Google Drive Anda.

Cara Menghapus History Google Drive

1. Masuk ke Akun Google Drive

Untuk bisa masuk ke akun Drive bagi pengguna ponsel. Silahkan unduh aplikasi Google Drive di Play Store atau App Store. Jika sudah lama mengunduhnya maka ada baiknya jika melakukan update aplikasi agar fitur dan tampilan terbaru bisa didapatkan. Sedangkan untuk pengguna PC atau laptop, masuk ke Browser Chrome atau sejenisnya kemudian ketikkan “login Google Drive” di kolom pencarian.

2. Menuju ke Menu Settings

Cara Menghapus History Google Drive

Setelah masuk ke tampilan Google Drive, silahkan masuk ke menu Settings dengan melakukan klik pada ikon garis tiga di pojok kiri atas. Nanti muncul beberapa menu, klik menu Settings atau Setelan (ikon gerigi).

3. Pilih menu Bersihkan Cache

Pada tampilan setelan, terdapat banyak pengaturan mulai dari setelan notifikasi, tema, cache dokumen dan lainnya. Disini klik opsi Bersihkan Cache agar bisa menghapus semua dokumen yang disimpan dalam cache yaitu file yang sudah tidak dipakai.

4. Menghapus History Sampah Google Drive

Agar ruang penyimpanan Google Drive tidak cepat penuh, maka Anda juga harus membersihkan history sampah. Jadi bukan hanya di cache yang harus dihapus. Perlu Anda tahu bahwa pada saat menghapus file, nanti file tersebut tidak langsung hilang karena akan disimpan pada folder sampah yang akan dihapus selama 30 hari.

Jika tidak ingin menunggu 30 hari agar file benar-benar hilang maka kita bisa langsung menghapusnya. Adapun caranya yaitu masuk ke aplikasi Google Drive, kemudian klik ikon garis tiga dibagian kiri atas. Setelah itu, klik menu Sampah. Nanti Anda akan melihat semua file sampah yang pernah dihapus. Silahkan Anda hapus semua.

Akhir Kata

Itulah cara menghapus history Google Drive yang bisa dipelajari dengan mudah dan cepat. Jika masih ada yang belum dipahami maka silahkan berikan komentar agar bisa kami bantu. Bagikan tutorial ini supaya dipelajari teman-teman lainnya. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghapus History Google Drive"

close