Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus History Google Translate


Google Translate ialah fitur buatan Google untuk dipakai menerjemahkan kata atau kalimat dari negara lain agar bisa dimengerti. Jika Anda sering menggunakan fitur ini pada akun Google Anda, maka semua history akan tersimpan. Ada baiknya jika Anda membersihkan riwayat tersebut agar tidak menumpuk.

Menghapus riwayat Google Translate bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Nanti Anda akan melihat semua history yang selama ini Anda ketik. Nah, meskipun Google Translate sudah menyediakan menu tersebut, namun masih ada saja sebagian orang belum tahu cara mengaksesnya. Sehingga membutuhkan tutorial khusus.


Nah, pada pembahasan ini sobat-tutorial.com membuat langkah-langkah dalam menghapus semua history pada Google Translate. Jika mau mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan.

Cara Menghapus History Google Translate

Untuk bisa membersihkan riwayat Google Translate, Anda perlu menginstal aplikasinya melalui Google Play Store. Jika sudah mengunduh dan menginstal aplikasinya maka berikut tutorial yang dapat dipelajari.

  • Pertama, buka aplikasi Google Translate di ponsel.
  • Kemudian pada tampilan beranda, klik ikon profil di pojok kanan atas.
  • Nanti muncul menu akun Google. Disini pilih opsi Setelan.
  • Lalu klik tombol Kelola Aktivitas.
Cara Menghapus History Google Translate
  • Tunggu beberapa saat sampai menampilkan pengaturan History Google Terjemahan. Jika sudah tampil, klik pada pilihan Hapus Otomatis.
  • Selanjutnya Anda akan disuruh untuk menentukan berapa lama waktu hapus otomatis yang mau diterapkan. Misalnya setiap 3 bulan nanti riwayat Google Translate akan dibersihkan. Sesuaikan saja dengan kemauan Anda.
  • Jika sudah, klik tombol Berikutnya.
  • Nanti Anda bisa melihat semua history Google Translate di perangkat. Silahkan klik tombol Konfirmasi untuk memulai membersihkan riwayat penerjemah.
  • Selesai.

Jika mau melihat semu riwayat Google Translate, silahkan tab ikon profil dan klik menu History.

Baca juga:

Manfaat Penggunaan Google Translate


Dengan adanya Google Translate, maka pengguna bisa menerjemahkan berbagai bahasa dalam bentuk teks, ucapan dan gambar. Adapun manfaat lainnya bisa dilihat berikut ini.

1. Bisa menerjemahkan melalui ketikkan

Google Translate merupakan aplikasi yang bisa memudahkan kita dalam mengetahui arti dari bahasa asing melalui ketikkan. Bahkan sebelum selesai mengetik kata atau kalimat, aplikasi ini sudah memprediksi kata yang di ketikkan.

2. Bisa diakses melalui browser

Selain menggunakan aplikasi, kita juga bisa mengakses Google Translate melalui browser Google Chrome, Mozilla dan sebagainya. Jadi jika ruang penyimpanan ponsel sudah penuh, maka silahkan akses browser untuk membuka aplikasi penerjemah ini. Anda bisa memakainya secara gratis, namun harus menggunakan kuota internet untuk mengaksesnya.

3. Memiliki fitur kamera translate

Jika malas mengetik tulisan, maka gunakan fitur kamera pada Google Translate untuk menerjemahkan tulisan pada kertas atau dokumen yang masih dalam bentuk file. Dengan adanya fitur ini maka kita bisa dengan mudah dan cepat mengerjakan tugas.

Adapun cara kerjanya yaitu mengarahkan kamera ponsel atau tablet ke tulisan. Nanti Google Translate akan langsung menerjemahkannya sesuai bahasa yang dipilih. Namun perlu diperhatikan tulisan yang didekatkan pada kamera harus jelas dibaca agar aplikasi bisa bekerja dengan baik.

4. Menerjemah melalui tulisan tangan

Manfaat terakhir dari penggunaan aplikasi ini adalah bisa menerjemahkan lewat tulisan tangan. Anda malas mengetik dan kamera hp tidak berfungsi untuk menangkap gambar, maka solusinya adalah menulis langsung pada Google Translate. Anda bisa memulai dengan menulis kata atau kalimat yang terlalu panjang kemudian menunggu sampai hasil translatenya keluar.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghapus history Google Translate. Semoga bisa dimengerti, jika ada teman Anda sering memakai aplikasi ini maka silahkan bagikan ke mereka agar bisa juga mempelajarinya. Artikel ini dibuat dan dipublish oleh situs sobat-tutorial.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghapus History Google Translate"

close